Brilio.net - Hampir setiap orang yang memiliki ponsel pintar pasti akan mengaktifkan password atau pola keamanan. Selain guna menjaga keamanan data pribadi itu sendiri, hal tersebut dilakukan guna menghindarkan smartphone dari tangan jahil orang lain.

Permasalahannya, sebagian pengguna terkadang mengaku lupa dengan password atau pola keamanan yang dibuatnya sendiri. Alhasil, ia pun tak bisa mengakses ponselnya.

Tetapi, tenang. Kalau kamu pernah atau malah mungkin sedang lupa dengan kata sandi yang kamu susun, jangan panik. Sebab sebenarnya banyak cara mudah untuk mengaksesnya kembali meskipun kamu lupa dengan passwordmu. Hmmm, gimana tuh, caranya?

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (1/10), berikut 6 alternatif cara membuka smartphone Android yang terkunci karena lupa password.

1. Android Device Manager.

Loading...

buka smartphone Android © 2019 brilio.net

foto: wonderhowto.com

Android Device Manager adalah layanan kontrol keamanan di mana penggunanya bisa mengontrol smartphone-nya dari jarak jauh. Lebih dari itu, ia juga bisa diandalkan ketika kamu lupa password.

Caranya pun mudah. Kamu hanya harus log-in dengan akun Google yang sama dengan yang dipakai di smartphone melalui PC/laptop atau smarphone lainnya.

Di sana akan ada tiga pilihan, yakni 'ring', 'lock', dan 'erase'. Kemudian, pilihlah opsi 'lock'. Lalu, masukkan sandi baru yang akan menggantikan pola keamanan, PIN, atau password yang kamu lupakan.

2. Google Assistant.

buka smartphone Android © 2019 brilio.net

foto: pcworld.com

Selain menggunakan Android Device Manager, kamu bisa menggunakan Google Assistant untuk membuka kunci. Cukup ucapkan "Ok Google" dan otomatis kunci smartphone akan terbuka. Akan tetapi, pastikan dahulu jika fitur 'Unlock with voice' pada Google Assistant-mu telah aktif.

3. Samsung Find My Mobile.

buka smartphone Android © 2019 brilio.net

foto: wonderhowto.com

Jika kamu adalah pengguna Samsung, maka kamu tinggal mengakses findmymobile.samsung.com dan masuk menggunakan ID beserta kata sandi. Selanjutnya, kamu tinggal klik 'unlock' dan jangan lupa untuk konfirmasi kata sandi akunmu agar kunci bisa terbuka.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu sudah pernah registrasi akun Samsung. Jika tidak, cara ini tak dapat digunakan.

4. Forgot Pattern.

buka smartphone Android © 2019 brilio.net

foto: wonderhowto.com

Fitur 'Forgot Pattern' ini bisa digunakan jika OS Android kamu adalah Android 4.4 ke bawah. Saat kamu salah memasukkan pola keamanan sebanyak 5 kali, kamu bisa melihat sebuah pesan berisi "Coba lagi dalam 30 detik".

Jika melihat pesan ini muncul, tap pada opsi 'Forgot Pattern' yang ada di bagian bawah layar. Setelah kamu mengisi detail akun Google-mu, maka Google pun akan mengirimkan email berisi pola keamanan yang kamu pakai pada smartphone tersebut.

5. Buat lock screen mengalami crash.

buka smartphone Android © 2019 brilio.net

foto: wonderhowto.com

Selain dengan tiga cara sebelumnya, kamu juga bisa membuka lock screen smartphone dengan membuat lock screen crash. Metode ini memanfaatkan bug pada smartphone.

Pertama, tekan opsi 'Emergency Call' pada layar. Lalu, gunakan antarmuka dialer untuk memasukkan tanda bintang hingga 10 kali. Kemudian, kamu bisa mengetuk dua kali untuk menyorot teks yang kamu masukkan dan pilih copy.

Ulangi lagi lalu paste, sehingga tanda bintang pun menjadi dua kali lipat. Ulangi terus hal ini hingga batas karakter habis. Selanjutnya, kamu bisa kembali ke layar kunci dan membuka shortcut kamera. Dari sini, tarik notifikasi dan tekan ikon Setting. Lalu, kamu akan diminta memasukkan password.

Tekan lama di kolom input dan pilih paste. Terus ulangi proses ini sebanyak beberapa kali, sehingga kunci layar akan mengalami crash dan memungkinkan pengguna mengakses seluruh antarmuka smartphone.

Akan tetapi, harus diketahui dahulu sebelumnya kalau cara ini hanya bisa digunakan di smartphone Android 5.0 dan 5.1.1.

6. Lakukan factory reset.

buka smartphone Android © 2019 brilio.net

foto: androidpit.com

Jika cara-cara sebelumnya gagal, ada satu cara pamungkas untuk membuka kunci smartphone, yakni melakukan Factory Reset. Tetapi, harus diketahui dulu bahwa cara ini bakal membuat seluruh data yang tersimpan di smartphone Android bakal hilang tak berbekas.

Caranya, kamu cukup masuk ke Recovery Mode pada ponselmu dengan mematikan smartphone lalu menyalakannya. Ketika layar hitam telah menghilang, tekan tombol power dan tahan volume bawah secara bersamaan. Selanjutnya, kamu pun akan memasuki Recovery Mode.

Setelahnya, kamu dapat memilih opsi 'Wipe Data/Factory Reset'. Lalu, tekan tombol daya. Saat proses selesai, pilih opsi 'Reboot System Now'. Smartphone pun akan kembali dalam keadaan baru, seperti pengaturan pabrik.

RECOMMENDED BY EDITOR