Brilio.net - Menyimpan berbagai macam dokumen di HP merupakan hal yang lumrah. Ya, hal ini karena mobilitas yang tinggi terkadang menyebabkan seseorang harus menyimpan file dalam HP.

Banyak orang yang kini memanfaatkan HP baik untuk bekerja maupun sebagai penunjang aktivitas hiburan. Akhirnya, file dalam HP terkadang akan menjadi semakin banyak. Bahkan, tidak jarang pula file tersebut berantakan karena saking banyaknya file yang tersimpan.

Tentu merupakan hal yang penting untuk menjaga file tetap rapi. Hal ini memudahkan kita untuk mencari file yang kita inginkan. Ketika file tersimpan dengan rapi, tentu hal ini dapat menghemat waktu untuk menemukannya, sehingga akan jadi lebih mudah.

Saat ini, terdapat berbagai macam aplikasi di Android yang menawarkan fitur untuk mengarsipkan dokumen. Aplikasi ini tentu sangat membantu, sehingga file menjadi lebih rapi.

Penasaran apa aja sih aplikasi-aplikasi tersebut? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (19/1) tentang 7 aplikasi untuk arsipkan dokumen.


1. RAR

Aplikasi untuk arsipkan dokumen, bikin file makin rapi © 2022 brilio.net

foto: Play Store/RAR

RAR adalah program untuk mengompress dan mengarsipkan dokumen all-in-one. Aplikasi ini juga tersedia secara orisinal, gratis, sederhana, mudah dan cepat. RAR dapat pula berfungsi sebagai alat pengarsipan, alat pencadangan, ekstraktor, dan bahkan pengelola file dasar. RAR pun dapat membuat file dalam bentuk RAR atau ZIP dan membongkar arsip RAR, ZIP, TAR, GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, ARJ.


2. ZArchiver

Aplikasi untuk arsipkan dokumen, bikin file makin rapi © 2022 brilio.net

foto: Play Store/ZArchiver

ZArchiver adalah program untuk mengelola arsip. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan fungsional. ZArchiver pun tidak memiliki izin untuk mengakses internet, sehingga data yang disimpan akan lebih aman.

ZArchiver mampu mengarsipkan dokumen dalam berbagai macam format. Aplikasi ini juga mampu membuat dan mendekompresi arsip yang dilindungi oleh kata sandi.


3. AZIP Master: ZIP RAR Extractor

Aplikasi untuk arsipkan dokumen, bikin file makin rapi © 2022 brilio.net

foto: Play Store/AZIP Master: ZIP RAR Extractor

AZIP Master merupakan aplikasi pengarsip dokumen yang wajib dicoba. AZIP Master dapat mengelola file, membuat arsip dalam format file ZIP atau 7Z.

AZIP Master juga dapat membuka arsip dalam berbagai format file seperti unZIP (ekstrak file ZIP) dan unRAR (ekstrak file RAR). Aplikasi ini pun memiliki fitur Smart file picker yang membantumu mengumpulkan file dan mengkompres file dengan sangat nyaman.


4. B1 Archiver zip rar unzip

Aplikasi untuk arsipkan dokumen, bikin file makin rapi © 2022 brilio.net

foto: Play Store/AZIP

Aplikasi keempat yang wajib dicoba adalah B1 Archiver. Aplikasi ini dapat mendekompresi ZIP, RAR, B1, serta 34 format lainnya. Kamu juga dapat membuat arsip ZIP dan B1 dengan kata sandi. Selain itu, aplikasi ini pun juga dapat mengekstrak multi-bagian arsip.


5. Zipify: Files Archiver rar Zip Unzip files

Aplikasi untuk arsipkan dokumen, bikin file makin rapi © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Zipify: Files Archiver rar Zip Unzip files

Zipify adalah aplikasi pengelola arsip yang selanjutnya. Kamu dapat mengekstrak file di HP kamu melalui aplikasi ini. Aplikasi ini pun dapat berfungsi sebagai aplikasi zip-unzip.

Aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai bahasa, yang dapat memudahkan untuk memanfaatkan fiturnya. Selain itu, aplikasi ini sudah mampu mendukung kompresi beberapa file sekaligus.


6. ALZip – File Manager & Unzip & Archive

Aplikasi untuk arsipkan dokumen, bikin file makin rapi © 2022 brilio.net

foto: Play Store/ALZip – File Manager & Unzip & Archive

ALZip merupakan aplikasi pengelola file dengan fitur kompres file dan ekstrak file. Tidak hanya alat untuk zip atau unzip file, aplikasi ini juga mampu mengelola file, membuka, menyalin, memindahkan, menghapus atau mengganti nama file. Aplikasi ini juga memiliki fitur drag and drop sehingga jadi lebih mudah digunakan.


7. Rar Archive & Rar Unarchive : Zip File Extractor

Aplikasi untuk arsipkan dokumen, bikin file makin rapi © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Rar Archive & Rar Unarchive : Zip File Extractor

Aplikasi ini merupakan alternatif lain yang layak dicoba. Aplikasi ini adalah kompresor untuk file seperti ppt, doc, xlsx, pdf, apk, pptx, docx, yang mudah digunakan. Kamu dapat mengekstrak arsip rar dengan kompresi zip. Kamu juga dapat membagikan arsip yang telah dibuat ke teman-temanmu.

Reporter: Ferdian Ahya Al Putra