Brilio.net - Sobat Brilio apakah pernah ketika sedang jalan-jalan di sebuah mal atau nongkrong di kafe pas-pasan mendengarkan sebuah lagu yang enak didengar, namun kebingungan karena tak tahu judulnya apa? Namun, sekarang tak perlu repot-repot bertanya judul lagu ke orang lain.

Pasalnya, ada banyak aplikasi yang bisa membantu kamu menemukan judul lagu hanya dengan membuka aplikasi pada ponsel pintar. Cara mengaksesnya pun cukup mudah, sehingga pengguna tak perlu susah payah mendengarkan dan menulis lirik lagu untuk mengetahuinya.

Dirangkum brilio.net dari beragam sumber pada Selasa (2/11), berikut 7 aplikasi untuk bantu mencari tahu judul lagu.

1. Google Assistant (Pengguna Android) dan Siri (Pengguna iOS)

7 Aplikasi pencari judul lagu © 2021 brilio.net

foto: Kind PNG

Para pengguna ponsel Android maupun iOS tak perlu repot-repot menguras kapasitas memori. Sebab, sudah ada aplikasi asisten bawaan dari perangkat masing-masing yang menyediakan fitur pencari lagu. Cara mengaktifkan Google Assistant dan Siri cukup mudah, hanya dengan ucapkan "What's this song" dan aplikasi asisten akan menganalisa lagu untuk mengetahui judul.

2. Shazam

7 Aplikasi pencari judul lagu © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Selain itu, terdapat aplikasi yang bisa diunduh di smartphone, bernama Shazam. Aplikasi berwarna biru ini memang sudah terkenal menjadi aplikasi pencari atau pendeteksi lagu dengan pengunduh sebanyak lebih dari 500 juta. Cara mengetahui judul lagu, cukup buka aplikasi Shazam dan dekatkan ponsel ke sumber suara. Jangan lupa untuk mengetuk tombol biru pada aplikasi Shazam untuk memulai analisa lagu.

3. Musixmatch

7 Aplikasi pencari judul lagu © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Musixmatch juga bisa jadi pilihan alternatif aplikasi pendeteksi lagu. Selain mendapat judul lagu, pengguna juga akan disuguhkan informasi seputar album, penyanyi, serta lirik. Musixmatch dapat diunduh secara gratis. Selain itu, fitur premium berbayar dari aplikasi ini menambahkan fitur dapat memutar lagu secara luring.

4. SoundHound

7 Aplikasi pencari judul lagu © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi pencari lagu lain yang aksesibel adalah SoundHound. Kurang lebih memiliki fungsi sama menampilkan informasi lagu yang hendak ditemukan, SoundHound cukup mudah digunakan dengan fiturnya bernama Voice Command, dimana dengan fitur ini pengguna dapat mencari lagu dengan menggunakan perintah suara.

5. Music Recognition

7 Aplikasi pencari judul lagu © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Music Recognition juga merupakan aplikasi pendeteksi lagu yang serba guna. Selain memakan kapasitas memori yang kecil, Music Recognition cukup mudah digunakan dan dilengkapi fitur menarik. Setelah disuguhkan dengan informasi lagu, pengguna juga akan disajikan video di YouTube. Fitur lain yang menarik bernama Flashlight Party Mode, di mana fitur ini akan mengaktifkan lampu flash-nya dan akan berkedip-kedip sesuai dengan nada lagu.

6. Genius

7 Aplikasi pencari judul lagu © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Urutan ke enam ada aplikasi bernama Genius. Selain untuk mencari tahu judul lagu, Genius juga dilengkapi fitur untuk menampilkan lirik hingga terjemahan dari lirik lagu tersebut.

7. MusicID

7 Aplikasi pencari judul lagu © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Rekomendasi pencarian judul lagu terakhir ada MusicID. Dikenal untuk mengidentifikasi judul lagu, MusicID dipercaya oleh lebih dari 500 ribu pengguna untuk mengetahui judul lagu yang ingin dicari tahu, lengkap beserta nama penyanyinya. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi fitur Explore dimana dapat memudahkan penggunanya untuk menggali informasi lebih lengkap mengenai penyanyi dan lagu tersebut.

*

INFOGRAFIS APLIKASI PENCARI JUDUL LAGU © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS APLIKASI PENCARI JUDUL LAGU
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan