Brilio.net - Media sosial sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan saat ini. Kecanggihan teknologi ini rupanya mendukung perubahan gaya hidup. Yups, lewat segenggam smartphone kamu bisa berselancar memperoleh informasi dari dunia luar.

Namun, di tengah keuntungan menggunakan smartphone, rupanya ada risiko yang mengancam para pengguna. Ternyata handphone yang kamu miliki bisa menghadapi kemungkinan pencurian data pribadi, loh.

Pasalnya, hacker atau peretas biasanya mengincar data pribadi yang mereka peroleh dari media sosial. Nah, agar kamu bisa leluasa dan merasa aman menggunakan media sosial, segera lakukan tindakan pencegahan untuk melindungi data pribadi di HP.

Seperti apa langkah mudah amankan data pribadi dari peretas? Berikut dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (18/3).

1. Jangan asal klik tautan.

5 Langkah mudah amankan data pribadi dari peretas © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Pernah nggak sih ketika kamu menggunakan ponsel tiba-tiba muncul beberapa tautan di e-mail, chat, atau SMS? Nah, kamu perlu mencermati tautan mencurigakan tersebut agar data pribadi aman dari peretas. Jangan sembarangan asal klik tautan, apalagi jika URL tersebut meminta kamu mengisi data pribadi. Sebab bisa jadi link tersebut berupa tautan palsu atau penipuan.

2. Rutin ganti password.

5 Langkah mudah amankan data pribadi dari peretas © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Selanjutnya yakni ganti kata sandi atau password pada beberapa aplikasi atau platform secara berkala. Misalnya saja, selama tiga bulan sekali demi memastikan informasi data pribadi yang kamu masukkan aman dari retasan.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan password yang berbeda-beda di setiap platform. Pastikan pula password terdiri dari gabungan angka, huruf kapital, dan lain sebagainya agar tidak mudah ditebak.

3. Hindari gunakan WiFi publik.

5 Langkah mudah amankan data pribadi dari peretas © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Koneksi WiFi kini tersedia di berbagai tempat umum seperti di restoran maupun kafe. Ketika nongkrong biasanya kamu pasti tak akan berpikir dua kali untuk menggunakan WiFi di tempat tersebut.

Padahal tanpa disadari menggunakan WiFi publik ini rentan terhadap ancaman peretas, loh. Sebaiknya hindari untuk mengakses jaringan WiFi publik demi keamanan data pribadi kamu.

4. Aktifkan fitur Dashboard Privasi.

5 Langkah mudah amankan data pribadi dari peretas © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@OPPOindonesia

Dunia teknologi kini berkembang pesat, berbagai produsen HP mulai mengeluarkan beberapa fitur baru dan canggih yang dapat melindungi data penggunanya. Salah satunya HP OPPO Reno7 Z yang dibekali ColorOS 12 seperti fitur bernama Dashboard Privacy.

Dengan mengaktifkan fitur ini pengguna dapat melihat timeline izin yang mereka diberikan kepada sejumlah aplikasi yang diinstall di HP. Namun jika dirasa tidak penting, pengguna bisa langsung menonaktifkan izin aplikasi seperti kamera, mikrofon, sensor tubuh, telepon melalui Dashboard Privacy.

5. Manfaatkan fitur Approximate Location Sharing.

5 Langkah mudah amankan data pribadi dari peretas © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@OPPOindonesia

Nggak hanya fitur Dashboard Privacy, fitur pelindung data pribadi lainnya dari smartphone OPPO Reno7 Z ini adalah berbagi lokasi. Dengan menggunakan Approximate Location Sharing, pengguna yang diharuskan membagi lokasinya ke orang atau aplikasi, sistem tidak akan memberikan lokasi persis dimana pengguna berasa.

Dua fitur dari ColorOS 12 di OPPO Reno7 Z ini tentu bakal memaksimalkan keamanan data pribadi di smartphone. Selain itu ada pula teknologi anti-peeping yang dapat menyembunyikan notifikasi secara otomatis. Melalui ColorOS 12, HP OPPO kini juga bisa dikoneksikan ke PC.

Lewat Cross-Screen Interconnection membuat sistem dapat tersambung antara PC dan smartphone OPPO melalui PC Connect. Fitur ini memungkinkan layar ponsel berpindah dan mengoperasikannya melalui laptop.

Menariknya, OPPO membawa Always-on Display 2.0 pada ColorOS 12 dengan berbagai peningkatan variasi komposisi tampilan mulai dari teks, pola, warna, foto, gambar, ikon notifikasi, dan lainnya agar terlihat menarik ketika dilihat. Tak hanya itu kamu juga dapat menggunakan OMOJI untuk menghadirkan avatar 3D ketika Always-on Display 2.0 aktif.

Nggak berhenti di situ, OPPO Reno7 Z juga dipersenjatai dengan dengan fitur Quantum Animation Engine 3.0 yang akan memberikan responsyang halus ketika jari menyentuh layar. Serta menawarkan interaksi layar yang secara virtual mencerminkan gerakan fisika dunia nyata.

Nah, masih penasaran dengan OPPO Reno7 Z? Klik di sini untuk tahu lebih lengkap.