Brilio.net - Salah satu hal yang paling membuat sebal dan jengkel pengendara adalah macet. Situasi ini terjadi akibat tersendatnya bahkan terhentinya kendaraan akibat banyaknya jumlah kendaraan bermotor. Semakin hari jalanan terasa begitu padat.

Tak terelakkan juga macet dapat membuat orang menjadi mudah emosi saat di jalan. Kejadian ini bisa membuat waktu terbuang sia-sia, jadi telat datang ke sebuah acara, dan masih banyak lainnya. Apalagi di musim liburan, macet pasti bakal menghantui saat kamu ingin mencoba pergi ke luar rumah.

Bahkan gara-gara macet, kamu menjadi tak ingin pergi dan memilih menghabiskan waktu seharian di rumah saja. Kendati demikian demi melancarkan semua rencana liburan dan menunjang mobilitas keseharianmu, setidaknya kamu bisa melihat area jalanan yang macet menggunakan aplikasi.

Aplikasi canggih ini sudah tersedia dan bisa kamu download untuk di perangkat smartphone kamu. Melalui aplikasi ini kamu juga bisa mencari alternatif lain apabila salah satu jalan yang ingin kamu lalui sedang macet total. Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (23/7).

1. Waze.

aplikasi kemacetan lalu lintas pixabay

foto: play.google

Aplikasi ini sudah cukup familiar di kalangan pengendara. Waze memiliki tampilan peta digital yang bisa memberikan informasi kepada pengendara mengenai situasi jalanan. Misalnya macet, keberadaan polisi, adanya kecelakaan lalu lintas, dan kondisi jalan lainnya.

2. Google Maps.

aplikasi kemacetan lalu lintas pixabay

foto: google

Google Maps menjadi salah satu aplikasi yang sudah sering digunakan banyak orang saat berkendara. Aplikasi ini memiliki fungsi utama sebagai penunjuk jalan dan kemacetan. Kini Google Maps juga sudah mengadopsi fitur lain dari berbagai aplikasi kemacetan lain. Google Maps hadir dengan fitur baru, yakni laporan jalan macet karena kecelakaan.

3. JasaMargaLive.

aplikasi kemacetan lalu lintas pixabay

foto: jasamargalive

Aplikasi yang dibuat oleh Jasa Marga ini sangat cocok buat kamu yang sering melewati jalan tol. Pengendara dapat mengetahui kondisi terkini jalur tol secara real time. Informasi akan disajikan secara teks dan dalam bentuk video CCTV.

4. Smart Traffic Controller.

aplikasi kemacetan lalu lintas pixabay

foto: advanceaccess.co.uk

Aplikasi ini berguna untuk mengatasi permasalahan kemacetan di Indonesia. Fungsi utama Smart Traffic Controller untuk mencegah penumpukan kendaraan yang berlebih di jalur yang sama. Menariknya lagi, para pengendara dapat berbagi informasi terkait situasi yang terjadi di jalan.

5. TMC Polda Metro.

aplikasi kemacetan lalu lintas pixabay

foto: apkpure

Aplikasi ini disediakan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya. TMC Polda Metro dapat memberikan informasi seputar kondisi jalan secara terkini atau real time. Aplikasi ini dapat membuat pengendara seakan memantau jalan melalui kamera CCTV Korlantas Polri dan Jasa Marga.

6. GIS Hubdat.

aplikasi kemacetan lalu lintas pixabay

foto: apkpure

GIS Hubdat dibuat oleh Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Sama dengan aplikasi lainnya, GIS Hubdat juga dapat membantu pengendara untuk bisa mengetahui posisi kemacetan di jalan. Selian itu aplikasi ini juga membantu memberikan informasi lokasi penting yang sering dibutuhkan saat di jalan, seperti masjid, atm, pom bensin, kantor polisi, dan lainnya.

7. Lewat Mana.

aplikasi kemacetan lalu lintas pixabay

foto: lewatmana

Aplikasi Lewat Mana menyediakan informasi berbentuk foto dan video di banyak ruas jalan. Kamu bisa mengecek secara langsung bagaimanan kondisi jalan yang akan kamu lewati, apakah sedang macet atau tidak. Kecanggihan lain dari aplikasi ini adalah bisa mengetahui lokasi bengkel terdekat, sehingga perjalananmu terasa lebih nyaman.