Brilio.net - Memakai smartphone flagship dengan spesifikasi mumpuni pasti akan jadi pengalaman yang menyenangkan. Namun, tak semua orang punya kesempatan. Maklum, setiap vendor smartphone akan mengeluarkan flagship dengan harga yang tidak murah. Bahkan, bisa melebihi harga motor.

Namun bagi yang masih penasaran dan ingin merasakan performa smartphone flagship, bisa mencoba smartphone flagship seri lawas. Meski sudah keluaran beberapa tahun lalu, namun masih sangat layak dipakai. Sebab, smartphone flagship dikenal memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Berikut ini rekomendasi smartphone flagship keluaran lama yang masih sangat layak pakai pada 2020, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (6/3). Soal harga, sudah pasti turun jauh dari harga saat pertama rilis.

1. Google Pixel XL.

6 Smartphone mantan flagship Gsmarena.com

Loading...

foto: gsmarena.com

Google Pixel adalah flagship seri lawas yang masih sangat layak kamu miliki. Sebab, spesifikasi Google Pixel XL ini masih sangat bisa bersaing dengan smartphone kelas Rp 3 juta, bahkan bisa dibilang masih lebih unggul.

Google Pixel XL ini dirilis dengan menggunakan prosesor snapdragon 821. Padahal smartphone keluaran baru di kelas harga Rp 3 juta masih menggunakan snapdragon seri di bawahnya. Harga dari Google Pixel XL ini sekarang hanya Rp 2,5 jutaan untuk seri tertinggi.

2. Xiaomi Mi 5s.

6 Smartphone mantan flagship Gsmarena.com

foto: gsmarena.com

Xiaomi Mi 5s bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin merasakan salah satu flagship seri lawas Xiaomi. Smartphone ini pernah berjaya tahun 2016 dengan desain mewah yang simpel pada zamannya.

Xiaomi Mi 5s mengusung prosesor snapdragon 821, yang hingga kini masih termasuk prosesor dengan performa ngebut. Kamu bisa mendapatkan Xiaomi Mi 5s ini hanya dengan harga kisaran Rp 1,9 juta.

3. Samsung Galaxy S9.

6 Smartphone mantan flagship Gsmarena.com

foto: gsmarena.com

Samsung Galaxy S9 tentu tidak bisa ditinggalkan dari flagship seri lawas yang masih sangat layak dimiliki. Mengusung snapdragon 845 atau Exynos 9810, kecepatan Galaxy S9 ini jelas tidak usah diragukan lagi. Galaxy S9 kini harga jualnya hanya sekitar Rp 4 juta.

4. Huawei P20 Pro.

6 Smartphone mantan flagship Gsmarena.com

foto: gsmarena.com

Huawei P20 Pro adalah Flagship dari Huawie yang rilis pada tahun 2018. Huawei P20 Pro ini hadir dengan prosesor besutan sendiri, yaitu prosesor Hisilicon Kirin 970 yang diklaim setara dengan kemampuan snapdragon 845. Huawei P20 Pro yang dirilis dengan harga Rp 12 juta, kini banyak yang dijual dengan harga sekitar Rp 4 juta.

5. Samsung galaxy S8+

6 Smartphone mantan flagship Gsmarena.com

foto: gsmarena.com

Samsung Galaxy S8+ yang dirilis pada awal 2017 sempat menggemparkan jagat per-gadget-an Tanah Air karena desainnya yang mewah. Mengusung snapdragon 835, tentu smartphone ini masih sangat mumpuni untuk dipakai hingga sekarang.

Pada awal rilis, Samsung Galaxy S8+ ini dibanderol Rp 11 juta. Sekarang bisa didapatkan hanya dengan sekitar Rp 4 juta saja.

6. Samsung Galaxy Note 8.

6 Smartphone mantan flagship Gsmarena.com

foto: gsmarena.com

Samsung Galaxy Note 8 sejatinya memiliki spesifikasi yang tidak begitu jauh dari Samsung Galaxy S8+, sama-sama menggunakanya snapdragon 835. Smartphone premium yang saat dirilis dibanderol Rp 13 juta itu kini bisa didapatkan dengan Rp 5 jutaan.

RECOMMENDED BY EDITOR