Brilio.net - Banyak kemudahan yang bisa kita rasakan dengan perkembangan zaman saat ini. Berbagai kebutuhan bahkan saat ini banyak yang bisa diselesaikan dalam satu kali 'klik'. Mulai dari kebutuhan sehari, transportasi, hingga hiburan semua bisa kita dapatkan melalui gadget yang ada di tangan kita. Maka nggak heran kalau banyak yang bilang saat ini kita adalah 'one click generation' atau generasi satu klik.

Situasi ini sebenarnya bukan suatu hal yang buruk kok. Karena banyak keuntungan dan kemudahan yang kita dapatkan. Sebagai contoh kecil, saat ini kita bisa mendengar berbagai macam lagu dari berbagai negara dengan cara yang sangat mudah. Kalau dulu kita harus pergi ke toko kaset, namun sekarang sudah banyak platform yang menyediakannya secara legal.

Spotify, adalah salah satu jawaban yang saat ini sering digunakan banyak orang. Spotify adalah layanan musik dan video komersial yang berasal dari Swedia. Spotify menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari label rekaman dan perusahan media. Layanan streaming ini bisa dinikmati dalam layanan gratis maupun berbayar. Mungkin kamu sudah tidak asing dengan spotify untuk mendengarkan musik atau podcast. Bahkan koleksi yang disajikan selalu up-to-date dan rilis dengan cepat.

Spotify bukanlah satu-satunya aplikasi streaming musik, bahkan YouTube juga tidak mau kalah dengan persaingan ini. Meskipun baru, YouTube Music hadir di industri aplikasi streaming dengan beberapa daya tarik tersendiri. Bahkan ada beberapa keunggulan yang diberikan YouTube Music dibanding dengan pesaingnya, yang mampu memanjakan para penggunanya.

Manakah yang sudah kamu coba dan kamu sukai, YouTube Music atau Spotify? Kalau kamu masih ragu, simak ulasannya di bawah ini, perbedaan Spotify dan YouTube Music, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (28/12).

Loading...

1. Tampilan.

Perbedaan Spotify dan YouTube Music © 2019 brilio.net

foto: music.youtube.com

Jika kamu lihat tampilan Spotify dan Youtube Music, sebenarnya mereka memiliki desain yang hampir sama. Bahkan keduanya sama-sama menyuguhkan rekomendasi lagu dan beberapa folder dengan genre tertentu.

Dengan menggunakan latar belakang berwarna hitam, keduanya hanya berbeda dengan logo masing-masing. Namun ada satu hal yang cukup menonjol pada YouTube Music. Karena berasal dari YouTube, terdapat rekomendasi musik video yang dapat kita tonton pada YouTube Music.

2. Biaya langganan.

Perbedaan Spotify dan YouTube Music © 2019 brilio.net

foto: spotify.com

Untuk biaya fasilitas premium, keduanya memiliki biaya berlangganan untuk para penggunanya. Masih tidak jauh berbeda, YouTube Music dan Spotify membanderol biaya yang tidak jauh berbeda, yaitu sekitar Rp 49 ribu untuk setiap bulannya.

Tapi jangan sedih, dua aplikasi ini juga menyediakan layanan gratis kok. Jadi untuk kamu yang belum bisa berlangganan masih bisa menikmati keduanya meski ada beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan layanan premiumnya.

3. Kebebasan dalam mengakses.

Perbedaan Spotify dan YouTube Music © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Spotify dan YouTube Music memiliki peraturan bagi penggunanya dalam menikmati layanan mereka. Untuk kamu yang memilih layanan gratis Spotify, ada batasan jumlah lagu saat melewatkannya. Karena susunan lagu diputar secara acak, maka kamu masih bisa melewatkannya dengan batasan 6 kali setiap jamnya.

Berbeda dengan YouTube, aplikasi ini tidak menerapkan peraturan seperti itu, tetapi layanan YouTube Music tidak dapat memutar musik sembari melakukan aktivitas lain. Sedangkan pada Spotify, kamu masih bisa membuka aplikasi lain saat mengakses layanan Spotify, sekalipun gratis.

4. Konten.

Perbedaan Spotify dan YouTube Music © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Untuk urusan konten, Spotify dan YouTube Music memiliki kelebihannya masing-masing. Dua aplikasi streaming ini mempunyai keunggulan yang bisa dikatakan menjadi daya tarik yang cukup kuat untuk masing-masing aplikasi. Karena induknya berbasis pada video, YouTube Music menyuguhkan video musik pada koleksinya.

Spotify juga menyuguhkan video pada lagu yang sedang diputar, namun hanya berupa video pendek atau cuplikan video klip lagu tersebut. Maka untuk kamu yang suka menikmati video musik yang berdurasi panjang, mungkin kamu akan lebih menyukai YouTube Music. Tetapi jika kamu hanya ingin menikmati lagu sembari melakukan aktivitas lain, Spotify akan lebih cocok untukmu.

Di dalam spotify kamu juga dapat menemukan fitur podcast, yang tidak ditemukan pada YouTube Music. Perbedaan lain yang terdapat di dua aplikasi ini adalah Spotify menyuguhkan konten yang rilis resmi dari musisi atau label musik.

Sedangkan pada YouTube Music, koleksi yang dimiliki tidak melulu dari musisi resmi, tetapi bisa jadi dari orang yang membuat cover lagu atau pengguna lain.

5. Kualitas audio.

Perbedaan Spotify dan YouTube Music © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Sebagai aplikasi streaming musik, kualitas audio yang dihasilkan akan memberikan pengaruh yang cukup besar. Pada Spotify, mampu memutar konten hingga 320kbps AAC, sedangkan YouTube Music mampu mencapai hingga 256kbps AAC, setara dengan kualitas premium Spotify.

Dengan perbedaan yang dimiliki masing-masing aplikasi, sebenarnya kamu dapat menyesuaikan kembali pada kebutuhanmu. Bisa dikatakan, kalau kamu ingin menghemat data, kamu bisa memilih YouTube Music, namun kalau kamu mempertimbangkan kualitas audio tinggi, Spotify adalah pilihan yang tepat.

6. Fitur Mixtape.

Perbedaan Spotify dan YouTube Music © 2019 brilio.net

foto: spotify.com

Spotify dan YouTube Music, memiliki fitur yang mampu memberikan akses penggunanya menemukan berbagai musik baru termasuk dari musisi yang jarang terdengar. Hal ini dikarenakan keduanya sudah menawarkan fitur mixtape.

Spotify sudah didukung dengan tim kurator musik yang dapat membantu pengguna membuat playlist sesuai genre. Kamu juga bisa mendapatkan hal serupa pada YouTube Music.

RECOMMENDED BY EDITOR