Brilio.net - Tertarik membuat foto light painting? Yups, salah satu kreasi foto yang memanfaatkan shutter speed lambat ini memang menarik. Teknik ini bisa merekam warna-warni cahaya dengan bentuk yang indah. Light painting juga bisa dikatakan sebagai melukis foto dengan cahaya.

Biasanya teknik ini diterapkan dalam ruang gelap dan menerangi beberapa titik objek dalam rentang shutter terbuka. Untuk menghasilkan light painting yang epik tentu dibutuhkan kesabaran dan latihan.

Selain itu kamu juga perlu menggunakan kamera yang mumpuni. Nah, tanpa kamera profesional seperti DSLR, kamu juga bisa bikin light painting pakai kamera smartphone. Dijamin hasil jepretannya juara.

Jadi makin penasaran apa saja rahasia membuat light painting pakai smartphone? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, (19/9).

1. Buat konsep light painting.

rahasia membuat foto light painting © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Salah satu yang terpenting sebelum membuat light painting adalah dengan mempersiapkan konsepnya terlebih dahulu. Tentukan apakah bentuk akan dibuat tulisan, spiral, atau pola yang lain. Lalu, pikirkan pula apakah akan menyertakan model atau hanya sebuah cahaya.

Jika kamu menyertakan model, maka perlu cahaya tambahan yang mengarah ke model agar cahaya tersebut kelihatan karena ISO yang rendah.

2. Manfaatkan lampu LED atau senter.

rahasia membuat foto light painting © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Berkesinambungan dengan poin di atas, sumber cahaya jadi objek yang paling utama. Kamu bisa menggunakan lampu, LED, light stick, motor/ mobil yang lewat, maupun kembang api. Lebih bagus lagi jika cahaya tersebut berwarna lain, tak hanya putih. Misalnya lampu belakang mobil yang berwarna merah, maka light painting akan lebih keren.

Nah, ketika menggerakkan lampu untuk membentuk pola, usahakan lama setiap bentuk cahaya sama agar tidak ada yang lebih terang atau lebih redup.

3. Gunakan smartphone dengan mode manual.

OPPO_REV@ OPPO_REV@

foto: Instagram/@oppoindonesia

Kamera smartphone harus di setting manual untuk mengatur kecepatan. Fitur manual ini berfungsi untuk mengatur konfigurasi kamera smartphone seperti ISO, white balance, shutter speed, fokus dan lain-lainnya. Gunakan settingan shutter speed di atas 4 detik untuk mendapatkan hasil terbaik. Atur ISO di 100-200, ISO ini berfungsi mengatur sensitivitas cahaya yang diterima oleh sensor kamera saat mengambil gambar.

Menariknya kamu bisa memanfaatkan smartphone canggih OPPO Reno8 Pro 5G yang memiliki beberapa fitur menarik terutama untuk portret yakni Bokeh Flare Portrait dan AI Color Portrait.

Hasil foto malam yang dihasilkan oleh kamera utama Reno8 Pro 5G terlihat tajam dan minim noise. Terlebih aplikasi kamera juga secara otomatis bisa mengaktifkan mode malam untuk menghasilkan foto yang lebih jernih lagi. Pada mode Bokeh Flare Portrait di mana lampu-lampu pada latar foto akan diproses sedemikian rupa sehingga terlihat lebih menarik.

OPPO_REV OPPO_REV

foto: dok. OPPO Indonesia

Sedangkan pada fitur AI Color Portrait di mana fotonya memiliki latar hitam putih sedangkan subjek foto akan tetap memperlihatkan warnanya. Keunggulan kamera belakang OPPO Reno8 Pro 5G turut didukung dengan dua sensor flagship rancangan Sony, yakni sensor Sony IMX766 pada kamera belakang dan Sony IMX709 RGBW pada kamera depan.

OPPO Reno8 Pro 5G mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 8100-MAX untuk menghadirkan kinerja ponsel yang lebih baik. Prosesor octa-core itu mempunyai delapan core dengan kecepatan core maksimal 2.85 GHz. Konstruksi chip ini menggunakan empat core besar dan empat core kecil untuk performa maksimal.

Pilihan RAM 8 atau 12 GB semakin melancarkan proses content creation. Terlebih memori penyimpanan lega sebesar 256 GB siap menampung semua hasil foto dan video dari smartphone ini.

Tak hanya itu, smartphone ini didukung daya baterai 4.500 mAh di samping teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 80 watt. Dengan prosesor yang mumpuni serta fitur kamera yang dimaksimalkan, kinerja OPPO Reno8 Pro 5G jadi semakin mantap berkat daya baterai besar berteknologi SuperVOOC. Teknologi ini membuat pengguna hanya perlu 12 menit untuk mengisi daya ponsel dari nol hingga 50 persen.

Makin penasaran dengan fitur menarik lainnya dari OPPO Reno8 Pro 5G? Untuk informasi lebih lebih lanjut kamu bisa klik di sini.

4. Pilih ruangan/tempat gelap.

rahasia membuat foto light painting © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Demi hasil yang sempurna, pilihlah ruangan atau tempat yang gelap. Tujuannya agar tidak ada cahaya yang mengganggu sumber cahaya yang kamu gunakan. Cara termudah adalah di dalam rumah atau di dalam kamar dengan lampu dimatikan. Namun, jika ingin membuat light painting di luar ruangan maka kamu harus melakukan pemotretan pada malam hari.

5. Gunakan tripod.

rahasia membuat foto light painting © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Selanjutnya setelah memilih tempat gelap kamu juga perlu menggunakan tripod agar tidak ada guncangan saat mengambil foto. Jika kamera bergoyang maka hasil light painting tidak akan sempurna. Nah, jika tidak memiliki tripod, kamu bisa menggunakan benda lain yang bisa menahan smartphone agar tetap diam selama mengambil gambar.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lak)