Brilio.net - Mobil zaman dulu hanya digunakan untuk bepergian dari tempat A ke B saja. Jarang ada fitur modern seperti pemutar musik, navigasi, dan aneka macam lainnya. Urusan entertainment dan fitur modern memang seringkali dikesampingkan oleh para pemilik kendaraan jenis roda empat tersebut.

Kini dengan semakin canggihnya teknologi, mobil modern menawarkan berbagai macam fasilitas kian mumpuni. Mulai dari tersedianya dashboard digital yang menampilkan aplikasi di ponsel, infotainment, kamera 360 derajat, entri tanpa kunci, dan banyak lagi.

Sayangnya, harga mobil modern sering jauh dari kantong anak muda. Alhasil, mobil jadul kini sering dilirik sebagai alternatifnya. Walaupun tak memiliki aneka fitur modern, sebenarnya bisa diakalin agar senyaman mobil modern.

Berbekal smartphone, mengubah mobil jadul jadi bak modern semakin mudah. Nah, seperti apa sih rahasia dan triknya? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (19/5), yuk simak bersama.

1. Ubah smartphone jadi dashcam.

Trik ubah mobil jadul jadi pintar © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Dashcam sangat berguna di perjalanan. Gadget satu ini mampu merekam apa saja yang terjadi di jalan termasuk saat ada kecelakaan. Mobil modern sudah dilengkapi dengan fitur ini. Nah, berbekal smartphone, kamu bisa memasang dashcam di mobil jadulmu, loh.

Selain smartphone, kamu hanya butuh kabel pengisi daya yang bisa menjangkau sumber listrik 12V di mobil. Perhitungkan juga posisi smartphone di kaca depan agar tak gampang terguncang dan jatuh saat mobil berjalan. 

Lalu, kamu bisa mendownload aplikasi dashcam di Play Store favoritmu. Sambungkan smartphone dengan kabel pengisi daya. Voila, kamu sudah mempunyai dashcam di mobil jadulmu dengan mudah. 

2. Kunci mobil yang tersambung ke smartphone.

Trik ubah mobil jadul jadi pintar © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Mobil modern umumnya mempunyai sistem pelacak kunci mobil berbasiskan GPS atau bluetooth. Nah, kamu bisa menirunya dengan smartphonemu. Caranya gampang. Kamu hanya membutuhkan tracker kecil yang bisa disematkan di kunci mobil. Lalu sambungkan tracker ini ke smartphonemu.

Saat kehilangan kunci, kamu hanya perlu mengaktifkan tracker tersebut lewat smartphone. Tergantung merek trackernya, kamu bisa membuat kunci mobil jadi berdering atau menampilkan posisi kunci di layar menggunakan GPS. 

3. OPPO Smart Drive.

Trik ubah mobil jadul jadi pintar © berbagai sumber

foto: OPPO Indonesia

Bagi kamu pengguna smartphone OPPO A55, juga dapat memanfaatkan fitur OPPO Smart Drive, loh. Fitur ini sangat membantu pengendara dengan teknologi canggih.

Smartphone ini bisa menerima dan menolak telepon via suara. Notifikasi tidak penting juga bisa difilter sehingga tidak menganggu konsentrasi. Bahkan dengan adanya fitur Smart Drive dari OPPO A55 ini juga dapat otomatis terhubung dengan speaker saat menjawab telepon yang masuk. 

Untuk menerapkan fitur smart drive di OPPO A55 ini pun nggak ribet. Kamu cukup membuka pengaturan lalu pilih Smart & Convenient, lanjut pilih Smart Driving, kemudian tekan Turn On Smart Driving.

Trik ubah mobil jadul jadi pintar © berbagai sumber

foto: OPPO Indonesia

Ponsel ini hadir dengan baterai 5.000mAh yang sudah dilengkapi 18 Watt Fast Charge. Dengan ini, perangkat dapat mengisi ulang hingga 33 persen dalam waktu 30 menit. Smartphone ini dibekali prosesor MediaTek Helio G35 yang dipadukan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB.

Hadir dalam dua pilihan warna Rainbow Blue dan Starry Black, Oppo A55 dibanderol dengan harga Rp2,6 juta. Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa klik di sini.

4. Smartphone jadi head-up display.

Trik ubah mobil jadul jadi pintar © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Speedometer dashboard yang ada di mobil kini kian canggih. Head up display menjadi salah satu penemuan terbaru yang terdapat di dashboard yang memungkinkan pengguna mudah menavigasi tanpa memperhatikan jalan.

Bagi pengguna mobil jadul dapat memanfaatkan smartphone menjadi head up display tanpa menghabiskan banyak uang. Pertama, download aplikasi head-up display di Play Store. Atur dan pastikan aneka fitur di dalamnya berfungsi dengan baik sebelum dipasang di mobil. Banyak sekali pilihan aplikasinya seperti Navier HUD 3, HUDWAY Pergi, dan Navigasi Head-Up Nav HUD.

Nah, kemudian posisikan layar smartphone menghadap ke kaca depan pengemudi. Layar smartphone akan memantul ke kaca sehingga menimbulkan kesan seperti head-up display. Atur juga kecerahan layar smartphone sehingga tetap terlihat jelas di siang ataupun malam hari. 

5. Cara cepat telepon bantuan saat kecelakaan.

Trik ubah mobil jadul jadi pintar © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Risiko kecelakaan sangat tinggi saat berkendara. Sehati-hatinya pengendara, risiko ini akan tetap ada. Mobil modern punya cara cepat untuk menghubungi pihak berwajib saat terjadi kecelakaan. Nah, kamu bisa mengatur smartphonemu agar melakukan fungsi serupa. 

Di Indonesia sendiri, nomor darurat yang bisa dihubungi ketika terjadi kecelakaan adalah 112. Nomor ini sangat berguna ketika terjadi kecelakaan atau kondisi darurat. Petugas akan langsung memberi bantuan saat kamu menelepon 112.

Kamu bisa mengatur smartphone untuk langsung menelepon nomor ini menggunakan aplikasi di Play Store. Beberapa merek smartphone bahkan mempunyai fitur ini langsung dari pabrikan. Dengan adanya fitur ini, berkendara di mobil jadul akan semakin aman laiknya mobil modern.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lak)