Brilio.net - Beberapa tahun lalu kamera DSLR sempat booming di sejumlah kalangan. Tak sedikit orang yang kemudian berlomba-lomba untuk memiliki kamera yang satu itu. Sayangnya, karena bentuk dan bobotnya yang tidak terbilang ringan, pelan-pelan tren kamera DSLR pun menurun.

Ia lalu tergantikan oleh kamera mirrorless. Jenis kamera yang satu ini pun terbilang sangat travel-friendly. Namun demikian, tak semua orang cocok dengan kamera ini.

Beberapa malah lebih memilih untuk memotret menggunakan kamera handphone saja. Toh, kualitas kamera yang ada di ponsel saat ini tak kalah apik dari kamera-kamera mirrorless maupun DSLR.

Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa kamera ponsel bukannya tak memiliki masalah. Kadang kala, kamera di iPhone misalnya, tiba-tiba saja eror ketika akan digunakan mengabadikan momen.

Tapi, tenang saja, bagi kamu yang menggunakan iPhone, brilio.net punya sejumlah cara untuk mengatasi hal tersebut. Nah, apa saja, ya? Berikut 6 tips mudah atasi kamera iPhone yang sering eror ketika digunakan, seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (19/10).

Loading...

1. Tukar kamera dari belakang ke depan.

iPhone camera © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

Tekan tombol pemutar kamera dari kamera belakang ke kamera depan. Dengan begitu aplikasi kamera pun akan ter-reset. Setelahnya, jangan lupa untuk kembalikan ke posisi semula.

2. Tutup aplikasi kamera.

iPhone camera © 2019 brilio.net

foto: lifewire.com

Kamu juga bisa langsung menutup aplikasi kamera dengan cara keluar melalui tombol home, swipe up untuk menutup aplikasi, lalu tunggu sejenak sebelum menyalakannya lagi.

3. Restart ponsel.

iPhone camera © 2019 brilio.net

foto: businessinsider.com

Jika cara sebelumnya tak berhasil, maka cobalah untuk merestart iPhone guna mereset semua sistem dari awal.

4. Matikan fitur VoiceOver.

iPhone camera © 2019 brilio.net

foto: wikihow.com

Tak sedikit pengguna iPhone yang mengalami eror pada aplikasi kamera saat fitur VoiceOver-nya aktif. Nah, kalau kebetulan fitur VoiceOver di iPhone-mu juga aktif, maka matikanlah terlebih dahulu. Untuk mematikannya, masuk ke menu Settings, General, Accessibility, lalu ke VoiceOver, dan matikan fungsinya.

5. Update sistem.

iPhone camera © 2019 brilio.net

foto: macobserver.com

Jika keempat cara di atas tak berhasil, kemungkinan lain yang bisa kamu lakukan adalah meng-update sistem iOS terbaru. Sistem yang telah terupdate mungkin akan segera membereskan masalah kameramu.

6. Lakukan reset factory.

iPhone camera © 2019 brilio.net

foto: lifewire.com

Jika seluruh alternatif sebelumnya masih juga tak membuahkan hasil, maka kamu bisa melakukan reset. Reset ada dua, di mana pilihannya adalah reset semua settings atau menghapus semua konten dan setting sehingga iPhone-mu jadi seperti baru beli.

Untuk melakukan reset ini, masuklah ke menu Settings, lalu General, kemudian Reset. Jika sudah, pilih preferensi resetmu. Tapi sebelumnya, jangan lupa backup semua data terlebih dahulu.

RECOMMENDED BY EDITOR