Brilio.net - Lebih dari sekadar untuk telepon atau SMS, smartphone kini jadi gadget yang serba bisa. Puluhan ribu aplikasi di marketplace seperti Playstore maupun App Store bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi di era work from home (WFH), smartphone bisa jadi alat kerja, hiburan, sampai belanja tanpa harus keluar rumah.

Sayang, tak semua orang bisa memanfaatkan smartphone dengan maksimal. Masih banyak yang tak mengerti kemampuan serba bisa dari alat canggih ini. Padahal banyak manfaat smartphone di luar fungsinya sebagai alat komunikasi loh.

Nah, berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, 6 hack pakai smartphone yang belum banyak dimanfaatkan orang, Selasa (13/4).

1. Memanfaatkan casing HP sebagai wadah menyimpan kartu identitas/uang cash.

Reno5F hack istimewa

Loading...

Foto: Shutterstock.com

Dalam paket pembelian smartphone, biasanya juga ada casing. Aksesoris ini berguna untuk melindungi perangkat dari benturan. Nah, tahukah kamu kalau ternyata casing juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain? Casing smartphone bisa kamu gunakan sebagai salah satu tempat menyimpan barang berharga loh.

Misal saja, casing transparan bisa jadi tempat penyimpanan tiket kereta api atau kartu identitas ketika bepergian. Selain praktis, kamu juga lebih mudah mengecek tempat duduk di tiket tanpa perlu merogoh saku. Selain itu, casing hp juga bisa menyimpan uang darurat yang berguna ketika tak membawa dompet.

2. Mengambil screenshot rute perjalanan ketimbang buka map yang menghabiskan baterai.

Reno5F hack istimewa

Foto: Shutterstock.com

Bepergian sekarang tak perlu takut tersesat dengan menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps. Aplikasi ini membantu merencanakan rute destinasi favoritmu dengan mudah. Sayangnya, baterai smartphone akan cepat terkuras ketika memakai aplikasi ini dalam jangka waktu yang lama.

Nah, ketimbang menghabiskan baterai, kamu bisa loh mengakalinya dengan mengambil screenshoot rute perjalanan. Foto hasil screenshoot ini bisa jadi patokan di jalan nanti. Sebelum berangkat, pastikan terlebih dahulu rute perjalananmu sudah benar ya.

3. Mencari informasi sesuatu lewat Google Lens hanya dengan sekali tap.

Reno5F hack istimewa

Foto: Shutterstock.com

Teknologi smartphone memang selalu berkembang setiap hari. Kini kamu dimanjakan dengan aplikasi pintar yang bisa memberikan berbagai informasi dalam sekali tap seperti Google Lens. Aplikasi ini bisa mengenali objek dengan mengarahkan lensa kamera ke objek yang diinginkan. Berkat teknologi ini, kamu bisa mengidentifikasi teks, poster film, bangunan terkenal, dan masih banyak lainnya.

4. Memanfaatkan kontrol suhu pintar.

Reno5F hack istimewa

Foto: Oppo Indonesia

Panas adalah musuh nomor satu smartphone. Jika overheat, performa smartphone akan turun drastis. Sekadar digunakan untuk bermain media sosial saja bisa sangat lemot. Komponen sensitif di dalam smartphone juga rentan rusak jika panas tak bisa dikontrol.

Manfaatkan fitur pendingin yang ada di smartphone untuk mengatasi masalah ini. Oppo Reno5 F dengan fitur Multi-Cooling System memiliki kapasitas pembuangan panas 21,9% lebih efisien. Disipasi panas saat menelusuri aplikasi video telah ditingkatkan sebesar 55,3% dan efek pembuangan panas aplikasi kamera meningkat sebesar 11,4%.

Oppo Reno5 F juga memiliki kontrol suhu pintar yang bisa membaca dan menganalisis data dari sensor suhu. Berkat teknologi ini, Oppo Reno5 F bisa menyesuaikan frekuensi CPU dan pengisian daya berdasarkan perkiraan suhu agar dapat mengontrol panas dengan lebih akurat dan efisien.

5. Smartphone holder dari paper clip.

Reno5F hack istimewa

Foto: Shutterstock.com

Menonton film memakai smartphone dalam waktu yang lama bisa membuat tangan pegal-pegal. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan phone holder. Nah, bagaimana jika tak ada aksesoris tersebut?

Tak perlu mengeluarkan budget besar, kamu bisa membuatnya sendiri cukup dari paper clip. Caranya gunakan 2 paper clip yang berukuran sama. Tekuk ujung masing-masing paper clip hingga 90 derajat. Lalu, tekuk bagian melingkar paper clip ke belakang sekitar 45 derajat. Phone holder dari paperclip sudah siap kamu gunakan.

Desain smartphone yang nyaman di genggaman ternyata sangat penting seperti situasi di atas. Oppo Reno5 F dengan berat hanya 172 gram dan ketebalan 7,8 mm membuatnya nyaman tangan. Layar Single hole-punch AMOLED dengan ukuran 6,4 inchi juga mempunyai fitur All-day AI Eye Comfort agar mata tak gampang lelah saat marathon film.

6. Properti OOTD.

Reno5F hack istimewa

Foto: Oppo Indonesia

Buat kamu yang hobi OOTD, tentu menginginkan hasil foto yang unik dan maksimal. Demi menunjang hal itu, kamu perlu properti yang pas. Yaps, manfaatkan saja ponselmu untuk dijadikan ‘teman’ supaya OOTD-mu makin ciamik. Tentunya dengan smartphone yang bisa menunjang hasil foto sederhanamu jadi luar biasa.

Oppo Reno5F dengan desainnya bertajuk Flowing Light Design menonjolkan sudut lengkung 3D yang memberikan kesan mewah dan elegan. Oppo Reno5 F juga dapat menunjukkan berbagai warna lain bergantung dari sudut penglihatan dan arah datangnya cahaya. Smartphone in hadir dengan pilihan dua warna, fluid black dan fantastic purpe yang cocok banget sebagai properti OOTD kamu.

Smartphone canggih ini bisa didapatkan mulai 2 April 2021 di e-commerce dan store resmi Oppo terdekat. Banyak sekali promo penjualan Reno5F menarik seperti paket Freedom Bundling 84GB selama 12 bulan dari Indosat. Ada juga program tukar tambah dengan cashback hingga Rp 500 ribu, berbagai kemudahan pembiayaan seperti gratis biaya admin dari Spektra dan AEON, serta bunga 0% dari Home Credit dan Kreditplus. Untuk informasi lebih lengkap tentang Oppo Reno5 F, klik di sini.