Brilio.net - Saat ini anak-anak sudah familiar dengan smartphone. Mengoperasikan smartphone bukan menjadi hal yang sulit bagi anak-anak, bahkan bagi yang belum usia sekolah dasar sekalipun.

Tetapi, tanpa pengawasan orangtua, smartphone yang mereka pegang malah bisa berdampak negatif. Peran orangtua mengarahkan penggunaan smartphone sangat penting, termasuk merekomendasikan aplikasi apa saja yanfg baik untuk anak-anak.

Nah, berikut tujuh aplikasi iPhone yang perlu diberikan oleh orangtua untuk anaknya yang dilansir brilio.net dari techinsider, Selasa (26/4).

1. YouTube Kids.

aplikasi untuk anak © 2016 brilio.net


YouTube memang penuh dengan berbagai informasi. Jika tak disaring, bisa jadi berbahaya untuk anak-anak karena banyak konten yang tak pantas untuk ditonton anak-anak. YouTube Kids memfilter konten yang tak pantas untuk anak, dan menyajikan tampilan yang lebih ramah bagi anak-anak. Tak hanya itu, pencarian di Youtube Kids juga lebih dikaitkan dengan berbagai hal di dunia anak.

2. Endless Numbers.

aplikasi untuk anak © 2016 brilio.net


Endless Numbers adalah aplikasi yang mengajarkan anak-anak tentang cara menghitung 1-100. Setiap angka terdiri dari tiga level yang berbeda. Tentu aplikasi ini berguna bagi anak-anak yang baru mengenal angka dan operasi sederhana dengan angka tersebut.

3. The Human Body.

aplikasi untuk anak © 2016 brilio.net

Aplikasi ini tentu akan menjadi sarana mengenalkan anak-anak tentang bagian-bagian yang ada pada tubuhnya. Tak hanya memberikan pengetahuan tentang bagian tubuh, aplikasi ini juga memberikan pengetahuan tentang cara perlakuan yang perlu diberikan. Misal gigi perlu disikat, jika tidak, maka akan muncul bekas makanan di sekitar gigi. Menarik, kan?

4. Winky Think Logic Puzzles.

aplikasi untuk anak © 2016 brilio.net

Game menjadi hal yang sering dilakukan oleh anak-anak dengan smartphonenya. Tapi game ini sepertinya haru direkomendasikan untuk anak-anak. Aplikasi ini merupakan game puzzle logika yang mampu mengasah kemampuan otak anak-anak. Aplikasi yang memuat 180 puzzle logika ini bisa membangun kognisi dan penalaran dasar anak.

5. Loopimal.

aplikasi untuk anak © 2016 brilio.net

Loopimal adalah aplikasi merangkai nada yang cocok untuk anak-anak. Bermain suara tentu menjadi hal yang menyenangkan buat anak-anak. Aplikasi ini membuat proses merangkai nada bagi anak menjadi mudah. Tak hanya itu, merangkai nada tentu dapat mengasah intuitif anak dan membangun perasaan percaya terhadap apa yang ia buat.

6. Gappy Learns Reading.

aplikasi untuk anak © 2016 brilio.net

Aplikasi ini mengajarkan anak cara mengeja. Tentu aplikasi ini menjadi sarana pembantu anak yang masih belajar mengenal huruf dan belajar membaca.

7. Duolingo.

aplikasi untuk anak © 2016 brilio.net

Meskipun aplikasi ini tak ditujukan secara khusus untuk anak, tapi aplikasi ini sangat cocok untuk anak yang ingin belajar bahasa asing. Dengan tampilan gambar, anak-anak jadi lebih mudah menebak jawaban dari pertanyaan yang ada.

Apalagi aplikasi ini juga dilengkapi dengan audio yang membuat pemakainya mampu mendengarkan pengucapan yang benar. Saat ini sudah ada 27 bahasa yang bisa dipelajari di Duolingo.