Brilio.net - Berapa umur smartphone-mu? Umumnya pengguna berganti smartphone dalam rentang satu atau dua tahun sekali saat ada model baru dirilis. Bukan tanpa alasan, baterai smartphone sering kali mengalami penurunan kapasitas usai berumur satu tahun. Pemakaian tidak teratur serta kebiasaan charging yang tidak baik sering kali jadi kambing hitamnya. 

Kapasitas baterai yang prima sangat penting untuk smartphone. Terlebih, gadget ini sekarang sudah bak asisten pribadi. Semua aktivitas sehari-hari seperti bekerja, bermain, hingga belajar mengandalkan si ponsel pintar ini. 

Menjaga kesehatan baterai smartphone sebenarnya gampang. Tak butuh kebiasaan khusus yang merepotkan pengguna. Jika dijaga dengan baik, baterai akan awet hingga menahun.

Untuk menjaga agar baterai awet ternyata ada rahasianya, loh. Kira-kira apa saja? Berikut informasinya seperti dirangkum brilio.net dari laman resmi OPPO, Rabu (29/12).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Suhu yang pas untuk charging.

Rahasia baterai awet lebih dari setahun © 2021 brilio.net

foto: shutteratock.com

Suhu tinggi adalah musuh baterai awet. Kunci utamanya adalah mengontrol temperatur baterai. Ketika hendak men-charging, sebaiknya perhatikan apakah suhu HP terlalu panas atau dingin. Perlu diketahui bahwa zona aman dan ideal untuk charging adalah antara 16 hingga 25 derajat Celcius.

Pengisian daya di suhu tinggi bisa menyebabkan degradasi atau penurunan baterai dari waktu ke waktu. Sedangkan pengisian pada suhu yang lebih rendah bisa meningkatkan resistensi dari internal baterai.

Demi menghindari kerusakan baterai, smartphone Oppo memiliki fitur yang secara otomatis menghentikan pengisian daya atau pada suhu lingkungan yang ekstrem. Serta akan memberikan notifikasi "suhu terlalu rendah atau tinggi, baterai tidak dapat diisi".

2. Aksesoris charging asli pabrikan.

Rahasia baterai awet lebih dari setahun © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Baterai lithium-ion pada smartphone perlu perlakuan khusus agar awet. Ia sangat sensitif jika diisi daya menggunakan charger palsu atau abal-abal. Baterai bisa mengalami kerusakan karena daya listrik yang masuk tidak stabil. 

Usahakan untuk selalu charging menggunakan power adaptor dan kabel dari bawaan pabrik. Jika memakai charger dari pihak ketiga, pastikan reputasinya bagus dan memang sesuai dengan spesifikasi smartphone, ya.

3. Pastikan ada teknologi charging terbaik di smartphone.

Rahasia baterai awet lebih dari setahun © 2021 brilio.net

foto: Oppo Indonesia

Salah satu rahasia menjaga keawetan baterai adalah dengan memastikan ada teknologi charging terbaru di smartphone. Teknologi ini bakalan membantu mengisi daya dengan cepat. Seperti teknologi 33W Flash Charge pada Oppo A95 memungkinkan pengisian daya hingga 54% hanya dalam 30 menit. Sedangkan untuk mengisi penuh daya hanya membutuhkan waktu 72 menit.

Pengguna nggak perlu khawatir bila perangkat jadi panas, karena sudah ada proteksi berlapis dan metode khusus agar panas dialihkan ke adapter charger.

Baterai 5.000mAh membuat Oppo A95 tetap aktif sepanjang hari.  Oppo juga memastikan setiap ponsel Oppo yang dikirimkan kepada kamu telah melalui ribuan pengujian yang ketat. Fitur lainnya adalah Battery Guard, di mana perangkat bakal terhenti proses isi daya otomatis ketika suhu terlalu tinggi.

Nah, saat jauh dari colokan dan baterai hampir habis, kamu bisa aktifkan fitur power saving mode atau super power saving mode. Ingin baterai tetap hemat di jam tidur? Aktifkan sleep standby optimization supaya baterai Oppo A95 hanya terkonsumsi kurang dari 5% sepanjang malam.

Rahasia baterai awet lebih dari setahun © 2021 brilio.net

foto: oppo Indonesia

Smartphone yang ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 662 ini diklaim dapat beroperasi dengan lancar dan efisien setiap saat. Terlebih dikombinasikan dengan System Booster, rangkaian optimasi tingkat sistem yang memastikan ponsel dapat berjalan mulus.

Perangkat ini juga memiliki layar 6,43 inci dengan rasio layar ke perangkat sebesar 90,8% dan resolusi tinggi 2400 x 1081 piksel. Layar ini dilengkapi All-day AI Eye Care, serangkaian fitur yang terdiri dari AI Smart Backlight dan DC Dimming yang membantu memastikan pengalaman visual yang lebih nyaman sepanjang hari dan dapat menjaga kesehatan mata.

Selain itu, Oppo A95 ini dibuat tahan debu dan tahan air dengan kamera mengantongi sertifikat IPX4. Dari sisi desain kamu bisa memilih dua opsi warna menarik Oppo A95 yaitu Glowing Rainbow Silver serta Glowing Starry Black.

Kini Oppo A95 bisa didapatkan dan dipesan lewat aplikasi Oppo Store dan Oppo Official Store di Shopee serta Lazada. Buat yang masih penasaran, kamu bisa klik di sini untuk informasi lebih lengkap tentang Oppo A95.

4. Cara memasang charger yang benar.

Rahasia baterai awet lebih dari setahun © 2021 brilio.net

foto: Oppo.com

Mengisi daya tak boleh sekadar mencolokkan kabel charger ke smartphone. Demi baterai awet, pastikan jangan memodifikasi pengisi daya atau kabelnya. Jangan meletakkan benda berat di atas pengisi daya saat charging. Salah-salah bisa muncul percikan api saat mengisi daya. 

Mencabut charger dari smartphone juga jangan ditarik dari kabelnya. Tahan dan tarik pelan kepala kabel dengan dua jari. Jika terlalu keras, kabel charger bisa robek atau bahkan putus.

5. Do and Don'ts dalam menggunakan HP saat charging.

Rahasia baterai awet lebih dari setahun © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Demi baterai awet dan meminimalisir kerusakan kamu juga perlu memperhatikan petunjuk atau catatan dalam menggunakan HP saat charging. Pastikan tidak mengoperasikan smartphone saat charging karena bisa membuat suhu jadi panas. Untuk pemakaian sehari-hari, jangan isi penuh hingga 100% karena berpotensi mengurangi umur baterai smartphone. Saat hendak bepergian jauh baru charging penuh agar tak kehabisan baterai di perjalanan.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR