Brilio.net - Perkembangan game mobile kini semakin canggih, terlihat dari kualitasnya yang kian mumpuni. Salah satu contohnya adalah PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) yang sekarang bisa dimainkan dari ponsel tanpa ada penurunan grafis dan fitur.

Sayangnya, kelebihan PUBG Mobile (PUBGM) ini justru jadi bumerang bagi sebagian orang. Kualitas grafis tinggi dengan detail menawan, menimbulkan masalah lag atau animasi patah-patah.

Biasanya masalah ini terjadi karena spesifikasi smartphone yang tidak memadai. Meski begitu, nggak perlu khawatir, karena ada banyak cara mengatasi masalah ini. Salah satunya dengan mengatur ulang beberapa pengaturan dalam game PUBGM.

Mau tahu bagaimana caranya? Berikut lima pengaturan dalam game PUBGM yang bikin Frame Per Second (FPS) ngacir dan tanpa lag, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (29/9).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Setting notch untuk pengalaman game full screen.

pengaturan PUBGM FPS ngacir © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Layar notch atau 'poni' jadi tren desain smartphone sejak 2018. Kini, layar 'poni' sudah punya beragam bentuk dan ukuran.

Sayangnya, layar notch ternyata mempengaruhi PUBGM karena memotong pinggiran tampilan game. Namun, PUBGM telah mengoptimalkan tampilan untuk layar notch.

Kini, kamu bisa dengan mudah mengatasi masalah ini dengan masuk ke menu pengaturan > Grafik > Layar Non-Standar > Pilih Notched. Selanjutnya, restart PUBGM untuk menerapkan pengaturan ini.

2. Atur kualitas grafis permainan.

pengaturan PUBGM FPS ngacir © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

PUBGM adalah permainan dengan grafis intens. Bukan hal aneh jika terjadi lag atau penurunan FPS saat menggunakan kualitas grafis paling tinggi. Apalagi jika spesifikasi ponsel yang digunakan jauh dari kata memadai.

Dibutuhkan prosesor garang seperti Qualcomm® Snapdragon Elite Gaming™ 720G untuk bisa bermain PUBGM dengan kualitas grafis tinggi. Prosesor yang ditanamkan dalam Oppo Reno6 ini mampu meminimalisasi lag.

pengaturan PUBGM FPS ngacir © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Hal ini dikarenakan prosesor tersebut terdiri dari kumpulan peranti keras dan lunak yang dioptimalkan untuk bermain game. Terlebih, Qualcomm sudah bekerja sama dengan para pembuat dan studio gim untuk mengoptimalkan sepuluh gim teratas, termasuk PUBG. Alhasil, kesepuluh gim ini dapat berjalan dengan maksimal pada Oppo Reno6 yang dilengkapi Qualcomm® Snapdragon Elite Gaming™.

Prosesor garang ini didukung RAM besar 8GB LPDDR4x + ROM 128GB UFS 2.1 dan dilengkapi teknologi Ekspansi RAM. Dengan begitu, jika ponsel kehabisan ruang RAM, kamu bisa mengubah sebagian dari ROM (penyimpanan internal) menjadi RAM virtual. Ada tiga tingkat ukuran ekspansi yang bisa dipilih, yaitu memori tambahan 2GB, 3GB, dan 5GB.

pengaturan PUBGM FPS ngacir © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Nggak berhenti di situ, dukungan teknologi touch response rate 180Hz di dalam Oppo Reno6 akan meminimalisasi delay saat jari menekan layar dengan respons di dalam game.

Oppo Reno6 juga dibekali berbagai fitur khusus gaming dari ColorOS 11.1. Mulai dari Game Focus Mode, Adjustable Gaming Touch, Bullet Screen Message, hingga Quick Startup.

Semua kecanggihan fitur Oppo Reno6 ini bakal bikin permainan PUBGM makin lancar tanpa lag. Oppo Reno6 sudah bisa kamu pesan secara daring eksklusif di Shopee dan bisa juga didapatkan di toko jaringan Oppo terdekat.

Masih penasaran sama Oppo Reno6? Klik di sini untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang Oppo Reno6.

3. Cek server ping yang tercepat.

pengaturan PUBGM FPS ngacir © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Seperti diketahui, PUBG merupakan game online yang sangat bergantung pada jaringan internet. Karenanya, sebelum bermain sebaiknya memeriksa server ping tercepat.

Server ping di dalam PUBGM menunjukkan delay dalam satuan millisecond (ms) antara aksi dengan respons yang diberikan kepada game. Semakin rendah angka ping, semakin minim delay yang terjadi.

Jadi, pastikan memilih server ping dengan angka terendah sekitar 30ms. Untuk memilih server ping, tekan Select Mode tepat di bawah tombol start, lihat di sudut kiri atas dan pilih server.

4. Gunakan game profile.

pengaturan PUBGM FPS ngacir © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Dengan menggunakan game profile kamu tidak akan kehilangan progres yang dibuat di PUBGM. Caranya mudah, cukup sambungkan akun Facebook, Google, dan Twitter agar progres game tersimpan di cloud. Penggunaan game profile juga mempermudah bermain bareng teman di media sosial dalam mode squad.

5. Perhatikan pengaturan suara.

pengaturan PUBGM FPS ngacir © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Selain menampilkan grafis berkualitas tinggi, suara realistis penuh detail juga jadi keunggulan PUBG. Untuk mengoptimalkan suara detail, ada beberapa pengaturan suara yang harus diperhatikan.

Salah satunya yaitu, dukungan perangkat alat bantu dengar yang mumpuni. Untuk kebutuhan mobile game, earphone berlatensi rendah bisa jadi pilihan tepat.

Earphone berlatensi rendah biasanya akan meminimalisasi gangguan suara delay dalam permainan. Kemampuan ini bisa kamu rasakan di Oppo Enco Buds dan Air True Wireless Earphone.

Dengan dukungan chip Bluetooth 5.2, earphone wireless ini dapat menstabilkan sinyal lebih baik bahkan di lingkungan penuh gangguan multi perangkat. Selain itu, transmisi binaural latensi rendah di dalamnya juga akan memastikan suara bebas hambatan.

pengaturan PUBGM FPS ngacir © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Oppo Enco Buds dengan mode gaming akan memberikan latensi yang lebih rendah yakni 80ms. Untuk mengaktifkannya, cukup mengetukkan 3 kali pada earbud.

Selain itu, Oppo Enco Buds dan Air True Wireless Earphone juga dilengkapi peralihan otomatis antara earbud kanan dan kiri. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan salah satu atau kedua earbud. Jika salah satu digunakan, maka sambungan earbud lain akan otomatis terputus.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR