Brilio.net - Saat ini tren menggunakan kamera analog kembali muncul. Tidak sedikit komunitas anak muda yang memanfaatkan kamera analog berbasis film untuk merekam berbagai momen. Selain kamera berbasis film, penggunaan kamera analog instan, istilah untuk menyebut foto langsung jadi, juga kian marak. 

Banyak alasan mengapa mereka suka menggunakan kamera instan. Ada yang beranggapan kamera ini cocok untuk pemula karena nggak banyak tombol layaknya DSLR. Selain itu cara penggunaannya juga mudah. Tinggal jepret, tak sampai 5 menit, hasil foto dalam bentuk cetakan sudah jadi.          

Yang ini nggak kalah penting. Kamera ini dinilai cukup ekslusif karena hasil foto berbentuk retro vintage punya kesan unik tersendiri. Saat ini, bentuk kamera instan juga didesain secara unik dengan tampilan warna yang kekinian seperti glow in the dark. Ditambah dengan balutan (cover) tas kulit, tampilannya lebih elegan. Refil film juga kini banyak tersedia di pasaran. Satu lagi, kamera ini sangat cocok untuk aktivitas outdoor.

Nah buat Sobat Brilio yang ingin menggali kreativitas dengan menggunakan kamera langsung jadi, ada baiknya memilih kamera yang punya kemampuan mumpuni untuk merekam aktivitas kamu selama berada di rumah selama masa pandemi. Jika situasi sudah aman, kamera instan juga bisa menjadi gear yang bisa kamu bawa saat traveling. Berikut tips memilih kamera langsung jadi.  

1. Pilih yang ringan

Loading...

Tips memilih kamera instan © 2020 brilio.net(dailyhindnews.com)

Kamera dengan bodi yang ringan akan membantu kamu bebas beraktivitas tanpa harus dibebani bobot kamera yang bikin pegel. Apalagi buat kamu yang suka traveling, kamera yang ringan pastinya sangat memudahkan saat mengeksplorasi tempat-tempat eksotis saat traveling.  

2. Desain unik

Tips memilih kamera instan © 2020 brilio.net(instax.com)

Selain fitur yang ditawarkan, desain kamera juga memiliki daya tarik tersendiri seperti Fujifilm Instax Square SQ1 yang baru saja dirilis. Jajaran teranyar produk kamera instax berbentuk persegi ini hadir dalam tiga warna cerah yang cocok menggambarkan persona anak muda masa kini yaitu warna Terracotta Orange, Glacier Blue, dan Chalk White.

“Kami yakin bahwa instax Square SQ1 sangat cocok dengan basis pengguna kami di Indonesia yang kreatif dan ekspresif,” ujar Noriyuki Kawakubo, Presiden Direktur PT Fujifilm Indonesia.

3. Memiliki fitur pencahayaan otomatis

Tips memilih kamera instan © 2020 brilio.net(instax.com)

Meski berupa kamera analog, saat ini ada beberapa kamera instan yang memiliki fungsi yang secara otomatis mendeteksi tingkat cahaya di sekitar kamera, saat tombol rana (shutter) ditekan. Fitur ini akan mengoptimalkan kecepatan rana dan lampu kilat (blitz) sesuai dengan kondisi cahaya lingkungan sekitar.

4. Punya mode swafoto sekali sentuh

Tips memilih kamera instan © 2020 brilio.net(instax.com)

Saat ini bukan hanya smartphone yang memiliki fitur swafoto. Kamera instan juga sudah ada yang membenamkan fitur ini. Seperti Instax Square SQ1 yang hadir dengan cermin swafoto di bodi kamera. Perangkat ini juga memiliki fitur one-touch selfie yang dirancang khusus untuk swafoto dan model foto close-up, mengatur fokus dan eksposur terbaik hanya dengan mengubah posisi lensa saat diaktifkan.

5. Pilihan kertas film yang bervariatif

Tips memilih kamera instan © 2020 brilio.net(instax.com)

Namanya juga kamera instan, pasti membutuhkan kertas film. Nah sebaiknya kamu memilih kamera yang menawarkan kertas film cukup bervariatif, baik color maupun monochrome seperti instax film Square rainbow dan monochrome.

Kedua kertas film ini dirancang untuk memungkinkan para pengguna menambahkan lebih banyak ekspresi serta kreativitas pada gambar persegi mereka. Harga kedua film instax Square ini cukup terjangkau, yakni Rp160 ribu untuk yang jenis rainbow dan Rp180 ribu untuk monochrome. 

Nih tutorial penggunaannya

RECOMMENDED BY EDITOR