Brilio.net - Keberadaan barcode sering kita jumpai di berbagai tempat. Barcode sendiri berbentuk garis-garis/batang berwarna hitam yang tersusun secara sejajar.

Dilansir dari barcodesinc.com, barcode adalah bentuk informasi yang dapat dibaca mesin pada permukaan visual yang dapat dipindai. Barcode dibaca dengan menggunakan pemindai khusus yang membaca informasi langsung dari barcode tersebut. Informasi tersebut kemudian ditransmisikan ke dalam database di mana ia dapat dicatat dan dilacak.

Kita dapat menemukan barcode pada beberapa barang, seperti kemasan, buku, hingga ID Card. Selama ini, tidak semua orang memiliki mesin pembaca barcode. Padahal barcode tersebut berfungsi untuk mengidentifikasi suatu barang. Misalnya apakah barang tersebut asli atau tidak.

Namun, kini terdapat berbagai macam aplikasi pemindai barcode yang dapat diunduh di Android. Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber tentang 7 aplikasi barcode scanner pada Kamis (20/1).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. QR Barcode : Scanner & Create.

Aplikasi Barcode Scanner ©

foto: Play Store/QR Barcode : Scanner & Create

Dikembangkan oleh tim teknik profesional, aplikasi pertama ini dapat memindai barcode dengan cepat. Aplikasi ini memiliki kinerja yang ringan, cepat, dan tentunya mudah untuk digunakan. Aplikasi ini juga mampu untuk memindai, baik melalui kamera secara langsung maupun dari gambar atau foto dari galeri.

2. QR & Barcode Scanner.

Aplikasi Barcode Scanner ©

foto: Play Store/QR & Barcode Scanner

QR & Barcode Scanner merupakan aplikasi kedua yang wajib kamu coba. Aplikasi ini dapat memindai barcode dengan cepat. Aplikasi ini dapat memindai dan membaca semua kode QR / jenis kode batang termasuk teks, url, ISBN, produk, kontak, kalender, email, lokasi, Wi-Fi, dan banyak lagi format lainnya. Kamu pun tidak perlu menekan tombol karena aplikasi akan bekerja secara otomatis.

3. QR Code Reader - Scanner App.

Aplikasi Barcode Scanner ©

foto: Play Store/QR Code Reader - Scanner App

Kendati namanya QR Code Reader, aplikasi ini juga dapat membaca barcode, teka-teki, kartu nama dan dokumen. Aplikasi ini juga memiliki fitur auto-detect scanning, sehingga akan bekerja secara otomatis. Selain itu, kamu juga dapat membuat QR Code-mu sendiri melalui aplikasi ini.

4. Barcode Scanner.

Aplikasi Barcode Scanner ©

foto: Play Store/Barcode Scanner

Aplikasi keempat yang patut dicoba adalah Barcode Scanner. Aplikasi ini dapat memindai kode batang pada produk atau Matriks Data dan Kode QR yang berisi URL, info kontak, dan sebagainya. Aplikasi ini juga tidak memiliki iklan, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan terganggu saat melakukan pemindaian.

5. QR & Barcode Reader.

Aplikasi Barcode Scanner ©

foto: Play Store/QR & Barcode Reader

Aplikasi ini memiliki fitur untuk memindai semua format barcode umum seperti QR, Data Matrix, Aztec, UPC, EAN, Code 39 dan sebagainya. Ia juga dapat memindai gambar tanpa memberikan akses ke penyimpanan perangkat kamu, termasuk akses ke buku kontak. Aplikasi ini juga dapat mendeteksi kode dalam file gambar atau pindai langsung menggunakan kamera.

6. QR Code Reader for QR& Barcode.

Aplikasi Barcode Scanner ©

foto: Play Store/QR Code Reader for QR& Barcode

Aplikasi keenam adalah QR Code Reader for QR& Barcode. Aplikasi ini merupakan pemindai cepat semua jenis QR, label atau kode batang. Ia juga dapat membuat QR untuk menghasilkan kode QR yang berguna bagi berbagai tujuan. Aplikasi ini tersedia secara gratis, dan kamu memiliki fitur unlimited QR Code Generator.

7. Barcode Scanner (Cognex Corporation).

Aplikasi Barcode Scanner ©

foto: Play Store/Barcode Scanner

Aplikasi ketujuh yang wajib kamu coba adalah Barcode Scanner milik Cognex Corporation. Aplikasi ini didesain dengan memberikan nilai melalui empat pilar, yaitu kesederhanaan, keandalan, efisiensi, dan kecepatan. Nilai-nilai tersebut menunjang performa dari aplikasi tersebut sehingga nyaman dan mudah untuk digunakan.

Reporter: Ferdian Ahya Al Putra

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/red)