Brilio.net - Layaknya gadget lain, smartphone bisa overheat atau mengalami panas berlebih saat menjalankan tugas berat seperti gaming. Namun, berbeda dengan PC atau laptop, smartphone tidak punya sistem pendingin yang mumpuni untuk sesi gaming intens. Ukuran smartphone yang relatif mungil juga membuat panas jadi awet dan susah dingin dengan cepat.

Saat overheat, sistem secara otomatis melambatkan kinerja untuk mengendalikan panas agar tidak merusak komponen sensitif di dalam smartphone. Hal inilah yang menyebabkan smartphone jadi lemot dan kurang responsif. Bahkan, ketika sudah melewati suhu tertentu, smartphone bahkan bisa mati total dan tidak bisa dinyalakan lagi.

Suhu smartphone juga tak hanya berpengaruh ke kinerja tapi juga daya tahannya. Suhu tinggi bisa mengakibatkan berbagai masalah serius seperti bocornya baterai, kehilangan data, dan lainnya. Beberapa smartphone dengan baterai abal-abal juga bisa meledak saat suhu smartphone sangat tinggi.

Smartphone butuh perlakuan khusus agar bisa tetap dingin saat bermain game. Optimisasi di software dan hardware sangat membantu untuk menjaga suhu saat gaming.

Deretan tips di bawah ini bisa kamu coba untuk menjaga agar smartphone tidak mudah panas saat bermain game. Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (26/3), yuk kita simak bersama!

Loading...

1. Tutup aplikasi yang berjalan di background.

6 Tips agar smartphone tidak mudah panas saat main game berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Saat gaming, kinerja harus 100% ke aplikasi game. Aplikasi yang berjalan di background bisa menyedot sumber daya dan menyebabkan smartphone lemot. Biasanya, aplikasi yang membandel di background adalah browser, musik, dan media sosial.

Untuk melakukannya, periksa cache dan aplikasi yang sedang berjalan. Perhatikan mana aplikasi yang paling banyak memakan RAM. Matikan aplikasi tidak penting selain game pilihanmu agar RAM bisa lega.

2. Hapus aplikasi tidak penting.

6 Tips agar smartphone tidak mudah panas saat main game berbagai sumber

- -foto: shutterstock.com

Seringkali smartphone android penuh dengan bloatware atau aplikasi yang tidak penting. Deretan aplikasi ini bisa berupa browser, aplikasi wallpaper, atau pemutar musik dan video. Deretan aplikasi ini sering berjalan tanpa kamu ketahui dan akan membuat kinerja smartphone lambat saat bermain game.

Masuk ke setelan dan pilih kolom aplikasi. Di situ, pilih aplikasi yang dirasa tidak penting dan silakan hapus. Selain melegakan memori, RAM juga tak akan terbebani oleh deretan aplikasi tak penting tersebut. Alhasil, saat bermain game pasti akan terasa lancar dan tidak mudah panas.

3. Manfaatkan multi-cooling system.

6 Tips agar smartphone tidak mudah panas saat main game berbagai sumber

- -foto: shutterstock.com

Penggunaan sehari-hari seperti bermain game, menggunakan kamera, atau memutar video sering jadi biang kerok smartphone jadi panas. Oleh karena itu, optimisasi di software tidak bisa berjalan lancar tanpa optimisasi di hardware. Sistem pendingin smartphone harus mempunyai disipasi panas yang tinggi agar tetap dingin saat bekerja keras.

Lain ceritanya saat kamu gaming menggunakan Oppo Reno5 F. Seri anyar dari Oppo Reno5 di Indonesia ini diklaim memiliki kapasitas pembuangan panas 21,9% lebih efisien. Disipasi panas saat menelusuri aplikasi video telah ditingkatkan sebesar 55,3%, dan efek pembuangan panas aplikasi kamera telah meningkat sebesar 11,4%.

6 Tips agar smartphone tidak mudah panas saat main game berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Oppo Reno5 F menggunakan multi-cooling system dengan paduan aluminium konduktivitas termal tinggi. Empat lapis tabung grafit dan tiga lapis lembaran grafit juga ditempatkan secara strategis agar prosesor dan berbagai chip cepat dingin.

4. Matikan fitur smartphone yang tidak digunakan.

6 Tips agar smartphone tidak mudah panas saat main game berbagai sumber

foto: istimewa

Fitur yang tidak digunakan saat gaming ternyata bisa menyedot sumber daya smartphone dan membuatnya gampang panas. Matikan fitur smartphone yang tidak diperlukan saat gaming. Fitur ini bisa berupa WiFi (jika menggunakan paket data untuk gaming), GPS, bluetooth, NFC, dan masih banyak lainnya.

Perhatikan juga fitur yang digunakan saat gaming. Misalnya, fitur GPS penting digunakan saat kamu bermain Pokemon GO. Tapi sebaliknya, fitur ini tak terlalu berguna saat kamu bermain game MOBA seperti Mobile Legends. Atur fitur yang digunakan sesuai kebutuhan gaming-mu, ya.

5. Jangan mengisi baterai saat bermain game.

6 Tips agar smartphone tidak mudah panas saat main game berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Mengisi baterai sambil bermain game bisa berakibat buruk terhadap smartphone. Alasannya, baterai akan menghasilkan panas saat mengisi daya. Panas bermain game ditambah panas dari baterai akan membuat smartphone lemot dan gampang overheat.

Untuk urusan mengisi baterai, Oppo Reno5 F bisa melakukannya dengan cepat. Dukungan 30W VOOC Flash Charge 4.0 bisa mengisi daya smartphone ini hingga 100% dalam waktu 56 menit saja. Ada juga fitur Battery Guard yang melindungi baterai dari charging berlebihan pada malam hari tapi tetap memaksimalkan pengisian daya pada siang hari.

Bermain game secara intens juga semakin nyaman dengan teknologi layar Single hole-punch AMOLED display berukuran 6.43 inch dengan resolusi FHD+. Ada juga teknologi All-day AI Eye Comfort, AI Backlight, dan Sunlight Screen untuk pengalaman gaming nyaman dan tak melelahkan dalam segala situasi, termasuk di bawah terik matahari.

6. Buka casing smartphone.

6 Tips agar smartphone tidak mudah panas saat main game berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Casing tambahan berbentuk seperti dompet atau full body bisa menyebabkan panas terperangkap di dalam smartphone. Lepaskan casing smartphone saat bermain game. Smartphone akan lebih lega 'bernapas' dan panas akan mudah menghilang. Prosesor juga bisa bekerja lebih optimal saat suhu terjaga.

Untuk sesi gaming yang intens, prosesor yang mumpuni wajib hukumnya. Oppo Reno5 F dilengkapi dengan prosesor AI MediaTek Helio P95. Daripada generasi sebelumnya, Oppo Reno5 F bisa memulai aplikasi 30% lebih cepat. Selain itu, touch delay respons lebih rendah 13,75%, sedangkan respons tombol lebih cepat 41,41%. Smartphone ini juga dilengkapi dengan 8GB RAM LPDDR4X serta dukungan memori internal sebesar 128GB dan dapat diperluas hingga 256GB dengan kartu MicroSD.

6 Tips agar smartphone tidak mudah panas saat main game berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Kamu bisa mendapatkan Oppo Reno5 F melalui Flash Sale di Lazada pada 27 Maret-1 April. Dapatkan juga Limited 3 in 1 Giftbox yang tentunya penuh kejutan. Oppo Reno5 F juga bisa didapatkan mulai 2 April 2021 melalui beberapa program menarik seperti Home Creadit & Kredit Plus dengan bunga 0%, Trade In dengan cashback up to Rp 500.000, dan ada juga bundling dengan Indosat Freedom 84GB. Informasi lebih lengkap bisa kamu dapatkan di sini.

RECOMMENDED BY EDITOR