Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Gadget
Aliftya Amarilisya (brl/vin)

17 Oktober 2019 15:02

5 Teknologi baru ini ancam keamanan pengguna internet

Salah satunya dimanfaatkan untuk hoax. .

5 Teknologi baru ini ancam keamanan pengguna internet

View Image



Brilio.net - Pesatnya perkembangnya ilmu pengetahuan sedikit banyak turut memengaruhi perkembangan teknologi pula. Sayangnya, meski teknologi membawa berbagai kemudahan bagi manusia, bukan berarti peluang akan ancaman keamanan hilang begitu saja.

Buktinya ada banyak insiden terkait bocornya keamanan siber. Dilansir dari laman Merdeka, dilaporkan bahwa hampir tiap minggu selalu ada cara baru bagi para hacker untuk meretas akun, penyalahgunaan data, dan bahkan pengungkapan privasi yang tak semestinya, baik pada perseorangan maupun instansi pemerintahan.

Ironisnya, sejumlah cara baru untuk meretas akun dan menyalahgunakan data yang dilakukan oleh para hacker itu didukung dengan kemunculan teknologi-teknologi terbaru. Waduh, kok bisa, ya? Lalu, kira-kira apa saja ya teknologi baru yang muncul dengan membawa ancam keamanan siber ini.

Nah, buat kamu yang penasaran, yuk langsung cek artikel brilio.net berikut ini, dilansir dari Business Insider, Kamis (17/10).

1. Deepfake.

Loading...

teknologi ancam keamanan © 2019 brilio.net

foto: zdnet.com

Deepfake adalah teknologi yang memungkinkan seseorang memanipulasi video dan audio dengan cara yang amat sangat nyata. Ia merupakan teknologi berbasis kecerdasan buatan, di mana wajah objek bisa dipasang pada sebuah video, tanpa cela sekalipun.

Kemunculan deepfake pada awalnya hanya dimanfaatkan untuk hiburan. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, teknologi ini malah digunakan untuk menyebar berita palsu, phising (penipuan), dan pornografi.

2. Komputasi Kuantum.

teknologi ancam keamanan © 2019 brilio.net

foto: ikons.id

Google baru saja berhasil membangun komputer kuantum. Komputer kuantum adalah sebuah teknologi di mana fisika kuantum diaplikasikan ke daya komputasi. Ia memiliki kemampuan yang luar biasa. Teknologi ini bisa dengan mudah memecahkan enkripsi yang saat ini tidak bisa terpecahkan, seperti transaksi blockchain atau kartu kredit.

3. Konektivitas 5G.

teknologi ancam keamanan © 2019 brilio.net

foto: wccftech.com

Saat ini, beberapa negara telah meluncurkan konektivitas 5G. Dengan konektivitas tersebut, internet dan bandwith akan semakin cepat sehingga mendukung banyak perangkat dan kemudahan berbasis internet.

Meski begitu, hal ini juga membawa risiko baru soal keamanan siber. Pakar keamanan menyebut bahwa peralihan dari 4G ke 5G dapat memberi para peretas terobosan baru untuk menarget sistem pengguna yang baru menggunakan 5G.

4. Internet of Things.

teknologi ancam keamanan © 2019 brilio.net

foto: newamerica.org

Internet of Things atau IoT adalah jaringan yang secara khusus dibuat untuk disematkan ke gadget agar dapat terhubung ke internet. Namun, seiring semakin umumnya teknologi ini, peretas pun makin menemukan celah keamanan dalam jaringan IoT.

5. Kecerdasan Buatan.

teknologi ancam keamanan © 2019 brilio.net

foto: forbes.com

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan kini makin banyak diaplikasikan ke berbagai hal di kehidupan sehari-hari. Sayangnya, kini peretas pun punya cara menyiasati pertahanan keamanan siber dengan basis AI. Mereka dapat menggunakan program yang digerakkan oleh AI untuk memindai jaringan guna menemukan celah untuk menipu target agar menyerahkan informasi sensitif.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Gadget teknologi tergila Internet Koneksi Internet
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE