Brilio.net - Bermain game online di smartphone memang seru. Bagi sebagian orang, portabilitas smartphone membuat bermain game jadi nyaman. Tapi hal tersebut tak menjadikan smartphone sebagai satu-satunya perangkat yang sempurna untuk bermain game.

Dengan kontrol sentuh, layar dan spesifikasi terbatas, bagi sebagian orang smartphone terkadang kurang nyaman untuk bermain game. Apalagi jika smartphone yang digunakan memiliki spesifikasi yang kurang mumpuni.

Tapi nggak usah khawatir, ada banyak cara agar kamu bisa meningkatkan pengalaman bermain game selular. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar saat bermain game jadi lebih nyaman dengan menggunakan smartphone.

1. Gunakan pengontrol

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

6 Cara nyaman main game selular © 2021 brilio.netgadgethacks.com 

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan pengalaman bermain game seluler adalah dengan menggunakan pengontrol (gamepad). Kamu bisa menggunakan versi analog ataupun yang wireless dengan sambungan Bluetooth. Dengan menggunakan pengontorl kamu dapat menikmati game dengan presisi dan akurasi pengontrol.

2. Mainkan di layar besar

6 Cara nyaman main game selular © 2021 brilio.net

Saat ini hampir semua smartphone menyematkan layar berukuran besar seperti Oppo A95. Perangkat ini memiliki dimensi 7,95 mm dan berat hanya 175 gram dengan layar 6,43 inci. Selain itu rasio layar-ke-perangkat sebesar 90,8% dan resolusi tinggi 2400 x 1080 piksel. Layar ini juga sudah dilengkapi All-day AI Eye Care, serangkaian fitur yang terdiri dari AI Smart Backlight dan DC Dimming yang membantu memastikan pengalaman visual yang lebih nyaman sepanjang hari dan dapat menjaga kesehatan mata, termasuk saat bermain game.

3. Menggunakan headphone nirkabel

6 Cara nyaman main game selular © 2021 brilio.net

Saat bermain game, suara sama pentingnya dengan visual. Nggak seru jika bermain game tanpa suara, terlebih untuk permainan battle royale. Nah saat ini banyak game yang memiliki soundtrack menarik. Karena itu audio menjadi salah satu komponen penting.

Biar makin seru saat bermain game dan tak mengganggu orang di sekitar, ada baiknya kamu menggunakan headphone nirkabel yang memiliki kualitas audio yang mumpuni. Keuntungan menggunakan headphone nirkabel, kamu nggak bakal ribet dibanding menggunakan headphone kabel. Selain itu, saat ini banyak headphone nirkabel yang dilengkapi mikrofon internal sehingga kamu bisa berkoordinasi dengan rekan satu tim saat bermain game.

4. Gak harus pakai smartphone gaming

6 Cara nyaman main game selular © 2021 brilio.net

Ada yang beranggapan agar nyaman bermain game online, sebaiknya gunakan smartphone gaming. Sebab, smartphone jenis ini biasanya memiliki fitur khusus yang dirancang untuk meningkatkan permainan. Namun anggapan itu tak sepenuhnya benar. 

Karena smartphone biasa juga cukup nyaman untuk bermain game seperti Oppo A95. Maklum, pada Oppo A95 sudah dibenamkan sejumlah fitur khusus yang dapat membantu kamu nyaman saat bermain game selular.

Sebut saja teknologi Hyper Boost yang mampu memastikan pengalaman bermain game lebih stabil dengan konsumsi daya yang lebih sedikit dan kontrol suhu yang lebih baik. Selain itu, ada juga fitur Game Space, Game Assistant, Game Focus Mode, dan Bullet Notifications yang dapat berkontribusi untuk menciptakan pengalaman bermain game yang imersif dan bebas gangguan.

5. Pastikan jaringan internet bagus

6 Cara nyaman main game selular © 2021 brilio.net

Bermain game online, selain perangkat smartphone yang digunakan, kemampuan koneksi internet juga sangat penting. Koneksi yang terganggu bisa menyebabkan game nge-lag atau malah nggak bisa tersambung ke server game yang kamu mainkan.

Saat ini di Indonesia koneksi 5G mulai digunakan di sejumlah wilayah. Sangat baik jika kamu bisa mendapatkan jaringan 5G agar permainan lancar. Namun untuk wilayah yang belum terjangkau 5G, nggak masalah dengan memanfaatkan koneksi 4G LTE. Terpenting koneksinya lancar dan baik.

6. Daya tahan baterai harus mumpuni

6 Cara nyaman main game selular © 2021 brilio.net

Bukan rahasia lagi jika game selular menghabiskan banyak konsumsi daya baterai. Apalagi jika kamu main berjam-jam. Saat bermain game, konsumsi daya sangat dibutuhkan untuk penggunaan koneksi data yang konstan, penggunaan RAM, GPU, dan CPU yang berat. Karena itu baterai ponsel sering terkuras dalam waktu singkat.

Dibutuhkan smartphone dengan kapasitas baterai besar seperti Oppo A95. Bayangkan saja, Oppo A95 yang sejatinya smartphone kelas menengah tapi memboyong kapasitas baterai 5000 mAh dengan pengisian daya cepat 33W Flash Charge. Fitur ini membuat Oppo A95 dapat mengisi penuh daya dalam waktu 72 menit. Sementara itu, hanya dengan pengisian daya 5 menit, pengguna dapat menikmati 1,8 jam menonton video YouTube dan 5,7 jam panggilan suara.

Oppo A95 juga memboyong serangkaian fitur perlindungan pengisian daya sehingga lebih aman dan nyaman. Fitur Battery Guard dapat membantu melindungi pengisian daya semalaman secara cerdas yang disesuaikan dengan kebiasaan penggunanya. 

Selain itu, Oppo A95 juga memiliki fitur Charging Heat Control yang berfungsi  memantau pembuangan panas dan mengontrol suhu perangkat saat mengisi daya untuk mengurangi masalah yang timbul terkait keamanan pengisian daya. Di samping itu ada juga fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby yang akan memaksimalkan masa pakai baterai pada saat yang paling dibutuhkan, termasuk ketika kamu bermain game.

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR