Brilio.net - Tahun baru saatnya untuk meng-upgrade hal-hal baru. Misalnya bisa kamu manfaatkan dengan melihat-lihat gadget terbaru. Karena nggak ada salahnya untuk membidik gadget terbaru yang siap membuat penampilanmu lebih kekinian. Tak hanya tampilannya saja yang semakin menawan, tapi juga fiturnya yang bikin kita ngiler.
 
Tahun 2020 semakin dimeriahkan dengan kehadiran handphone (HP) foldable alias HP layar lipat. Ya, kalau di tahun 2000-an booming HP flip alias HP lipat, namun di tahun 2020 semakin banyak HP yang dapat dilipat pada layarnya. Gimana nih, kamu sudah bisa membayangkannya?
 
Sekadar diketahui, sudah ada beberapa merek yang mengeluarkan HP layar lipat. Meski masih dengan harga tinggi, nyatanya HP-HP ini sudah membuat banyak orang penasaran sejak pertama kali diumumkan.

Dengan HP foldable, kamu seperti membawa tablet, namun bisa dilipat. Meski bentuknya yang menjadi lebih tebal, namun dirasa akan cukup memuaskan untuk dinikmati saat menonton film.

Jangan hanya dibayangkan, karena ada banyak merek dan spesifikasi dari HP lipat yang harus kamu ketahui. Apa saja ya, mereknya?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (8/1), berikut 5 rekomendasi HP layar lipat (foldable) yang fiturnya canggih dan tampilannya kekinian banget.


1. Huawei Mate X.

5 Rekomendasi HP layar lipat (Foldable) © 2020 brilio.net

foto: huawei.com



Huawei Mate X memiliki satu layar dengan lebar 8 inch. Karena merupakan HP foldable, layarnya dapat dilipat menjadi 6,6 inchi pada bagian depan dan 6,4 inchi pada bagian belakang.

Smartphone ini cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas tinggi, karena didukung dengan kapasitas baterai sebesar 4.800 mAh dengan fitur fast charging. Dibekali chipset Kirin 980, Huawei Mate X memiliki RAM 8 GB dengan kapasitas penyimpanan hingga 512 GB.

Sistem operasi yang dibawa HP ini sudah tergolong baru, yaitu Android 9.0 (Pie). Kamu akan semakin puas saat menggunakan HP ini, karena produk Huawei ini memiliki kualitas kamera yang ciamik.

Kamu bisa memanfaatkan kamera beresolusi 40 MP wide, 16 MP ultrawide, dan 8 MP telephoto. Kamu berminat? Siapkan budget sekitar Rp 37 juta untuk mendapatkan HP ini.


2. Royole Flexpai.

5 Rekomendasi HP layar lipat (Foldable) © 2020 brilio.net

foto: techradar.com



Meski merek ini tidak sefamiliar yang lain, namun Royole Flexpai menjadi smartphone pertama yang menggunakan teknologi layar lipat. Royole Flexpai dilengkapi dengan kualitas layar AMOLED 7,8 inchi dengan resolusi 1920 x 1440.

Saat dilipat menjadi dua, ia memiliki rasio 4:3. Kamera utama yang diusung HP ini adalah 20 MP untuk kamera utama dan kamera depan resolusi 16 MP.

Tak hanya menggunakan teknologi canggih, Royole Flexpai juga dibekali dengan kekuatan dapur yang terbilang baik. HP ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 855 dengan sistem operasi Android Pie 9.0.

Sedangkan untuk kualitas baterainya masih dengan kapasitas 3.800 mAh. Oh ya, Royole Flexpai juga sudah menunjang jaringan 5G. HP ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 18 juta.


3. Samsung Galaxy Fold.

5 Rekomendasi HP layar lipat (Foldable) © 2020 brilio.net

foto: samsung.com



Samsung tidak mau kalah dalam mengeluarkan HP layar lipat. Ketika menggunakan HP ini, kamu seperti menikmati menggunakan tablet. Samsung Galaxy Fold memiliki bentangan layar 4,6 inchi ketika dilipat dan 7,3 inchi ketika dibuka seperti tablet.

Sama seperti seri yang lain, HP ini juga dibekali dengan sistem operasi Android 9,0 Pie. Bersiaplah untuk menikmati sensasi baru saat berfoto menggunakan HP ini.

Samsung membekali seri foldable-nya dengan enam kamera. Untuk urusan RAM kamu nggak perlu khawatir, karena sudah ada RAM 12 GB dengan ROM 512 GB. Sedangkan baterainya memiliki kapasitas 4380 mAh. Siapkan budget Rp 28 juta untuk membawa pulang HP ini ya.


4. Oppo Foldable Phone.

5 Rekomendasi HP layar lipat (Foldable) © 2020 brilio.net

foto: Weibo/Brian Shen



Oppo masih semangat dalam memenuhi permintaan pasar. HP yang terkenal dengan kecanggihan teknologi kameranya ini juga ikut merilis HP layar lipat mereka.

Meski belum diketahui spesifikasi detailnya, namun kabar menarik ini datang dari media sosial Vice President Oppo, Brian Shen. Dalam unggahannya, ia mengatakan tidak terlalu peningkatan pada produk barunya.

Rencananya Oppo akan melihat terlebih dahulu bagaimana respons pasar dengan produk HP lipatnya. Jika mendapat respons baik, maka ia akan memproduksinya dalam jumlah besar. Berbeda dengan Galaxy Fold yang dilipat menutup, pada produk Oppo justru dilipat menjadi bagian luar lipatan.


5. Xiaomi.

5 Rekomendasi HP layar lipat (Foldable) © 2020 brilio.net

foto: gizchina.com



Xiaomi tak jauh berbeda dengan Oppo. Xiaomi dikenal sebagai salah satu merek yang berani memberikan spesifikasi baik dengan harga yang terjangkau di pasaran.

Dan ada kabar baik untuk kamu penggemar Xiaomi. Produk dari Beijing ini akan mengeluarkan HP foldable pertamanya, seperti dikutip dari media sosial co-founder Xiaomi, Lin Bin.

HP yang disebut-sebut memiliki nama Mi Fold dan Mi Flex ini dikabarkan akan dibanderol dengan harga kisaran Rp 15 jutaan. Meski tergolong mahal, namun jika dibandingkan dengan seri foldable lainnya, produk Xiaomi ini tergolong jauh lebih murah.

Display yang disebutkan menggunakan layar OLED yang dibuat Visionox Technology. Sedangkan untuk dapurnya, ia dibekali Snapdragon 855 dengan RAM mencapai 10 GB. Fitur lain yang akan menjadi keunggulan produk Xiaomi ini layar yang dapat dilihat pada kedua sisi.

Kamu tertarik mau membeli yang mana nih?