Brilio.net - Menjadi seorang kreator konten kini menjadi impian hampir semua anak muda. Kehadiran berbagai media sosial termasuk platform video menjadi sarana bagi mereka untuk menunjukan kreativitas. Banyak hal yang bisa dijadikan bahan untuk konten. Namun selain ide, peralatan (gear) juga menjadi salah satu penentu untuk menghasilkan konten-konten yang bagus.  

Nah di tengah masa pandemi seperti sekarang, ruang gerak anak-anak muda agak terbatas untuk mengeksplorasi berbagai tempat untuk dijadikan konten. Tapi kondisi saat ini tak harus mematikan kreativitas. Masih banyak kok yang bisa dieksplorasi di sekitar rumah untuk dijadikan konten.  

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan teknologi saat ini memungkinkan siapa saja menjadi kreator konten. Pihaknya sebagai perusahaan teknologi Indonesia selalu berupaya mempermudah masyarakat, termasuk anak muda, dalam menciptakan peluang dan mendapatkan lebih dengan salah satunya menyalurkan kreativitas melalui platform digital. 

“Berbagai produk buatan lokal untuk menunjang kreativitas para kreator konten bisa ditemukan di Tokopedia. Upaya ini juga bisa mendukung para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM, bertahan di tengah pandemi,” jelas Ekhel.

Nah buat Sobat Brilio yang ingin menjadi kreator konten, nggak ada salahnya untuk memiliki lima perlengkapan yang dapat menunjang pembuatan konten agar lebih menarik. Apa saja ya?

1. Tongsis atau tripod

5 Perlengkapan konten kreator © 2020 brilio.net tokopedia.com/midio

Penggunaan tongsis atau tripod dapat membantu proses pengambilan konten, terutama video agar lebih stabil dan mudah tanpa harus memegang gadget. Sebaiknya perhatikan keterangan yang tertera pada deskripsi produk agar ukuran dan spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan.

2. Ring light

5 Perlengkapan konten kreator © 2020 brilio.net tokopedia.com/inbexelectronic

Dengan kualitas cahaya seperti di studio yang terang dan merata, ring light menjadi salah satu andalan para kreator konten untuk menghasilkan konten yang terlihat lebih profesional. Saat ini untuk mencari produk ring light cukup mudah tanpa harus keluar rumah.   

3. Earphone bluetooth

5 Perlengkapan konten kreator © 2020 brilio.net tokopedia.com/vyatta

Selama merekam video, sebaiknya gunakan earphone tanpa kabel atau earphone bluetooth. Ini dapat membantu mendengar suara yang tetap jernih tanpa harus berdekatan dengan gadget. Kini sudah terdapat banyak merek lokal yang menghasilkan produk earphone berkualitas dan terjangkau. Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa earphone menjadi salah satu produk di kategori elektronik yang paling dicari masyarakat selama pandemi.

4. Dekorasi kamar

5 Perlengkapan konten kreator © 2020 brilio.net tokopedia.com/decollbali

Dengan memanfaatkan kamar sebagai panggung pembuatan konten, maka sebaiknya tambahkan dekorasi untuk mengubah suasana kamar menjadi spot yang lebih menarik. Banyak kok berbagai produk dekorasi kamar buatan UMKM lokal yang bisa ditemui di Tokopedia.

5. Outfit dan make up

5 Perlengkapan konten kreator © 2020 brilio.net tokopedia.com/smittenbypattern

Konten OOTD dan tutorial make up kini sangat digemari masyarakat. Selain untuk menginspirasi, platform digital juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung produk fesyen dan make up buatan pegiat usaha lokal. Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk fesyen lokal.