Brilio.net - Bermain game online bukan sekadar hiburan. Keahlian bermain game online bisa kamu manfaatkan menjadi modal merajut masa depan.

Pasalnya, sejak muncul istilah atlet e-sport, pilihan karier ini pun banyak ditekuni oleh para gamer. Naiknya tren e-sport di Tanah Air juga didukung pengakuan e-sport sebagai cabang olahraga di Olimpiade.

Nah, menggeluti dunia e-sport dengan serius ternyata juga dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah dengan jumlah yang melimpah.

Melihat para pemain e-sport profesional bertanding di turnamen besar dan memiliki banyak penggemar, tentu hal tersebut menjadi impian para tim e-sport pemula. Tak perlu khawatir, bagi pemula wajar bila tim yang dibentuk masih sangat kecil. Namun dengan strategi jitu, kamu bisa bawa tim e-sport pemulamu ke dunia profesional, loh!

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Apa saja strateginya? Berikut ulasannya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/8).

1. Sempatkan waktu untuk bermain bersama secara rutin.

5 Strategi jitu bawa tim e-sport pemulamu ke dunia profesional berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jadi atlet level profesional tentu tak mudah. Seseorang pasti harus melalui proses panjang dan dipenuhi dengan latihan giat. Sebagai pemula, kamu perlu menyempatkan waktu untuk bermain secara rutin dan meningkatkan kerja sama. Bermain game kompetitif seperti DotA 2, LoL, ataupun Mobile Legends sangat mustahil bisa menguasai permainan tanpa berlatih.

Buatlah jadwal latihan pribadi kamu bersama tim agar lebih memotivasi untuk lebih disiplin dalam melatih dan meningkatkan kemampuan bermain game. Kamu juga perlu mempelajari berbagai hal mulai dari taktik, meningkatkan level, mempelajari strategi, dan juga mempelajari trik permainan lawan.

2. Rutin ikuti kompetisi lokal.

5 Strategi jitu bawa tim e-sport pemulamu ke dunia profesional berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Nah, jika timmu sudah memiliki pengalaman dan ranking yang tinggi, kamu juga bisa loh mengikuti kompetisi game lokal. Hal itu berguna untuk memperluas koneksi dan mengasah kemampuan kamu dengan lawan yang lebih tangguh.

Sama seperti olahraga pada umumnya, berlaga di kompetisi e-sport juga memiliki tekanan tersendiri dibandingkan bermain game seperti biasa. Bisa saja kamu merasa gugup, apalagi jika kompetisi ditonton banyak orang.

Oleh karena itu, rutinlah mengikuti kompetisi lokal agar kamu terbiasa bertanding. Selain mengasah mental, kamu juga bisa mengikuti tahap kompetisi berikutnya, seperti regional ataupun nasional.

3. Aktifkan game focus mode di smartphone.

5 Strategi jitu bawa tim e-sport pemulamu ke dunia profesional berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Tak hanya pengalaman dan skill, strategi untuk membawa tim e-sportmu ke dunia profesional yakni dengan mengandalkan perangkat smartphone yang memiliki spesifikasi mumpuni, seperti Oppo Reno6. Pasalnya, smartphone ini hadir dengan banyak fitur game yang meningkatkan performamu dalam bermain game, seperti fitur Game Fokus Mode.

Fitur ini mampu menjadikan kamu dapat berkonsentrasi sepenuhnya dalam bermain game tanpa harus takut terganggu oleh pesan atau telepon yang tiba-tiba muncul. Nah jika kamu mengaktifkan mode ini, maka secara otomatis fitur tersebut akan memblokir atau menonaktifkan semua gangguan mulai dari notifikasi pesan, panggilan masuk, gerakan navigasi, alarm, dan petunjuk volume di layar.

Tentu hadirnya fitur ini sangat membantu atlet e-sport makin jago dan profesional. Tak hanya itu, Oppo Reno6 juga dilengkapi fitur Quick Startup. Dengan mengandalkan AI (Artificial Intelligence), mode ini juga membuat game tetap aktif di latar belakang bahkan ketika tidak sengaja tertutup atau tergantikan aplikasi lain.

5 Strategi jitu bawa tim e-sport pemulamu ke dunia profesional berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Cukup satu klik, kamu bisa langsung berada pada halaman beranda permainan, tanpa melalui proses loading yang lama. Menariknya, menurut data dari Oppo Lab, kecepatan startup dapat ditingkatkan hingga 24 detik.

Oppo Reno6 juga dipersenjatai dengan Qualcomm® Snapdragon™ 720G yang dipadukan RAM sebesar 8 GB dan masih bisa diperluas lagi dengan RAM Expansion hingga 5 GB virtual RAM, serta kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB. Spesifikasi tersebut membuat aktivitas gaming kamu mulus tanpa lag.

Buat yang ingin mencoba kecanggihan fitur gaming dari ColorOS 11.1 di Oppo Reno6, kini smartphone ini sudah bisa dipesan secara daring eksklusif di Shopee. Oppo Reno6 juga bisa didapatkan di toko jaringan Oppo terdekat.

Klik di sini untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang Oppo Reno6.

4. Perluas koneksi.

5 Strategi jitu bawa tim e-sport pemulamu ke dunia profesional berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Hal penting yang juga perlu diperhatikan yakni selalu up to date dengan informasi baru. Caranya dengan memperluas koneksi. Dengan koneksi yang luas, info terkini seputar kompetisi, tips dan trik, hingga pencarian bakat yang tengah berlangsung bisa kamu terima cepat.

Kamu juga bisa bertemu atau bertukar pengalaman dengan banyak gamer baru yang mungkin lebih andal. So, semakin banyak mengenal orang baru, maka semakin banyak juga info dan tips yang bisa kamu dapatkan.

5. Gunakan perangkat audio berlatensi rendah.

5 Strategi jitu bawa tim e-sport pemulamu ke dunia profesional berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Mabar tak akan bisa nikmat saat kamu tak bisa fokus mendengarkan suara musuh karena lag. Ya, selain grafis dan ketahanan baterai, suara juga faktor yang tak kalah penting saat main game. Untuk itu, maksimalkan kenyamanan saat main game dengan Oppo Enco Buds dan Air True Wireless Earphone.

OPPO Enco Buds dan Air True Wireless Earphone memasangkan chip Bluetooth 5.2 dengan transmisi binaural latensi rendah. Teknologi Bluetooth 5.2 dapat menstabilkan sinyal lebih baik bahkan di lingkungan penuh gangguan multi perangkat. OPPO Enco Buds dengan mode gaming akan memberikan latensi yang lebih rendah yakni 80ms.

Untuk mengaktifkannya cukup mengetukkan 3 kali pada earbud. Oppo Enco Buds dan Air True Wireless Earphone juga menyediakan peralihan otomatis antara earbud kanan dan kiri. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan salah satu atau kedua earbud. Jika salah satu digunakan, maka sambungan earbud lain akan otomatis terputus.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR