Brilio.net - Saat ini peminat game pada smartphone semakin bertambah. Hal ini dikarenakan permainan tersebut menampilkan audio visual yang lebih nyata. Terlebih saat masa pandemi seperti ini, bermain game bisa menjadi hiburan penghilang rasa bosan saat di rumah.

Game merupakan permainan yang disukai banyak orang. Mulai dari usia anak-anak, remaja bahkan hingga orang dewasa gemar memainkannya. Game bisa dimainkan dengan mudah di smartphone. Cara mendapatkannya dengan menginstal berbagai aplikasi yang sudah disediakan di Play store ataupun di App store.

Namun bagi seorang gamer, smartphone biasa tidak cukup memuaskannya dalam memainkan game. Mereka membutuhkan lebih dari sekadar smartphone yang mendukung kecepatan, kejernihan layar, hingga kapasitas memori yang besar.

Produsen smartphone terus berinovasi untuk mewujudkan permintaan pasar. Mereka pun membuat beberapa ponsel gaming yang bisa menjadi andalan para pencinta game. Handphone gaming ini dirancang khusus untuk menunjang pengalaman bermain di ponsel agar lebih optimal.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah, buat kamu yang sedang mencari HP gaming, berikut brilio.net merekomendasikan 15 HP gaming terbaru dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (16/7). Lengkap dengan harga dan spesifikasinya.

1. Asus ROG Phone 5 Ultimate.

hp gaming terbaru © berbagai sumber

foto: rog.asus.com

Sama seperti ponsel gaming lainnya, Asus ROG Phone 5 Ultimate dilengkapi dengan chipset Snapdragon 888. Selain itu, performa layarnya didukung dengan AMOLED 6,78 inci mengusung tingkat kecerahan maksimal 1200 nit. Ponsel gaming ini memiliki RAM 18 GB yang dimaksudkan untuk memberikan boost tambahan saat memainkan game Android berat ataupun saat menjalankan emulator konsol.

Fitur-fitur yang ditawarkan pun meliputi NFC, baterai 6000 mAh dengan fast charging 65 W, lapisan Corning Gorilla Glass Victus di bagian depan. Pada audionya, ponsel ini menggunakan speaker stereo yang mengusung penyetelan Dirac, serta laju penyegaran 144 Hz dan touch sampling rate 300 Hz.

Untuk mendapatkan handphone gaming ini perlu merogoh kocek agak dalam karena dibanderol dengan harga Rp 19 juta.

2. Xiaomi Redmi Note 9.

hp gaming terbaru © berbagai sumber

foto: xiaomi.com

Ponsel pintar ini memberikan pengalaman bermain mengasyikkan dengan grafis memuaskan tapi harganya murah. Selain itu, Xiaomi Redmi Note 9 dibekali chipset andal Mediatek Helio G85 dan baterai berkapasitas tinggi yaitu 5.020 mAh. Sehingga sangat cocok mendukung performa pengguna saat bermain game.

Teknologi pengisian baterainya pun cepat, membuat handphone ini mampu diajak bermain game hingga 13 jam. Buat kamu yang ingin memiliki ponsel gaming ini, rentang harganya sekitar Rp 2.249.000 – Rp 3.595.000.

3. ASUS ZenFone 6 ZS630KL.

hp gaming terbaru © berbagai sumber

foto: Instagram/@logaypektay

ASUS ZenFone 6 ZS630KL membuat para gamer tergiur. Karena tidak hanya tangguh untuk memainkan game, smartphone ini juga dapat digunakan untuk fotografi. Sistem kamera putarnya yang menjadikan hasil gambar swafoto menjadi sama menakjubkannya seperti kamera belakang.

Snapdragon 855 dipercaya bekerja dengan lihai mengelola game-game modern macam Genshin Impact, PUBG Mobile, atau Mobile Legends: Bang Bang.

ASUS ZenFone 6 ZS630KL memang belum dilengkapi dengan teknologi fast charging yang kencang. Namun ponsel ini dibekali baterai 5.000 mAh yang pasti lebih diminati oleh gamer mobile. Ponsel gaming ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 6,9 juta.

4. Black Shark 4 Pro.

hp gaming terbaru © berbagai sumber

foto: xiaomi-mi.com

Selanjutnya, handphone gaming yang sangat direkomendasikan untuk gamer adalah Black Shark 4 Pro. Ponsel ini merupakan generasi penerus dari Black Shark 3 Pro. Berbeda dari sebelumnya yang menggunakan chipset Snapdragon 865, Black Shark 4 Pro sudah dilengkapi dengan SoC paling bertenaga di dunia yakni Snapdragon 888.

Tak hanya dari chipsetnya, dari segi penggunaan layar ponsel ini dilengkapi Super AMOLED 6,67 inci dengan opsi laju penyegaran 144 Hz dan touch sampling 720 Hz. Fitur pengisian dayanya pun sudah mencapai 120 W yang digadang-gadang mampu meraih kapasitas 100% hanya dalam waktu 15 menit.

Handphone gaming keluaran Xiaomi ini memiliki harga yang berbeda-beda, tergantung pada kapasitas RAM di dalamnya. Xiaomi Black Shark 4 Pro dijual dari hari Rp 13,9 juta - Rp 15 juta.

5. ZTE nubia Red Magic 6 Pro.

hp gaming terbaru © berbagai sumber

foto: gadgets.ndtv.com

Perangkat garapan Asus ini memakai Snapdragon 888. Satu hal menonjol yang mendukung ponsel gaming ini yaitu refresh rate layar. HP ini menyuguhkan refresh rate layar sebanyak 165 Hz yang bahkan mengungguli layar PC. Layar PC kebanyakan memiliki refresh rate layar hanya di 144Hz.

Kapasitas baterainya berukuran 4500 mAh yang mampu mengisi dari nol hingga 50% dalam waktu 5 menit saja berkat fast charging 120 W. Perangkat ini juga sudah dilengkapi kipas internal built-in, untuk menyiasati Snapdragon 888 yang rentan panas.

Dari segi kamera, ZTE nubia Red Magic 6 Pro menawarkan 3 kamera belakang (64 MP + 8 MP + 2 MP) dan satu kamera depan (8 MP). Berkat kelengkapan fitur yang ditawarkan, tak heran jika ponsel ini dijual dengan harga Rp 8,9 juta.

6. Black Shark 2 Pro.

hp gaming terbaru © berbagai sumber

foto: Instagram/@teknologue

Black Shark 2 Pro tak kalah menariknya. Ponsel gaming satu ini ditopang oleh RAM 8GB atau 12GB yang sudah sangat lega bahkan menjadi standar tahun ini. Layarnya 6.39 inches membuat kamu puas bermain game. Resolusi layarnya, FHD+ 1080 x 2340 pixel, AMOLED 240 Hz touch-sensing. Layar AMOLED dengan touch sampling rate 240Hz. Smartphone ini dihargai Rp 7,2 juta, sudah termasuk satu buah gamepad.

7. Realme X50 Pro 5G.

hp gaming terbaru © berbagai sumber

foto: Instagram/@gsmarenateam

Realme X50 Pro 5G sudah cukup memuaskan para gamer, nih. Panel Super AMOLED Realme X50 Pro 5G menampilkan gambar dengan sangat jernih dan warna-warni yang akurat.

Kamera yang ditawarkan juga bikin tergiur, primer 64MP dan sensor telefoto 12MP. Tak hanya itu saja, meski baterai tidak begitu besar, namun ada SuperDat Charge 65W. Realme X50 Pro 5G dihargai Rp 8,9 juta.

8. Vivo Z1 Pro.

hp gaming terbaru © berbagai sumber

foto: vivo.com

Tak main-main, perusahaan ponsel pintar Vivo menghadirkan teknologi kelas dunia untuk mendukung mobilitas. Teknologi tersebut dirancang pada keluaran Vivo Z1 Pro.

Kali ini, Vivo menggunakan Snapdragon 712E dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Sensasi bermain game akan semakin seru karena dilengkapi Graphic Processing Unit (GPU) Adreno 616. Hal ini mampu mengoptimalkan performa untuk bermain game hingga 25%.

Teknologi Cooling Turbo pada ponsel ini mampu menjaga suhu HP agar tetap dingin, dan Game Turbo untuk memperhalus tampilan grafis saat bermain. Vivo Z1 Pro dijual dengan rentang harga Rp 2,6 juta – Rp 3,4 juta.

9. Nubia Red Magic 5G.

hp gaming terbaru © berbagai sumber

foto: Instagram/@totalgamingar

Nubia Red Magic 5G juga menjadi salah satu HP gaming yang begitu dinanti-nanti. Pasalnya ponsel gaming keren ini hadir dengan harga terjangkau, yakni Rp 9 juta.

Ponsel ini hadir dengan sistem pendingin aktif berupa kipas mini yang dapat berputar hingga 16.000 rpm. Resolusi layarnya, FHD+ 1080 x 2340 pixels AMOLED, 144Hz refresh rate. Untuk sensasi yang lebih riil, ZTE membenamkan teknologi 4D Shock yang akan memberi getaran realistis sesuai gameplay kamu.

10. Vivo iQOO 7.

hp gaming terbaru © berbagai sumber

foto: vivo.com

Dari segi penampilan, Vivo iQOO 7 terlihat sangat menarik dan lebih kalem. Namun, tak disangka Vivo IQOO 7 termasuk dalam smartphone gaming. Ponsel ini menggunakan SoC Snapdragon 888 yang mengandung GPU Adreno 660. Visual gamenya pun tidak disajikan secara cuma-cuma pasalnya layar HP ini memiliki laju penyegaran 120 Hz.

Diketahui ponsel satu ini juga punya sertifikasi audio resolusi tinggi (24-bit/192 kHz), loh. Sayangnya, kapasitas baterainya hanya 4000 mAh. Ponsel keluaran Vivo ini dijual dengan harga sekitar Rp 15 juta.

11. OPPO Find X2 Pro.

hp gaming terbaru © berbagai sumber

foto: eraspace.com

OPPO Find X2 Pro hadir dengan Snapdragon 865 dengan RAM 12GB yang ekstra lega. Layar AMOLED HDR10+ disempurnakan oleh resolusi HD+ Quality dengan refresh rate mencapai 120Hz.

Ponsel gaming terbaik dari OPPO ini dibekali kamera belakang tiga lensa yang meliputi sensor wide 48MP, sensor telefoto 13MP, dan sensor ultra-wide 48MP. Harga yang ditawarkan untuk ponsel gaming ini adalah Rp 7,5 juta.

RECOMMENDED BY EDITOR