Brilio.net - Setelah dilakukan uji coba pada Juli lalu, kini WhatsApp sudah menghadirkan fitur baru yang bernama Joinable Call. Seperti namanya, Joinable Call merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk bergabung di panggilan video dalam grup secara langsung di mana pun.

Sebelumnya, jika pengguna ingin melakukan panggilan grup, mereka harus menelepon anggota dalam grup tersebut satu per satu. Dengan adanya fitur Joinable Call ini, pengguna bisa dengan mudah melakukan panggilan suara atau video secara bersamaan sekaligus.

Anggota grup yang tidak bisa segera bergabung dengan panggilan akan melihat tab terpisah dalam obrolan grup dengan tombol melalui tombol Join. Tombol ini akan memungkinkan pengguna bergabung dan berhenti dari panggilan yang sedang berlangsung kapan pun mereka bisa.

Dalam sebuah pernyataan, WhatsApp mengungkapkan, "Dengan semakin populernya panggilan grup, mengintegrasikan panggilan yang dapat digabungkan memberi pengguna WhatsApp cara spontan baru untuk terhubung dengan grup keluarga dan teman mereka."

Fitur Joinable Call ini diresmikan WhatsApp sendiri pada Senin (18/10). "Perlu masuk dan keluar dari panggilan grup? Bergabunglah dengan mudah dengan panggilan yang sedang berlangsung langsung dari obrolan grup Anda!," tulis pihak WhatsApp di akun Twitter-nya dikutip brilio.net, Kamis (21/10).

Saat ini, fitur Joinable Call sudah bisa dinikmati oleh sistem operasi Android minimal versi Jelly Bean 4.1 dan akan diluncurkan ke perangkat Android lainnya dan iOS dengan pembaruan baru, serta akan menampilkan beberapa perubahan lain seperti pemberitahuan panggilan yang sekarang akan menampilkan nama grup tempat panggilan dilakukan, bukan nama peserta individu.

7 Cara kerja fitur Joinable Call WhatsApp untuk pengguna Android WhatsApp

foto: WhatsApp

Cara kerja fitur Joinable Call WhatsApp

- Panggilan video di WhatsApp memiliki kapasitas tampungan hingga delapan orang.

- Saat menerima panggilan video grup, pengguna akan melihat notifikasi berisi peserta yang ikut panggilan tersebut.

- Kontak pertama yang dicantumkan adalah orang yang menambahkan ke panggilan video tersebut.

- Setelah membuka WhatsApp dan grup, klik gabung atau join untuk mengikuti panggilan suara atau video dalam grup tersebut.

- Jika panggilan tidak terjawab atau menjadi "missed call," pengguna bisa melihat di tab history call atau panggilan.

- Jika panggilan video masih berlangsung, pengguna tinggal mengetuknya untuk bergabung.

- Pengguna juga bisa keluar, lalu bergabung lagi jika panggilan masih berlangsung.

Perlu diperhatikan bahwa hanya orang-orang yang menjadi member grup yang bisa bergabung dengan panggilan. Fitur ini juga memungkinkan pengguna dengan cepat melihat grup mana yang memiliki panggilan yang sedang berlangsung setelah mereka membuka aplikasi mereka.

Bagian dari pembaruan baru juga akan menghadirkan nada dering berbeda yang lebih ringan yang diklaim WhatsApp akan membuat panggilan grup terasa seringan mengirim dan menerima pesan.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)