Brilio.net - Saat membahas Instagram, salah satu hal yang sering diperbincangkan adalah tentang fitur barunya yang bernama Reels. Tidak sama dengan Insta Story yang hilang setelah 24 jam, Instagram Reels adalah format konten yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi video pendek yang menarik yang akan tetap ada selama tidak dihapus.

Meskipun awalnya dikritik sebagai “peniru TikTok,” Instagram Reels telah mendapatkan banyak tanggapan positif dari influencer, merek, dan juga pengguna Instagram sendiri.

Sebagai pengguna Instagram yang aktif, kamu harus bisa terus memunculkan ide agar pengikutmu tidak bosan, apalagi sampai berkurang. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan fitur Reels dengan maksimal, baik itu untuk hobi maupun untuk bisnis.

Nah, ketika kamu menggunakan Reels, membuat kontenmu terlihat semenarik mungkin menjadi tujuan penting. Dari sinilah brilio.net mengumpulkan informasi-informasi terkait dari berbagai sumber sebagai bahan pembelajaranmu.

1. Tambahkan musik.

5 Cara edit Instagram Reels berbagai sumber

foto: Instagram

Selain mencari ide yang kuat dan menarik perhatian, kamu juga harus memperhatikan jenis musik yang akan digunakan sebagai latar belakang musikmu. Langkah ini bisa kamu lakukan dengan menemukan ikon musik di layar smartphone-mu.

2. Gunakan aplikasi luar.

Selain fitur-fitur ini, kamu juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi gratis seperti VN Video Editor dan InShot. Mulai dari warna, animasi, hingga efek-efek bagus bisa kamu dapatkan dari aplikasi-aplikasi ini.

3. Cocokkan kecepatan rekaman.

Setelah menemukan musik yang tepat, hal yang selanjutnya yang bisa menarik perhatian followers-mu adalah dengan menyinkronkan kecepatan rekaman. Hal ini menciptakan kenyamanan bagi setiap orang yang menyaksikan.

4. Tambahkan efek.

5 Cara edit Instagram Reels berbagai sumber

foto: Instagram

Ini merupakan salah satu cara edit konten Instagram Reels yang penting. Tetap ingat saja untuk tidak membingungkan penonton dengan terlalu banyak efek.

5. Tentukan berapa lama rekaman.

Merupakan ide bagus kalau kamu membuat kontenmu berdurasi sekitar 30-60 detik, bukan 15 detik. Hal ini akan memberi info lebih pada penonton, sehingga informasi atau pesan bisa sampai sesuai dengan harapan.

6. Sejajarkan klip.

Kamu bisa melakukan langkah ini dengan menekan tombol dengan ikon 2 layar. Dengan melakukan langkah ini, penonton bisa dengan nyaman menyaksikan kontenmu dan bisa menyerap informasi yang kamu sampaikan dengan baik.

7. Gunakan transisi.

5 Cara edit Instagram Reels berbagai sumber

foto: Instagram

Tidak hanya efek yang perlu diperhatikan, transisi yang digunakan juga perlu kamu perhatikan untuk menarik penonton. Walaupun sudah tidak baru lagi, penggunaan transisi yang tepat membuat penonton tetap terlibat dan tertarik dengan apa yang akan terjadi selanjutnya.