Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Gadget
Yusuf Harfi (brl/red)

15 Juli 2019 13:30

5 Tips agar baterai smartphone tak boros dan bergantung powerbank

Semakin banyak fitur, maka baterai pun semakin cepat terkuras.

5 Tips agar baterai smartphone tak boros dan bergantung powerbank

View Image



forbes.com

Brilio.net - Smartphone atau ponsel pintar sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kebanyakan orang. Dengan adanya smartphone, banyak aktivitas yang semakin mudah untuk dilakukan, mulai dari berkomunikasi, belanja, hingga membantu dalam hal transportasi.

Semakin canggihnya fitur teknologi yang ada dalam smartphone membuat sistem operasi smartphone semakin berat. Semakin banyak fitur, maka baterai pun semakin cepat terkuras. Prosesor mumpuni selalu dikembangkan dari waktu ke watku, tapi di sisi lain tidak banyak inovasi yang ditawarkan oleh produsen smartphone dari segi baterai. Tak heran, kita menjadi sering mengisi ulang baterai smartphone atau dengan membawa powerbank kemana-mana yang tentu merepotkan.

Kendati demikian, bukan berarti tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan baterai. Ada sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk menghemat baterai agar tidak boros dan sering dicas. Apa saja?

Berikut 5 tips agar smartphone tidak boros baterai dan tergantung powerbank dilansir brilio.net dari liputan6.com, Senin (15/7).

1. Batasi penggunaan lokasi di aplikasi.

Loading...

Mematikan fungsi GPS atau lokasi adalah tips yang sering direkomendasikan untuk menghemat baterai. Meskipun demikian, cara tersebut tidak berdampak banyak.

Ada cara lain yang ampuh mengontrol penggunaan lokasi di aplikasi. Maksudnya, kita membatasi pembacaan posisi yang dilakukan sebuah aplikasi di smartphone.

Untuk mengaturnya, Anda tinggal membuka menu 'Settings' dan pilih 'Location'. Setelah itu, pilih 'device only' atau 'phone only' di bagian metode lokasi. Selain itu, ada baiknya Anda juga menonaktifkan pemindai Wi-Fi dan bluetooth.

2. Gunakan tema berwarna hitam.

Apabila smartphone Anda memakai layar OLED yang biasa dimiliki Samsung, menggunakan latar bertema hitam atau dark theme dapat meningkatkan daya tahan baterai. Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan agar smartphone tampil lebih hitam.

Pertama, gunakan wallpaper hitam. Selain itu, aktifkan fitur dark theme yang ada di sejumlah aplikasi. Bahkan, jika memungkinkan, Anda dapat menerapkan dark theme secara keseluruhan di smartphone yang sudah mendukung.

3. Matikan fitur Wi-Fi otomatis.

Sejak pembaruan sistem opersi Oreo, Android memiliki fitur yang memungkinkan pemindaian Wi-Fi secara otomatis walaupun Wi-Fi dalam keadaan mati. Fitur tersebut tentu akan memakan daya baterai, karenanya Anda harus mematikan fitur ini.

Buka 'Settings', lalu 'Network & Internet', dan pilih 'Wi-Fi'. Di bagian bawah 'Wi-Fi preferences', Anda tinggal mematikan opsi 'Turn on Wi-Fi automatically'.

4. Pantau aplikasi yang aktivitasnya berlebih.

Baterai smartphone dapat mudah habis kalau ada aplikasi yang berjalan. Biasanya, hal itu terjadi karena ada bug atau fitur aplikasi yang terlalu agresif berjalan di background.

Oleh karenanya, Anda perlu memantau aplikasi mana yang terlalu banyak menyedot baterai. Caranya, buka 'Settings', pilih 'Battery', 'Menu' lalu 'Battery Usage'. Jika ada aplikasi dengan konsumsi baterai yang mencurigakan dan tak digunakan, lebih baik hapus aplikasi tersebut.

5. Gunakan aplikasi versi lite.

Tips lain yang dapat dilakukan ialah menggunakan aplikasi versi lite. Saat ini beragam aplikasi kenamaan memiliki versi yang lebih ringan.

Dengan menggunakan aplikasi versi ringan, Anda dapat menghemat pemakaian baterai karena aplikasi tersebut memang didesain untuk lebih ramah konsumsi daya dibanding versi biasanya.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Baterai Smartphone Brilio News Gadget Handphone
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE