Brilio.net - Browser merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk melakukan kegiatan mencari berbagai data dan lainnya dengan mengandalkan koneksi internet. Banyak sudah jenis browser yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan browsing yang semakin meningkat.

Salah satu browser yang sudah dirilis sejak lama adalah Opera. Melirik sejarahnya, Opera sudah ada sejak sudah dirilis sejak 10 April 1995 oleh yang dirilis Telenor, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi di Norwegia.

Seiring waktu, Opera semakin berkembang dan sudah menghadirkan versi Lite atau yang sering disebut dengan Opera Mini. Kedua browser ini tentunya memiliki perbedaan pada setiap komponennya.

Untuk membahas lebih detail mengenai perbedaan Opera dan Opera Mini, berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (22/3), 7 beda browser Opera dan Opera Mini.


1. Penggunaan data

Beda browser Opera dan Opera Mini play.google.com

foto: play.google.com

Penggunaan data dari Opera dan Opera Mini tentu saja berbeda. Penggunaan data pada aplikasi Opera sama seperti kebanyakan browser lainnya. Membutuhkan lebih banyak kuota internet agar dapat dijalankan dengan lancar.

Sedangkan Opera Mini cenderung membutuhkan lebih sedikit kuota internet untuk dapat menggunakannya dengan lancar. Bagi kamu yang ingin menghemat kuota atau memiliki kualitas internet yang tidak terlalu kencang, masih bisa menikmati akses internet dengan lancar menggunakan Opera Mini.


2. Penyimpanan

Beda browser Opera dan Opera Mini play.google.com

foto: play.google.com

Opera browser cendeerung membtuthkan ruang penyimpanan yang lebih besar dibandingkan Opera Mini. Opera browser dapat menguras penyimpanan hingga 100 MB dan masih bisa bertambah, sedangkan Opera Mini hanya menguras penyimpanan sekitar 50 MB.

Perbedaan ini tentunya bukan tanpa alasan, selain perbedaan fitur yang ada, Opera Mini juga menggunakan lebih banyak kuota internet yang akan berpengaruh juga pada kapasitas penyimpanan dari aplikasi Opera.


3. User Interface

Beda browser Opera dan Opera Mini play.google.com

foto: play.google.com

Opera browser memiliki user interface yang lebih lengkap dengan berbagai fitur yang disediakan. Sedangkan Opera Mini memiliki user interface atau tampilan yang lebih sederhana dengan lebih sedikit fitur yang tersedia.

Namun secara penggunaan, baik Opera maupun Opera Mini, keduanya dapat berjalan dengan lancar untuk mendukung kegiatan browsing yang kamu lakukan.


4. Fitur kompresi data

Beda browser Opera dan Opera Mini play.google.com

foto: play.google.com

Fitur kompresi data adalah salah satu fitur yang ada pada browser untuk menghemat penggunaan kuota yang digunakan. Pada Opera browser, fitur kompresi data harus diaktifkan secara manual pada bagian pengaturan.

Sedangkan pada Opera Mini, fitur kompresi data akan otomatis dinyalakan ketika kamu menggunakan Opera Mini untuk melakukan browsing. Kualitas gambar dan video yang ditampilkan Opera Mini mungkin akan lebih rendah dibandingkan Opera browser, namun berkat fitur ini, kuota yang kamu gunakan akan lebih hemat.


5. Jumlah halaman

Beda browser Opera dan Opera Mini play.google.com

foto: play.google.com

Ketika kamu menggunakan Opera browser, jumlah tab atau halaman yang dapat kamu buka sekaligus lebih banyak dibandingkan ketika kamu menggunakan Opera Mini.

Bagi kamu yang membutuhkan informasi secara cepat dalam jumlah tab yang banyak, Opera browser mungkin lebih cocok bagi kamu.


6. Keamanan

Beda browser Opera dan Opera Mini play.google.com

foto: play.google.com

Dalam melakukan browsing, keamanan data merupakan salah satu hal yang paling penting. Opera browser memiliki tingkat keamanan data lebih unggul daripada Opera Mini.

Opera browser mungkin lebih cocok digunakan bagi kamu yang sering mengakses data penting seperti dokumen rahasia, atau file pekerjaan yang tidak bisa sembarangan diketahui orang.


7. Dompet Crypto

Beda browser Opera dan Opera Mini play.google.com

foto: play.google.com

Cryptocurrency, terutama Bitcoin adalah salah satu mata uang digital yang sedang populer belakangan ini. Fitur Dompet Crypto tersedia pada aplikasi Opera browser yang dapat kamu akses pada bagian pengaturan. Mungkin fitur ini akan cocok untuk kamu gunakan jika kamu adalah seorang trader atau memiliki kepentingan di bidang tersebut.