Brilio.net - Di era modern saat ini, kecanggihan teknologi bukan isapan jempol belaka. Pesatnya perkembangan itu patut disyukuri. Di mana beberapa pekerjaan yang dulunya sulit, kini berubah jadi lebih mudah. Sadar atau tidak, semua itu berkat dan tak bisa lepas dari peran penting teknologi. Kemunculan gadget atau ponsel pintar, membuat orang juga semakin pintar.

Di dalamnya terdapat beragam aplikasi untuk menunjang kebutuhan dan keperluan harian. Seolah nggak bisa lepas dari yang namanya gadget, setiap hari kamu selalu membawa gadget ke mana saja. Mulai dari bangun tidur hingga kembali ke kasur lagi tangan tidak bisa berhenti bermain. Kemajuan smartphone itu pula yang membuat beragam media aplikasi bermunculan.

Salah satunya tak lain adalah Instagram. Sejak kemunculannya, Instagram menjadi platform paling populer di semua kalangan. Mau muda atau tua, di berbagai negara belahan dunia asyik berselancar dengan Instagram. Media yang satu ini jadi bahkan mengalahkan Facebook (FB), Twitter, dan lainnya. Karena banyak sekali hal yang bisa kamu dapatkan dari Instagram.

Bagi para pengguna IG, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya Instagram Story. Selain dari feed, kamu bisa mengunggah foto maupun video di Story tersebut. Berbicara mengenai Instagram sudah cukup terkenal di kancah dunia, tapi ternyata masih ada beberapa fitur tersembunyi yang nggak banyak orang tahu. Beragam fitur itu ada pada Instagram, khususnya di bagian Storynya. Pasalnya fitur-fitur itu nggak bisa dilihat dengan mata telanjang, jadi harus membutuhkan gerakan spesifik atau ketelitian supaya memungkinkan untuk menggunakannya.

Penasaran bukan fitur tersembunyi apa saja yang terdapat di Instagram Story? Langsung saja simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (14/1). Fitur tersembunyi ini bisa membuat Story makin keren lho.

Loading...

1. Lihat berapa kali postinganmu dibagikan.

fitur IG Story sembunyikan pixabay.com

foto: later.com

Instagram punya data tentang kinerja pos akunmu. Seperti jumlah tayangan, penyimpanan, pengikut, dan banyak lagi. Di antara semua data mungkin ada satu yang sering kamu lewatkan, yaitu pembagian cerita. Padahal teknik ini sangat berguna, apalagi buat kamu yang sedang meluncurkan atau promosi produk. Kamu tidak akan menemukan ini di 'Wawasan Instagram'. Untuk bisa mengetahui seberapa banyak orang yang telah membagikan postinganmu, pertama-tama kamu harus mengetuk elipsis di sudut kanan atas pos. Tarik laman ke atas hingga menu tulisan atau opsi "Lihat Pembagian Ulang Cerita" muncul. Klik menu tersebut. Kamu bahkan bisa melihat postingan orang lain di mana dia pembagikan ulang storymu.

2. Membuat tulisan berubah jadi warna pelangi.

fitur IG Story sembunyikan pixabay.com

foto: pixabay.com

Nggak hanya bentuk tulisan saja yang bisa diubah, melainkan warnanya juga bisa berubah bak pelangi. Caranya mendapatkan fitur ini mudah, kamu hanya perlu menuliskan kata-kata seperti biasanya pada Instagram Story. Lalu pilih 'select All'. Selanjutnya aktifkan bar warna, lalu tekan dan geser jari sesuai tulisan dan bar warna secara bersamaan. Secara otomatis tulisan yang diunggah akan berubah warna menjadi pelangi yang beragam. Indah, penuh seni, nggak monoton, dan kekinian.

3. Menyembunyikan Instagram Story.

fitur IG Story sembunyikan pixabay.com

foto: pixabay.com

Buat kamu yang ingin mengunggah Instagram Story tapi nggak mau ketahuan sama orang. Bisa lho menyembunyikan unggahanmu itu dari mereka. Sayangnya nggak banyak orang tahu akan fitur ini, padahal mudah dan praktis. Kamu hanya cukup menekan menu setting di bagian kiri atas. Lalu pilih menu 'hide story from' (sembunyikan dari). Nggak perlu nunggu lama, langsung pilih akun atau siapa saja yang nggak bisa melihat unggahanmu.

4. Pakai wajah untuk stiker.

fitur IG Story sembunyikan pixabay.com

foto: pixabay.com

Instagram Story bisa menampilkan stiker wajah kamu. Fitur ini sudah lumayan lama hadir, namun masih ada juga pengguna yang belum tahu cara pakainya. Cara pakainya, pertama buka aplikasi Instagram lalu masuk ke Instagram Story. Ambil foto atau video melalui kamera Instagram Story. Kemudian pilih menu stiker (seperti saat kamu hendak menambah stiker ke Instagram Story). Kamu akan melihat menu tool stiker berupa kamera. Buka kamera itu untuk melakukan selfie dengan beragam pilihan frame. Kalau sudah, tempelkan di foto atau video yang sudah kamu rekam tadi.

5. Menambahkan musik ke Instagram Story.

fitur IG Story sembunyikan pixabay.com

foto: pixabay.com

Instagram Story belum menghadirkan opsi memasukkan latar musik. Namun nggak perlu cemas, karena ada fitur rahasia yang bisa kamu lakukan. Caranya mudah, buka musik melalui aplikasi pemutar musik di smartphone kamu, biarkan lagu tetap menyala. Kemudian, kamu bisa membuka Instagram Story dan mulai merekam video yang ingin ditampilkan di Story. Setelah selesai, secara otomatis video yang kamu rekam pun akan terdengar latar musik yang juga kamu rekam.

6. Membuat latar warna Story jadi polos.

fitur IG Story sembunyikan pixabay.com

foto: later.com

Ada cara unik nan menarik yang belum banyak orang tahu. Salah satunya adalah membuat background atau latar Story jadi polos. Di mana kamu yang ingin membuat IG Story hanya tulisan, tanpa ada fotonya. Caranya mudah, buka menu Story, foto sembarang benda, pilih tombol pensil dan warna yang kamu inginkan. Lalu tekan dan tahan layar beberapa detik sampai layar berubah warna. Cara mudah lainnya, gunakan fitur 'type' yang memungkin kamu untuk membuat story kata-kata dengan latar gradasi warna.

RECOMMENDED BY EDITOR