Brilio.net - Sebelum game online marak saat ini, anak-anak era 1980-1990-an pasti nggak asing dengan konsol gim genggam, salah satu permainan yang terbilang sangat digandrungi ketika itu. Saat itu, ada beragam konsol gim yang beredar di pasaran, mulai dari yang harganya terjangkau hingga jenis yang terbilang mewah.    

Nah untuk konsol gim yang terjangkau, gamewatch atau yang biasa disebut gimbot cukup favorit di kalangan anak-anak 1990-an. Beberapa gim yang paling banyak dimainkan ketika itu di antaranya Western Bar, Tetris, Sub Marine Battle, dan Heli Battle. Sebelumnya pada era 1980-an, gimbot keluaran Nintendo yang memainkan petualangan Popeye begitu sangat digemari.

Setidaknya, pada 1980-1990-an ada cukup banyak konsol gim yang cukup popular. Berbagai konsol gim tersebut bisa dikatakan cukup canggih karena sudah mengusung teknologi terbaru ketika itu.

Nah untuk mengembalikan ingatan generasi 1980-1990-an, berikut daftar konsol gim genggam yang pernah popular pada masanya. Mana nih favorit kamu?  

1. Gamewatch/gimbot (1980-an)

6 Konsol gim genggam © 2021 brilio.net nintendolife.com

Konsol gim keluaran perusahaan asal Kyoto, Jepang, Nintendo ini terbilang sangat favorit pada masanya. Beragam gim yang disajikan dalam konsol gim ini cukup variatif mulai dari Mario Bross hingga Popeye yang cukup terkenal. Selain itu ada juga The Legend of Zelda, Animal Crossing, dan lainnya.

Sayangnya, untuk satu unit konsol gim ini hanya menyajikan satu jenis permainan saja. Jadi jika ingin memainkan beberapa gim maka harus memiliki sejumlah gimbot. Namun ketika itu ada cara lain jika ingin memainkan sejumlah gim yaitu dengan cara menyewa yang dibanderol sekitar Rp100-150 per 15 hingga 30 menit untuk sekali main.

Biasanya jasa penyewaan gimbot ini banyak ditemui di depan sekolah dasar. Uniknya setiap gimbot yang disewakan selalu diikat dengan tali agar pemain tidak bisa jauh-jauh saat memainkannya. Hayo, siapa yang masih ingat pengalaman tersebut?    

2. Atari Lynx (1989)

6 Konsol gim genggam © 2021 brilio.net wikipedia.org

Nama Atari nggak bisa diabaikan dalam urusan konsol gim. Perusahaan ini pada era 1980-an sangat dikenal sebagai produsen konsol gim rumahan. Pada 1989, perusahaan ini meluncurkan konsol gim generasi ke-4 dengan perangkat inovatif yang disebut Atari Lynx. Saat itu, perangkat genggam ini memboyong sistem 8/16-bit hybrid yang membuat Atari Lynx sebagai konsol gim pertama yang menampilkan layar LCD berwarna. Sistem ini membuatnya lebih unggul dari kompetitor saat dirilis.

Selain itu perangkat ini juga menampilkan tata letak ambidextrous, sehingga pemain kidal dapat membaliknya dan menggunakan D-Pad dengan tangan dominan mereka dan sebaliknya. Perangkat ini diluncurkan hanya dua bulan setelah Nintendo Game Boy dan hampir setahun sebelum Game Gear dan TurboExpress. Sayangnya, Atari Lynx tak mampu bersaing dengan Game Boy milik Nintendo di pasar.

Keberhasilan Nintendo Game Boy tidak dapat dipungkiri karena ini adalah salah satu konsol genggam terlaris yang pernah dibuat. Game Boy membuktikan kelayakan sistem genggam dengan dukungan kartrid.

Meski begitu Atari Lynx merupakan konsol inovatif yang menampilkan beberapa gim popular di antaranya S.T.U.N Runner, RoadBlasters, Chip's Challenge, Rampage, dan Rampart. Atari Lynx terjual sekitar tiga juta unit sebelum dihentikan pada tahun 1995.

3. SEGA Game Gear (1990)

6 Konsol gim genggam © 2021 brilio.net redd.it

Sega memasuki perang gim genggam dengan meluncurkan Sega Game Gear pada 1990. Perangkat ini mengusung sistem layar warna 8-bit dengan cahaya latar penuh. Game Gear secara teknologi lebih unggul dari Game Boy, yang menampilkan layar dot-matrix monokromatik tanpa lampu latar.

Awalnya Game Gear memiliki segalanya di atas kompetitornya, Nintendo. Namun faktanya dari sisi penjualan Game Gear masih kalah dibanding Nintendo Game Boy.

Pada akhir generasi ke-4, penjualan Game Gear mencapai sekitar 10,62 juta unit. Sementara angka Game Boy Nintendo mencapai 118 juta (termasuk Game Boy Color). Masa pakai baterai dan koleksi gim yang disematkan disebut-sebut menjadi penyebab Game Gear kalah pamor dibanding Nintendo Game Boy.

Selain itu, kesepakatan paket GameBoy dengan Tetris membuatnya unggul. Padahal Sega menyertakan lebih dari 360 game pada akhir masa produksinya, termasuk Sonic the Hedgehog, Mortal Kombat II, dan Mighty Morphin 'Power Rangers. Sementara Game Boy menyajikan lebih dari 1.040 gim. Meski begitu, Sega Game Gear memiliki penggemar tersendiri sehingga membuatnya cukup popular pada masanya.

4. Nokia N-Gage (2003)

6 Konsol gim genggam © 2021 brilio.net engadget.com

Nokia N-Gage sedikit berbeda dalam hal konsol gim. Sebab, perangkat ini tidak dibuat oleh perusahaan video gim. Perangkat ini dikembangkan Nokia, sebuah perusahaan telepon selular. Secara teknis Nokia N-Gage adalah ponsel dengan kemampuan video gim yang terbatas.

N-Gage menawarkan kemampuan memainkan banyak gim konsol genggam pada layar 2,1 inci. Tergolong inovatif sih. Saat itu pengguna bisa membawa ponsel sekaligus konsol gim dalam satu perangkat. Ketika diluncurkan, N-Gage menawarkan total 58 game di antaranya Call of Duty, Pathway to Glory, Pro Skater Tony Hawk, dan banyak lagi.

5. Nintendo Wii U (2012)

6 Konsol gim genggam © 2021 brilio.net nintendolife.com

Nintendo memiliki sejarah dalam memperkenalkan konsol gim revolusioner. Nintendo pada dasarnya menyelamatkan video gim setelah runtuh pada awal 1980-an di mana Game Boy merevolusi gim genggam. Wii membalikkan keadaan pada tahun 2006. Konsol gim Wii U menjadi konsol Nintendo terlaris sepanjang masa.

Wii U dirancang sebagai penerus Wii. Perangkat ini mengintegrasikan banyak fungsi yang sama dengan satu tambahan besar. Dimasukkannya GamePad Wii U, yang mencakup layar sentuh dan semua tombol kontrol. Tujuannya merevolusi permainan.

6. PlayStation Vita (2012)

6 Konsol gim genggam © 2021 brilio.net cnet.com

Sony cukup sukses dengan memperkenalkan konsol gim lewat PlayStation. Sony kemudian berusaha menciptakan kembali kesuksesan di pasar perangkat genggam pada tahun 2005 melalui PlayStation Portable.

Nah upaya Sony mendominasi pasar perangkat genggam datang pada 2012 melalui PlayStation Vita. PS Vita menampilkan layar sentuh kapasitif multi-sentuh OLED 5 inci, Bluetooth, Wi-Fi, dan komunikasi seluler 3G.

Di atas kertas, PS Vita adalah konsol genggam yang sempurna, tetapi pada kenyataannya, perangkat ini mengalami evolusi dalam game mobile karena kemajuan teknologi smartphone. PS Vita terlambat masuk ke pasar karena saat itu orang mulai bermain gim melalui ponsel.

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/red)