Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Gadget
Logo brilio
+
(brl/tin)

28 November 2018 19:45

6 HP Nokia lawas ini paling bikin kangen, kamu pernah punya?

Bahkan saking kangennya dengan kedigdayaan Nokia, muncul banyak meme guyonan..

6 HP Nokia lawas ini paling bikin kangen, kamu pernah punya?

View Image

foto: shutterstock.com

Brilio.net - Bicara Nokia, bikin kamu auto nostalgia kan, Sobat Brilio? Vendor handphone (HP) asal Finlandia ini sempat merajai pasar ponsel pada era 1990-an akhir hingga 2000-an. Gimana nggak? Terobosan fitur bawaan dan desainnya yang unik setiap kali keluar seri terbaru, bikin gemes ingin memiliki.

Nggak heran ketika terjadi gempuran smartphone keluaran China, Korea, maupun Amerika, Nokia yang nyaris tersungkur justru membuat banyak orang bernostalgia. Mereka mengelu-elukan kelebihan Nokia, mulai dari ketahanan baterai hingga game-game seru yang menghiasi masa lalu. Bahkan saking kangennya dengan kedigdayaan Nokia, muncul banyak meme guyonan. Salah satunya seperti berikut ini.

Nokia jadul berbagai sumber

foto: Istimewa

Nah, ternyata dari sekian banyak seri HP yang bersistem operasi Symbian tersebut, ada beberapa seri yang begitu dirindukan banyak orang. Bahkan diharapkan seri-seri ini bisa reborn alias dibuat kembali dengan versi terbaru. Mau tahu seri apa saja? Berikut informasinya sebagaimana disarikan brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (28/11).

1. N-Gage.

Nokia jadul berbagai sumber

foto: igdb.com

Seri Nokia khusus untuk gamer ini memang bikin pencinta game tergila-gila. HP mewah yang dirilis pada 2003 lalu itu menjadi eksperimen Nokia bermain di pasar console gamer portable yang lebih dulu dikuasai Nintendo dengan Game Boy-nya.

Dengan kapasitas baterai yang cukup besar, di kisaran 850 mAh hingga 1070 mAh dari Li-on, N-Gage bikin gamer puas ngegame. Meski belum memiliki kamera, N-Gage sudah dibekali jaringan internet untuk berselancar di dunia maya.

Keunikan N-Gage ini, kalau kamu memanfaatkannya untuk telepon, posisi pegang HP jadi anti mainstream banget. Hal ini disebabkan speaker dan voice receiver-nya dipindah ke bagian samping. Posisi handphone seperti mengiris.

2. Nokia Communicator.

Nokia jadul berbagai sumber

Nokia E90 Communicator/foto: shutterstock.com

Nah, kalau seri ini favorit kaum eksekutif muda pada zamannya. Bukan hanya satu jenis, seri Nokia Communicator memiliki banyak model atau edisi, yakni Nokia 9000 Communicator, Nokia 9110 Communicator, Nokia 9210 Communicator, Nokia 9210i Communicator, Nokia 9500 Communicator, Nokia 9300, Nokia 9300i, hingga Nokia E90 Communicator.

Seri ini begitu digemari kalangan pekerja kantoran dan pebisnis karena kemampuannya membantu membereskan pekerjaan. Mulai dari browsing hingga berkirim email atau fax. Nggak heran kalau seri high-end ini disebut-sebut laptop mini, terlebih memiliki desain clamshell yang bisa dibuka untuk menampilkan layar LCD dan keyboard QWERTY. Kalau pakai Nokia seri ini, jadi nggak ribet menenteng laptop ke mana-mana, ya.

3. Nokia 3650.

Nokia jadul berbagai sumber

foto: en.wikipedia.org

Seri ikonik lain adalah Nokia 3650. Bentuknya yang unik, yakni bagian atas membentuk sudut-sudut persegi, sementara bagian bawah melengkung, membuatnya jadi primadona banyak orang. Terlebih Nokia yang diperkenalkan pada 2002 lalu ini sudah dibekali kamera 0.3 MP VGA dan casingnya punya beragam warna, bikin pemiliknya merasa keren kalau mau nongkrong sama teman atau gebetan. Setuju, nggak?

Dengan Nokia 3650, kamu juga sudah bisa berkirim email dan berselancar di dunia maya. Fitur screensaver dan wallpaper-nya bikin kamu bisa mengubah image di Nokia 3650. Bahkan pasang foto pacar juga bisa, lho. Ups!

4. Nokia 6600.

Nokia jadul berbagai sumber

foto: phonesdata.com

Sejak kemunculannya pada tahun 2003, Nokia 6600 bikin banyak orang terpikat. HP 'gemuk' ini termasuk HP canggih karena sudah memiliki kamera dengan resolusi VGA, mampu merekam video, dan sudah support browser Opera lho. Dengan akses internet ini, kamu bisa download nada dering polyphonic maupun monophonic, berselancar di dunia maya, maupun berkirim email.

Nokia 6600 bisa jadi teman yang memberikan hiburan. Selain menyuguhkan fitur video player, ada MP3 player yang membuatmu bisa menikmati musik kapan pun dan di mana pun. Seri Nokia ini juga sudah memungkinkan kamu ngegame sepuasnya seperti game sport maupun racing.

5. Nokia 5800.

Nokia jadul berbagai sumber

foto: en.wikipedia.org

Seri Nokia yang dirilis pada 2008 lalu ini memberi sentuhan segar karena sudah menggunakan layar sentuh (touchscreen). Namun untuk fitur call/end dan menu masih tetap berupa tombol tersendiri di bagian bawah.

Kerennya, Nokia 5800 ini sudah dibekali selfie camera, jaringan internet 3G, hingga koneksi Wi-Fi. Jadi, bisa dikatakan Nokia 5800 menjadi pertanda transisi HP lawas ke smartphone seperti sekarang.

Selain itu, seri ini juga memiliki edisi spesifik, yakni edisi Nokia 5800 XpressMusic (2008) dan Nokia 5800 Navigation (2009). Jika edisi XpressMusic dibuat untuk player multimedia, maka pada edisi Navigation, Nokia memberikan terobosan aplikasi Drive dan Walk Navigation sehingga bermanfaat bagi pemilik saat berkendara.

6. Nokia 3310.

Nokia jadul berbagai sumber

Nokia 3310 baru (kiri), Nokia 3310 lawas (kanan)/foto: forbes.com

Seri Nokia satu ini masih jadul, layarnya monokrom, teksnya berwarna abu-abu, tebal HP hingga 22 mm, tak ada ruang penyimpanan, tak punya kamera, apalagi koneksi internet. Namun Nokia 3310 tetap menjadi andalan berkomunikasi banyak orang. Hiburan yang ditawarkan HP ini hanya game Snake saja.

Nah, tahun 2017 lalu, Nokia meluncurkan versi baru seri ini. Bodi Nokia 3310 baru lebih tipis yakni dengan ketebalan 12,88 mm, punya kamera 2MP dengan LED flash, didukung memori internal 16 MB yang bisa ditingkatkan dengan dukungan slot MicroSD hingga 32 GB, dual SIM, layarnya kaya resolusi, bisa kirim file lewat bluetooth, dan bisa digunakan mengakses internet lewat browser Opera. Hiburan yang ditawarkan juga lebih beragam. Selain ada fitur browser Opera, juga ada radio FM, MP3 player, dan video player.

Soal daya tahan baterai, Nokia 3310 lawas yang berkapasitas baterai 900mAh diupgrade menjadi 1.200mAh di Nokia 3310 versi terbaru. Dengan begitu, perkiraan waktu siaga (standby) yang semula 55-260 jam menjadi 1 bulan, dan waktu bicara (talk time) dari 4 jam 30 menit menjadi bisa sampai 22 jam. Mantul alias mantab betul, ya?!

Ada beberapa varian warna untuk Nokia 3310 terbaru, yaitu merah batu bata (warm red) dan kuning (yellow) yang lebih glossy, serta biru gelap (dark blue) dan abu-abu (grey) yang matte. Kamu bisa pilih sesuai karakter atau kesukaanmu.

Gimana nih, Sobat Brilio? Nokia seri mana yang jadi favoritmu? Apalagi sekarang sudah ada versi reborn Nokia 3310 dan 8110 serta smartphone-smartphone Nokia Android lain seperti seri Nokia 1 sampai 8, pasti bikin mupeng memiliki, ya?

Nokia jadul  berbagai sumber

Nokia 8110 lawas (kiri) dan baru (kanan)/foto: en.wikipedia.org; nokia.com

Nah buat kamu yang sudah menjadi pengguna Nokia Android atau tertarik mengenai produk ini, sekarang kamu memiliki rumah baru untuk mendapatkan berbagai informasinya di sini.

Ya, Nokia bukan hanya berinovasi dengan produknya, melainkan merangkul para pencintanya untuk sharing berbagai hal tentang Nokia. Lewat NGAGE – Nokia forum community, Nokia ingin mengajak kamu semua berkumpul dalam acara yang diselenggarakan pada 30 November hingga 2 Desember mendatang, pukul 10.00-22.00 di One eighty coffee Bandung. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis!

Jangan lewatkan acara ini, ya, karena brilio.net bakal menyapamu dalam sesi Brilio Corner. Di sesi ini, kamu bakal diajak kenalan dengan platform buat pembaca menulis, yakni Brilio Creator. Di Brilio Creator, kamu bisa nulis artikel dan tentu ada imbalannya jika artikelmu terpilih. Tanpa perlu repot pakai laptop, kamu bisa menulis artikel di Brilio Creator lewat smartphone kamu. Lumayan kan, habis meet up di NGAGE – Nokia forum community, kamu langsung nulis artikel lewat smartphone Nokia kamu. Jadi, tunggu apa lagi? Pantengin informasinya hanya di sini.

 

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu

Tags

#NOKIACOMUNITY Nokia Gadget Smartphone Sponsored Content Transformasi Handphone
Tulis Komentar
MORE