Brilio.net - Konten video begitu diminati orang karena menyuguhkan visual, audio, serta efek menarik. Canggihnya teknologi zaman sekarang juga mempermudah orang berkreasi membuat video, bahkan secara otodidak lewat trial-error. Selain YouTube, media sosial seperti Tiktok dan Instagram siap menyebarkan kreasi video seseorang ke seluruh penjuru dunia.

Salah satu video yang kerap diproduksi konten kreator adalah video musik. Beberapa tahun belakangan muncul fenomena orang yang cover lagu terkenal sekaligus membuat video musik. Ada juga musisi indie yang memproduksi video musik untuk lagu ciptaan sendiri. Ada yang hanya mengambil gambar saat take vocal di studio atau manggung di sebuah panggung mini, ada pula yang benar-benar syuting layaknya membuat video klip profesional.

Apa pun konsepnya, produksi video musik butuh persiapan seperti pemetaan jalan cerita, outfit dan aksesori yang dibutuhkan, lokasi, dan sebagainya. Namun yang tak kalah penting adalah teknis pembuatannya.

Nah, buat kamu yang ingin membuat video musik sendiri bareng temen, Brilio.net punya rahasia supaya hasilnya estetik. Rahasia dari awal pengambilan gambar hingga penyuntingan video ini bisa dipraktikkan oleh pemula, bahkan hanya menggunakan fitur di smartphone. Simak ulasannya seperti disarikan Brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (2/2).

1. Pencahayaan yang bagus.

Loading...

7 Rahasia bikin video musik estetik like a pro buat pemula berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Video yang bagus butuh pencahayaan yang bagus pula. Merekam di tempat terang akan membantu menghindari bayangan yang nggak dibutuhkan dan area berbintik atau noise di videomu. Namun kamu juga perlu berhati-hati supaya nggak mengarahkan kamera langsung ke sumber cahaya karena bisa menimbulkan overexposed (terlalu terang) dan lens flare (efek cahaya berbentuk semacam kabut atau asap) yang malah mengganggu tampilan video.

Nah, kamu juga bisa mengandalkan fitur kamera smartphone. Cobain deh AI Highlight Video di smartphone Oppo Reno5 5G. Fitur yang mengandalkan teknologi Artificial intelligence (AI) ini memberikan algoritma pencahayaan sempurna dalam pengambilan video. Jadi, mau kamu ambil video pada siang hari lewat Live HDR atau malam hari pakai Ultra Night Video, hasil video akan tampak alami, jelas, dan detail.

2. Memastikan alat buat merekam nggak goyang.

7 Rahasia bikin video musik estetik like a pro buat pemula berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kestabilan pengambilan gambar menjadi faktor penting agar video yang dihasilkan juga nggak goyang. Kamu bisa menggunakan stabilizer seperti tripod atau gimbal agar posisi kamera stabil dan mantap.

Namun jika lupa membawa stabilizer, kamu tetap bisa mengandalkan kamera dengan fitur Ultra Steady Video seperti yang diusung Oppo Reno5 5G. Kamu bisa merekam video saat berjalan, berlari, atau bersepeda dengan minimal guncangan. Hasil videonya stabil sehingga nantinya bisa memanjakan penonton.

3. Jangan ragu lebih dekat dengan subjek.

7 Rahasia bikin video musik estetik like a pro buat pemula berbagai sumber

foto: YouTube OPPO Indonesia

Saat merekam video musik, posisikan dirimu sedekat mungkin dengan subjek. Tujuannya agar kualitas gambar bagus dan fokus yang lebih baik. Supaya subjek dan latar belakang video musik tersorot sempurna, kamu bisa mengandalkan fitur Live HDR yang ada di Oppo Reno5 5G.

Berkat teknologi algoritma AI, fitur Live HDR bekerja otomatis menghasilkan subjek dan latar belakang yang terlihat sama jelasnya dalam keadaan dengan cahaya latar belakang kuat. Fitur ini tersemat pada kamera depan dan belakang Oppo Reno5 5G, lho.

Menariknya, buat kamu yang ingin membuat video potret alias pakai kamera depan, smartphone yang dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 765G ini memiliki fitur Portrait Beautification Video. Fitur ini mendukung penggunaan kamera depan untuk mendeteksi 194 titik fitur wajah utama. Berkat teknologi Smart AI Recognition, fitur ini mampu mengenali jenis kelamin, usia, dan informasi lebih lanjut tentang subjek. Dengan demikian, video potret menunjukkan efek kecantikan alami subjek.

4. Hindari 'sindrom video vertikal'.

7 Rahasia bikin video musik estetik like a pro buat pemula berbagai sumber

foto: Instagram/@oppoindonesia

Saat orang mengambil video pakai smartphone, umumnya secara otomatis posisi kamera smartphone adalah vertikal atau berdiri. Cara ini akan menghasilkan video yang cakupan objeknya lebih sempit. Usahakan memosisikan smartphone secara horizontal atau tidur selama perekaman video musik agar cakupan objek lebih luas. Hasil videonya akan membuat kamu nyaman saat menonton.

Sekarang nonton video acara favorit di Netflix dan Prime Video juga semakin nyaman dengan Oppo Reno5 5G yang punya desain tipis, ringan, dan ramping, lho. Dengan desain minimalis ini kamu bisa nyaman memegang smartphone selama menonton. Kerennya lagi, Oppo Reno5 5G sudah mendapat sertifikasi Netflix HD dan Amazon Prime Video HD. Nonton acara favorit bisa sepuasnya dengan kualitas video yang jempolan, nih.

5. Edit video pakai aplikasi eksklusif antarmuka smartphone.

7 Rahasia bikin video musik estetik like a pro buat pemula berbagai sumber

foto: Oppo

Setelah proses pengambilan video selesai, waktunya kamu mengedit. Kini merapikan video menjadi karya apik nggak perlu repot-repot memindahkan file video dari smartphone ke perangkat lain.

Dengan aplikasi SOLOOP yang ada di Oppo Reno5 5G, kamu bisa mengedit video sebagus mungkin pakai filter, musik, hingga template yang sudah tersedia. Nggak perlu capek instal dulu, SOLOOP eksklusif bisa diakses dari antarmuka Color OS 11.1 di Oppo Reno5 5G, lho. Selesai mengedit video, kamu bisa membagikannya secara instan ke media sosial dalam satu perangkat yang sama, Oppo Reno5 5G.

Buat kamu yang penasaran dengan Oppo Reno5 5G, langsung pre order di Shopee maupun jaringan resmi Oppo Indonesia pada 25 Januari sampai 4 Februari 2021. Smartphone yang hadir dalam dua warna, Galactic Silver dan Starry Black ini akan diluncurkan perdana secara resmi pada 5 Februari 2021. Makin untung, kamu bisa mendapatkan Limited 3-in-1 Giftbox, gratis ongkos kirim, dan bunga 0% setiap pembayaran melalui kartu kredit. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut. 

RECOMMENDED BY EDITOR