Brilio.net - Namanya karyawan, pasti nggak asing lagi dengan deadline pekerjaan. Ingin hati menolak tapi apa daya kebutuhan hidup semakin banyak. Penat dan jenuh kini sudah jadi sahabat apalagi saat tuntutan pekerjaan semakin berat. Celakanya, rutinitas itu-itu saja membuat pekerjaan jadi monoton dan makin membuat malas bekerja.

Banyaknya tugas yang harus diselesaikan, deadline menumpuk, dan target yang harus dipenuhi jadi beban berat bagi banyak karyawan. Nah, apabila kamu merasakan hal itu, percayalah semua orang yang bekerja juga merasakan. Dalam kondisi ini, kamu harus tetap ingat dengan tujuan yang ingin dicapai, sehingga rasa semangat pun tetap melekat di jiwa.

Untuk membantu mengatasinya, tak ada salahnya bermain game ringan di sela-sela bekerja. Dengan bermain game ternyata bisa meningkatkan semangat dan produktivitas kerja. Tak hanya itu, banyak juga manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bermain game yang tak kamu sadari.

Yuk simak ulasan aneka manfaat bermain game di sela-sela pekerjaan seperti yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (8/4).

1. Meredakan stres.

Loading...

5 Manfaat main game berbagai sumber © 2021 brilio.netfoto: shutterstock.com

Stres karena pekerjaan umum terjadi pada siapapun. Faktornya beragam, mulai dari rekan kerja yang rese, ketatnya deadline, ataupun karena sikap perfeksionis. Sebenarnya stres lumrah apabila bisa dikendalikan. Namun, bagi yang tak bisa mengontrol, tanpa disadari malah dapat menjadi alasan bermalas-malasan.

Bermain game bisa menjadi cara pelepasan emosi dan membuang stres menumpuk. Genre game yang cocok antara lain tipe kasual seperti puzzle, running game, dan masih banyak lagi. Sifat genre game kasual yang sederhana, gameplay pendek, dan asyik bisa jadi penawar stres mujarab.

2. Memicu lahirnya ide-ide segar.

5 Manfaat main game berbagai sumber © 2021 brilio.netfoto: @yans_brilio

Kreativitasmu bisa mandek jika tak beristirahat cukup dan terjebak dalam rutinitas. Segarkan kembali pikiran dan tenaga dengan bermain game dan memicu kembali ide-ide segar. Cobalah aneka game gratis yang tersedia di marketplace seperti Google Play. Tenggelam dalam game sering jadi pemantik ide segar yang berkualitas loh. Sebelum bermain game dengan intens, pastikan layar smartphonemu nyaman di mata agar tak cepat bikin lelah.

Kini Oppo Reno5 F hadir dengan all-day AI Eye Comfort yang memberikan kenyamanan pada mata lewat AI Backlight. Fitur ini secara otomatis akan menyesuaikan pengaturan lampu latar sepanjang hari dengan mempelajari bagaimana pengguna menyesuaikan kecerahan secara manual. Tak hanya itu kamu juga bisa memanfaatkan Sunlight Screen, demi meningkatkan visibilitas layar sehingga dapat melihat layar dengan jelas bahkan di bawah terik matahari sekalipun.

Pada malam hari, fitur Moonlight Screen secara otomatis meredupkan layar dengan mengatur kecerahan terendah hingga 2 nits. Dengan tingkat kecerahan dan temperatur warna yang lebih rendah tentunya akan membuat mata lebih nyaman.

3. Melatih soft skill.

5 Manfaat main game berbagai sumber © 2021 brilio.netfoto: shutterstock.com

Bermain game ternyata bisa meningkatkan softskill yang penting bagi karier karyawan ataupun manajer. Salah satunya adalah kemampuan berkomunikasi. Saat bermain game, kita harus bisa bekerja sama dengan tim untuk melawan musuh. Kemampuan komunikasi yang diasah di dalam game akan sangat berguna di dunia kerja yang menuntut komunikasi demi relasi tetap terjaga.

Tak hanya itu, bermain game bisa mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Misalnya, pemain harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengalahkan musuh. Dengan begitu, kemampuan berpikir yang termasuk skill penting saat bekerja semakin terasah.

4. Menciptakan kolaborasi komunitas di kantor.

5 Manfaat main game berbagai sumber © 2021 brilio.netfoto: Oppo Indonesia

Pekerjaan yang bagus tak semata-mata datang dari kemampuan sendiri. Zaman sekarang, kolaborasi adalah kunci sukses. Dukungan partner kerja, relasi, dan deretan pihak lain sangat penting perannya dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan bermain game bersama relasi dan teman, kita bisa membangun kekompakan sekaligus mengasah kemampuan kolaborasi.

Tapi kesel nggak sih saat main bareng, kamu malah mengalami touch delay yang parah. Touch delay adalah jeda waktu sepersekian detik saat jari kita menyentuh layar dengan gerakan animasi yang tampil di layar.

Lain cerita kalau pakai Oppo Reno5 F yang memiliki touch delay response lebih rendah 13,75%, sedangkan respon tombol lebih cepat 41,41%. Sehingga kenyamanan nggak akan terganggu, karena Reno5 F memulai aplikasi 30% lebih cepat. Oppo Reno5F dilengkapi dengan prosesor AI MediaTek Helio P95 yang mendukung akselerasi saluran ganda Wi-Fi dan 4G untuk meningkatkan kecepatan koneksi.

Reno5 F kini hadir dengan dua pilihan warna Fluid Black dan Fantastic Purple. Smartphone canggih ini bisa didapatkan mulai 2 April 2021 di e-commerce dan store resmi Oppo terdekat. Banyak sekali promo penjualan Reno5F menarik seperti paket Freedom Bundling 84GB selama 12 bulan dari Indosat. Ada juga program tukar tambah dengan cashback hingga Rp 500 ribu, berbagai kemudahan pembiayaan seperti gratis biaya admin dari Spektra dan AEON, serta bunga 0% dari Home Credit dan Kreditplus.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Oppo Reno5 F, klik di sini.

5. Meningkatkan motivasi.

5 Manfaat main game berbagai sumber © 2021 brilio.netfoto: shutterstock.com

Main game juga bisa bikin semangatmu makin membara. Cara ini efektif untuk merangsang motivasi lewat pengakuan, keinginan untuk berkompetisi, serta pemberian hadiah. Walhasil, produktivitas di kantor akan meningkat. Bukankah main game yang mengasyikkan juga mampu mengembalikan motivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas kamu?

RECOMMENDED BY EDITOR