Brilio.net - Aplikasi WhatsApp tentu kerap digunakan untuk bertukar pesan via online. Fitur yang diberikan juga banyak untuk mempermudah pengiriman pesan sehari-hari.

Namun sebagai aplikasi pesan, pernahkah kamu merasa bosan perihal font atau tulisan di WhatsApp hanya sekedar itu-itu saja? Bila ya, tenang, karena ada berbagai cara yang bisa diterapkan untuk dapat mengubah tulisan di WhatsApp. Selain dapat mengubah font menjadi miring atau lebih tebal, cara-cara ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan font WhatsApp lebih bervariasi.

Langsung saja dirangkum brilio.net dari beragam sumber pada Senin (13/12), inilah 7 cara yang bisa kamu terapkan untuk mengubah font di aplikasi pesan WhatsApp:

1. Ubah font ke bentuk Bold (tebal).

Kamu bisa mempertebal tulisan di WhatsApp sembari bertukar pesan tanpa aplikasi lho. Mempertebal teks berfungsi untuk meng-highlight tulisan penting yang hendak disampaikan pengirim.

Caranya cukup mudah. Saat sedang mengetik, berilah tanda bintang (*) untuk menghempit suatu kata atau kalimat. Untuk lebih jelasnya, berikut pengaplikasiannya: *Brilio*.

2. Ubah font ke bentuk Italic (miring).

Sama seperti bentuk Bold/tebal, memiringkan tulisan berguna untuk memperjelas bila ada sesuatu penting yang hendak disampaikan melalui WhatsApp. Caranya juga cukup mudah, tambahkan tanda garis bawah (_) untuk menghimpit suatu kata atau kalimat: _Brilio_.

3. Ubah font ke bentuk tulisan terbalik.

Biar font di WhatsApp kamu nggak itu-itu aja, cobalah aplikasikan bentuk font WhatsApp yang terbalik. Untuk itu, kamu memerlukan aplikasi. Simak langkah-langkah lengkap berikut untuk memberi efek tulisan terbalik pada WhatsApp:

1. Instal Flip Text > buka aplikasi.

2. Tulislah font yang ingin dibuat terbalik di kolom tersedia bagian atas.

3. Bila sudah menulis, ketuk Flip.

4. Salin teks yang terbalik > tempelkan di pesan percakapan WhatsApp.

5. Selesai, kamu bisa mengirimkan pesan tersebut dengan model tulisan terbalik.

4. Ubah font ke bentuk tulisan Windows versi jadul (FixedSys).

Kamu pasti sudah nggak asing dengan tulisan jadul Windows. Berbeda dengan tulisan zaman now, FixedSys merupakan bentuk font yang kerap digunakan di Notepad Windows versi jadul.

Bagi kamu yang bosan menggunakan tulisan di WhatsApp, kamu bisa menggunakan font bentuk FixedSys agar lebih bervariasi. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya menambahkan tanda petik miring (`) sebanyak tiga kali untuk menghimpit kata atau kalimat. Berikut contohnya: ```Brilio```.

5. Ubah font ke bentuk mencoret teks.(Strikethrough).

Setelah menebalkan hingga membuat miring tulisan, kamu juga bisa mencoret font yang kamu inginkan saat hendak mengirimkan pesan melalui WhatsApp. Tentu dengan ini, kamu bisa memberitahu lawan bicara untuk menghiraukan teks yang dicoret tersebut.

Terlebih, fitur ini dapat diakses tanpa perlu menginstal aplikasi lho. Kamu hanya perlu menambahkan tanda (~) di antara kata atau kalimat yang ingin kamu coret. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat contoh berikut: ~Narkoba~.

6. Ubah font menggunakan aplikasi.

Selain metode-metode di atas, mengubah font WhatsApp untuk lebih bervariasi juga dapat menggunakan aplikasi yang tersedia pada smartphone kamu. Terdapat aplikasi untuk merubah font kamu di HP seperti iFont, Fonts, ataupun HiFont. Cara merubah tulisan juga simpel, simak langkah sebagai berikut:

1. Unduh salah satu aplikasi rekomendasi di atas.

2. Bila sukses di-download, langsung buka aplikasi tersebut.

3. Pilih font sesuai selera dan font kamu akan berubah.

7. Ubah font dari ponsel Samsung.

Bagi kamu yang menggunakan HP Samsung, ada keunggulan tersendiri yang disediakan oleh perusahaan mobile asal Korea tersebut. Pasalnya untuk mengubah font pada HP, kamu tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi di Play Store.

Cukup pilih melalui ponsel Galaxy, ada beragam jenis font yang disediakan oleh Samsung. Cara mengaksesnya juga tidak susah, simak langkah-langkah berikut:

1. Pergi ke Pengaturan.

2. Ketuk Tampilan atau Display.

3. Ketuk Font and Style.

4. Akan ada beberapa opsi Font yang ditampilkan, pilih sesuai selera.

5. Bila sudah memilih, font akan tergantikan dan tulisan di WhatsApp mengikuti font yang kamu pilih.

(brl/far)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/far)