Brilio.net - Sudah lebih dari 6 bulan sejak pertama kali terdeteksi di Indonesia, pandemi Covid-19 mengubah aktivitas harian masyarakat. Mulai dari kegiatan belajar dan bekerja yang dilakukan dari rumah, hingga menghindari kerumunan kini gencar diimbau kepada masyarakat. Di masa kenormalan baru (new normal) hal itu perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus korona yang kian mengkhawatirkan. 

Keharusan untuk belajar dan bekerja dari rumah, serta menahan keinginan untuk pergi keluar rumah membuat tak sedikit orang yang mencari kegiatan yang bisa dilakukan. Salah satu yang paling banyak dijadikan solusi adalah menjelajah internet atau sekadar scrolling media sosial.

Tentu saja untuk menjelajahi dunia maya membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit. Bahkan, untuk streaming video selama satu jam saja mampu menguras habis kuota internet yang dimiliki. Alhasil, pengeluaran di kala pandemi ini akan meningkat tajam hanya karena sering membeli paket internet.

Tak dapat dipungkiri jika koneksi internet telah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat saat ini, khususnya di masa pandemi. Harga paket data internet yang mungkin mahal bagi sebagian orang juga dapat menjadi alasan mengapa pengeluaran di era new normal malah meningkat. Karena itu kamu harus cerdas mengelola pengeluaran agar tidak melonjak dengan cara menghemat pemakaian kuota internet.

Untungnya beberapa provider di Indonesia sudah menyediakan berbagai macam jenis paket internet yang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Sebut saja paket internet Telkomsel, XL, Indosat atau Tri yang banyak digunakan sekarang ini.

Nah, agar kondisi keuangan tidak berantakan karena kebutuhan kuota internet, ada beberapa cara nih agar tidak boros kuota saat di rumah aja. Penasaran? Yuk simak 5 tips menghemat kuota internet saat pandemi berikut ini.

1. Tentukan batas harian penggunaan kuota

Tips Menghemat Kuota © 2020 brilio.net @yans_brilio

Cara paling mendasar agar kuota internet tidak cepat habis adalah membatasi penggunaannya. Kamu bisa menghemat kuota internet dengan membatasi berapa banyak yang boleh digunakan setiap hari.

Tidak dengan mengeceknya secara manual, pembatasan pemakaian kuota bisa dilakukan secara otomatis melalui fitur Setelan yang ada pada smartphone. Caranya, di fitur Setelan, ketuk menu Penggunaan Data dan pilih Siklus Penagihan.

Setelah itu, ketuk Batas Data dan Siklus Tagihan dan tentukan jumlah maksimal data yang bisa digunakan dalam kurun waktu tertentu. Dengan begitu, kamu tidak perlu risau lagi kehabisan kuota internet karena pemakaian yang berlebihan setiap hari.

2. Non-aktifkan aplikasi di latar belakang

Tips Menghemat Kuota © 2020 brilio.net @yans_brilio

Cara selanjutnya adalah dengan menonaktifkan penggunaan paket data aplikasi di latar belakang (background). Disadari atau tidak, beberapa aplikasi di smartphone biasanya akan tetap aktif dan membutuhkan koneksi internet meski sedang tidak digunakan. Tetap berjalannya sebuah aplikasi di background ini tujuannya agar bisa memunculkan notifikasi dan pemberitahuan lain.

Pastikan untuk menonaktifkan aplikasi agar tetap bisa aktif di background. Caranya adalah dengan masuk ke menu Setelan, ketuk Penggunaan Data, dan pilih aplikasi mana yang ingin dihentikan aktivitas di latar belakang smartphone kamu dengan menghilangkan centang pada Background Data. Cara ini juga bisa menghemat pemakaian baterai karena aplikasi yang aktif di background juga membutuhkan daya.

3. Aktifkan fitur data saver di Google Chrome

Tips Menghemat Kuota © 2020 brilio.net @yans_brilio

Bagi yang sering berselancar di internet menggunakan aplikasi Google Chrome, kamu bisa menghemat kuota internet dengan memanfaatkan fitur Data Saver. Sesuai namanya, fitur ini mampu menurunkan besarnya data internet yang digunakan saat menjelajahi dunia internet menggunakan Google Chrome.

Hal yang serupa juga bisa kamu dapatkan saat menggunakan aplikasi media sosial, seperti Facebook Lite, Twitter Lite, dan semacamnya. Dengan begitu, penggunaan paket data saat menggunakan aplikasi media sosial tersebut akan terkompres dan tidak boros kuota.

4. Update aplikasi hanya dengan koneksi wi-fi

Tips Menghemat Kuota © 2020 brilio.net @yans_brilio

Setiap beberapa minggu sekali, aplikasi yang terpasang dalam gawai kamu pasti akan memerlukan update ke versi yang lebih baru. Untuk meminimalisir penggunaan kuota internet, hanya lakukan pembaruan aplikasi dengan menggunakan koneksi wi-fi unlimited.

Lebih lanjut, pastikan pula fitur update aplikasi otomatis telah dimatikan agar tidak menyedot kuota internet tanpa disadari. Cara ini penting dilakukan karena dalam sekali waktu aplikasi memerlukan update versi, kuota internet yang dibutuhkan bisa mencapai puluhan hingga ratusan megabyte. Jadi, lakukan cara ini agar kuota internet kamu tidak cepat habis.

5. Selalu cek kuota internet yang telah digunakan

Tips Menghemat Kuota © 2020 brilio.net @yans_brilio

Cobalah untuk rutin melihat berapa banyak kuota internet yang telah digunakan setiap kali kamu menggunakannya. Tanpa disadari, beberapa aplikasi mungkin membutuhkan koneksi internet yang lebih besar dibanding dengan aplikasi lain. Sebagai contoh, karena kebanyakan berisi gambar dan video, Instagram tentu akan menguras kuota internet lebih cepat daripada Twitter ataupun Facebook.

Karena itu, saat sedang asyik menggunakan aplikasi tersebut, usahakan untuk sesekali memeriksa seberapa banyak data internet yang telah terpakai. Jika dirasa jumlahnya sudah terlalu besar, sebaiknya sudahi penggunaannya agar kuota internet juga bisa lebih hemat lagi. 

Beberapa jenis aplikasi bawaan dari provider sudah memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk melacak penggunaan kuota yang sudah terpakai. Contohnya untuk mengecek paket internet XL, kamu bisa gunakan aplikasi MyXL yang bisa unduh dan instal di ponsel. Cobalah memanfaatkannya supaya pemakaian paket data bisa lebih terkendali.