Brilio.net - Siapa yang tidak kenal dengan produk-produk Apple? Dengan harganya yang bombastis, kini telah banyak duplikasi atau pemalsuan komponen dari produk perusahaan pencipta iPhone tersebut. Salah satu komponen palsu yang tersebar luas saat ini adalah charger iPhone.

Terdapat banyak perbedaan komponen bagian dalam charger iPhone original dengan yang palsu. Salah satunya adalah dari segi pengeluaran voltase. Yang seharusnya 5 watt pada charger original, charger KW hanya memberikan kekuatan 2,7 watt saja. Dengan ini, akan menimbulkan bahaya berupa ledakan pada iPhone karena kualitas output yang diberikan sangat jelek.

Oleh karena itu, pembelian produk-produk KW perlu diminimalisasi. Pasalnya, alih-alih mendapatkan harga murah malah membuat celaka pengguna dengan membuat smartphone meledak.

Dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (16/12), inilah tujuh cara untuk mengetahui ciri charger iPhone yang original.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. USB Lightning berwarna emas halus.

7 Ciri charger original iPhone © 2021 brilio.net

foto: Apple

Pertama, kamu bisa mengetahui perbedaan charger ori iPhone dengan melihat USB lightning. Kabel lighting ke USB dari charger iPhone yang asli memiliki garis emas yang utuh dan halus bila diraba.

Berbeda dengan yang palsu, garis emas charger berwarna emas yang kabur serta ukuran yang tidak teratur dan kasar bila diraba.

2. Bobot charger asli lebih berat.

Yup, cara membedakan charger iPhone original dengan palsu bisa semudah mengukur bobot, lho. Bila kamu bisa merasakan charger mana yang lebih berat, maka charger itulah yang berpotensi original.

Untuk memastikannya, charger iPhone yang asli berbobot sekitar 250 gram. Sedangkan yang palsu hanya memiliki berat kurang lebih 200 gram. Hal tersebut dikarenakan charger yang original mengandung daya yang lebih banyak dari yang KW.

3. Terdapat ciri khas pada ujung konektor USB.

7 Ciri charger original iPhone © 2021 brilio.net

foto: Apple

Ujung konektor sebagai penghubung kabel dengan adaptor memiliki ciri khas, yaitu terdapat trapezoid interlock. Ciri khas ini memiliki bentuk garis putus-putus yang berjarak sama.

Bila kamu bisa mengecek atau membandingkan secara detail, yang palsu memiliki jarak yang tidak teratur. Terlebih, charger KW juga memiliki permukaan yang kasar.

4. Simbol USB tak timbul.

7 Ciri charger original iPhone © 2021 brilio.net

foto: Apple

Menurut Apple Support, pengguna bisa mengecek orisinalitas charger iPhone dengan mengecek simbol USB pada bagian adaptor lightning. Simbol ini bersifat halus, tidak timbul atau samar-samar, dan tidak mudah memudar karena bergrafir laser yang jelas.

5. Terdapat tulisan khusus.

7 Ciri charger original iPhone © 2021 brilio.net

foto: Apple

Bila kamu hendak membeli charger yang original, pastikan kabel charger tersebut terdapat tulisan khusus. Di bagian kabel, pastikan kamu menemukan tulisan “Designed by Apple in California”, “Assembled in China”, “Assembled in Vietnam”, atau “Industria Brasileira."

Selain itu, terdapat tulisan juga pada kepala charger untuk menentukan charger iPhone yang ori. Tulisan tersebut berupa “Designed by Apple in California," “Made in China," “Made in California," atau “Made in Vietnam."

6. Ukuran konsisten.

7 Ciri charger original iPhone © 2021 brilio.net

foto: Apple

Ukuran yang konsisten juga bisa dijadikan tolok ukur untuk memilih charger iPhone yang ori. Pasalnya, ukuran charger yang konsisten adalah 7,7 mm x 12 mm.

Selain lebar dan panjang boot Apple yang konsisten, sisipan faceplate pada charger berwarna metalik atau abu-abu. Bila yang palsu, sisipan faceplate berwarna hitam atau putih.

7. Harga sama dengan toko resmi

Bagi kamu lagi hunting charger iPhone resmi, jangan tergiur oleh harga yang murah, ya. Pasalnya, harga yang jauh di bawah harga resmi berpotensi charger KW.

Mengutip dari laman resmi Apple, kamu bisa membeli charger lama Apple dengan kisaran harga Rp 350.000 + adapter harga Rp 300.000 dan charger baru (USB-C) dengan harga sekitar Rp 500.000 hingga Rp 600.000.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/tin)