Brilio.net - Pola hidup sehat akan membantu kamu lebih energik dan terhindar dari penyakit. Beragam cara bisa dilakukan, seperti mengatur pola makan, istirahat yang cukup dan teratur serta rajin berolahraga.

Membiasakan diri untuk hidup dengan pola sehat memang tidaklah mudah, dibutuhkan konsisten serta keinginan kuat di dalam diri. Seperti mengatur jadwal olahraga, hingga menghindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Hal itu dilakukan agar tubuh tetap terjaga dan terhindar dari penyakit. Pola hidup sehat ini tentunya bukan tanpa hambatan, beberapa aktivitas harian yang cukup padat, kesibukan di kantor hingga bekerja larut malam membuat tubuh mudah lelah dan capai sehingga melupakan pola hidup sehat.

Namun di tengah kecanggihan teknologi, pola hidup sehat kini bisa didukung dengan aplikasi smartphone kamu. Aplikasi tersebut dapat membantu kamu mengatur pola hidup sehat dengan mudah. Beberapa aplikasi gratis yang ditawarkan memiliki banyak kelebihan, seperti fitur memantau hasil olahraga, hingga menentukan menu makanan sehat.

Berikut 6 aplikasi di smartphone yang bisa bantu menunjang pola hidup sehat yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (31/1/).

1. Sleep Cycle Alarm Clock

Salah satu pola hidup sehat yaitu dengan mengatur jam tidur yang cukup. Kebiasaan tidur yang buruk dapat memengaruhi kesehatanmu juga. Nah, aplikasi hidup sehat ini berguna untuk menganalisa pola tidur untuk memastikanmu bangun di waktu di mana kamu sudah tidur dengan optimal.  

2. Lumosity

Dalam aplikasi ini, pengguna dapat menggunakan fitur yang dirancang untuk membantu orang meningkatkan memori, perhatian, dan keterampilan kognitif. Ada permainan dan latihan otak setiap hari untuk menantang dan meningkatkan kemampuan kognitif kamu.

3. Panduan Pengobatan Drugs.com

Aplikasi hidup sehat satu ini menjelaskan tentang panduan pengobatan yang bisa membantumu mengidentifikasi kandungan dan manfaat suatu jenis obat. Kamu dapat belajar tentang efek samping dan interaksi yang berpotensi membahayakan, sekaligus  melacak dosis yang tepat untuk kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan spesifik tentang obat yang kamu ingin minum. Hal ini dilakukan demi memastikan kamu mengonsumsi obat dengan aman dan dengan cara yang paling mungkin memberi manfaat  kesehatan.

4. Aplikasi Google Fit

Aplikasi ini bermanfaat untuk memandu kamu mendapatkan instruktur kesehatan pribadi yang akan memantau hasil olahraga dan memacu kamu untuk menyelesaikan latihan fisik.

Kamu dapat menghubungkan aplikasi ini dengan perangkat Android Wear yang kamu punya, sehingga memudahkan untuk mengetahui pencapaian yang kamu dapati hari ini dengan lebih mudah dan cermat.

5. Symple

Aplikasi Symple adalah cara yang bagus untuk melacak gejala dan mengidentifikasi masalah kesehatan sejak dini. Aplikasi ini memungkinkan untuk melacak 10 gejala penyakit pada suatu waktu, mencatat obat yang kamu konsumsi, dan menyimpan pola latihan kamu.

6. Calorie Counter - MyFitness Pal

Aplikasi ini sederhana dan mudah digunakan, Calorie Counter bisa membantu kamu menemukan daftar menu makanan beserta keterangan kalori yang cukup lengkap, sehingga pengguna bisa mengetahui total kalori dalam asupan makanan sehari-hari.

Aplikasi hidup sehat ini juga memiliki sekitar 350 gerakan fitnes untuk mempercepat proses penurunan berat badan yang patut dicoba. Pengguna juga bisa menyusun target berat badan ideal yang diinginkan melalui aplikasi ini.