Brilio.net - Publik tentu sudah tak asing dengan aplikasi media sosial Facebook. Aplikasi yang menjadi ibu perusahaan Instagram dan WhatsApp ini kerap digunakan sebagai platform berinteraksi dengan orang lain via online.

Namun semakin berkembangnya teknologi, tahukah Sobat Brilio bahwa telah banyak pula hacker yang bisa membobol akun Facebook kamu? Bahkan, panduan untuk meretas akun Facebook juga banyak tersebar luas di dunia siber.

Untuk mencegah aksi kriminal ini, tentu dibutuhkan kewaspadaan bagi pemilik akun Facebook. Dilansir brilio.net dari beragam sumber pada Jumat (19/11), berikut metode-metode untuk melindungi akun Facebook dari peretas:

1. Sembunyikan tampilan email.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

7 Cara lindungi akun Facebook dari hacker © 2021 brilio.net

foto: Wiki How

Menyembunyikan tampilan email Facebook dapat membantu kamu mengurangi risiko untuk dibobol. Karena, untuk masuk ke dalam Facebook pun dibutuhkan untuk memasukkan email dan kata sandi. Untuk menyembunyikan email kamu dari Facebook, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pada laman Profil, pilih About.

2. Klik About > Contact and basic information > Email.

3. Akan tertampil beberapa opsi, pilihlah Only Me untuk menampilkan email ke diri kamu sendiri.

2. Hindari penggunaan alamat email pribadi.

Hal lain yang bisa diupayakan untuk menghindari hacker akun Facebook adalah upayakan untuk tidak menggunakan alamat email pribadi untuk mendaftar akun Facebook. Dengan langkah ini, kamu akan menghindari potensi teman-teman atau orang sekitar kamu dapat meretas akun Facebook. Cara mengganti alamat pribadi tidaklah susah, ikuti step-step berikut:

1. Pergi ke menu pengaturan atau Settings.

2. Pilih General > Contact.

3. Pada laman tersebut, kamu bisa menambahkan alamat email baru untuk memasuki Facebook.

3. Pakai verifikasi dua langkah.

7 Cara lindungi akun Facebook dari hacker © 2021 brilio.net

foto: Wiki How

Hacker tak hanya dari orang-orang tertentu, namun juga dari internet juga lho. Untuk melindungi dari kemungkinan buruk ini, kamu dianjurkan untuk memakai verifikasi dua langkah. Dengan demikian, akun kamu akan menjadi lebih aman. Caranya juga simpel, berikut langkah-langkah untuk mengaksesnya:

1. Pergi ke menu Settings.

2. Pilih Security and login.

3. Pada laman tersebut, pilih "Use two-factor authentication." Setelahnya, kamu akan diarahkan untuk memakai solusi aman ini.

4. Perbarui password secara berkala.

7 Cara lindungi akun Facebook dari hacker © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Cara selanjutnya, kamu juga bisa mencegah peretas membobol akun kamu dengan memperbarui atau mengganti password secara berkala sesuai kehendakmu. Caranya, berikut langkah lengkapnya:

1. Pilih Settings & Privacy.

2. Klik Settings > Security and Login.

3. Pilih Edit.

4. Masukkan password sekarang dan password baru kamu.

5. Selesai, kamu tinggal klik Save.

5. Tambahkan kontak terpercaya.

Facebook memberikan akses metode pemulihan akun melalui teman-teman terdekat kamu yang memakai Facebook lho. Teman terdekat yang bisa dipilih sebanyak tiga hingga lima teman.

Sehingga, saat kamu kehilangan akses ke akun Facebook, kamu bisa mengandalkan bantuan dari teman. Caranya cukup mudah, kamu tinggal ikuti proses berikut;

1. Pergi ke menu Settings.

2. Pilih Security and login.

3. Pada laman ini, pilihlah "Choose 3 to 5 friends to contact if you are locked out." Setelah itu, kamu akan memilih daftar kontak yang disarankan.

6. Selalu perbarui informasi akun.

Memperbarui informasi akun adalah cara yang direkomendasikan oleh Facebook. Tentu saja hal ini berfungsi untuk menghindari para hacker di dunia internet. Untuk mengaksesnya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke Update Security Info.

2. Di sini, kamu akan disuruh memilih sebuah pertanyaan yang tak mudah ditebak orang lain. Usahakan jawaban menurut kepada apa yang kamu ingat. Dengan begitu, pengguna lain akan kesusahan mengetahui jawabannya.

7. Jangan simpan password di browser.

7 Cara lindungi akun Facebook dari hacker © 2021 brilio.net

foto: The Geek Page

Cara terakhir yang bisa digunakan adalah hindari simpan password pada saat menggunakan browser. Salah satu kesempatan yang bisa dimanfaatkan peretas adalah dengan mengakses data cache sekaligus data login saat kamu menyimpan password di browser.

Karenanya, kurangi kegiatan ini untuk menghindari hacker yang akan meretas akun Facebook. Caranya pun cukup mudah, tiap kali browser menampilkan saran untuk menyimpan password, kamu bisa selalu klik tombol batal.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR