Brilio.net - Hampir semua pelajar pernah berurusan dengan tugas presentasi. Pada era digital saat ini, video presentasi menjadi alat komunikasi penting bagi para pelajar. Video presentasi juga dianggap sebagai alat pembelajaran efektif karena bisa merangkum beragam materi penting dalam durasi singkat.

Entah itu untuk tugas materi individu atau kelompok, pasti ada momen pelajar harus membuat presentasi di depan audiens. Presentasi yang baik bisa dengan menggabungkan video, teks, dan gambar yang menarik. Dengan video presentasi yang unik dan padat informasi tentu akan membuat audiens fokus serta mudah mencerna materi.

Karena itulah penting bagi kamu untuk mengetahui cara membuat video presentasi yang lebih menarik meski hanya bermodal HP. Kira-kira seperti apa langkah bikin tugas video presentasi yang lebih menarik? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/9).

1. Catat dan kuasai bahan yang dipresentasikan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

5 Langkah bikin tugas video presentasi lebih menarik cuma modal HP berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Apa jadinya jika kamu tak paham dengan bahan yang ingin dipresentasikan? Pasti informasi yang disampaikan akan bertele-tele bukan? Nah, langkah pertama yang penting untuk dilakukan yakni mencatat dan menguasai bahan presentasi tersebut.

Pelajari semua data dan informasi yang terkait dengan topik presentasi, mulai dari gambaran besarnya hingga gambaran rincinya. Gunakan struktur presentasi yang memudahkan audiens mengikuti apa yang kamu sampaikan. Saat kamu membuat konten, sampaikan materi secara jelas dan logis, misalnya dengan dukungan data ataupun berupa cerita.

2. Memanfaatkan cahaya matahari.

5 Langkah bikin tugas video presentasi lebih menarik cuma modal HP berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jika materi sudah siap dan kamu kuasai, kini waktunya membuat video yang menarik. Pastikan konsep sudah matang dan bisa kamu eksekusi. Pilihlah lokasi yang terang untuk pengambilan video presentasi ini. Kamu juga bisa memanfaatkan cahaya matahari sebagai pencahayaan yang natural agar hasil video terlihat maksimal.

Seperti saat “golden hour”, yaitu waktu tepat untuk merekam video dengan kondisi pencahayaan terbaik. Sebab, pada momen ini dapat menghasilkan bayangan objek terlihat lebih halus.

3. Gunakan kamera depan dan sejajarkan dengan pandangan mata.

5 Langkah bikin tugas video presentasi lebih menarik cuma modal HP berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Dalam pengambilan video presentasi ini kamu juga perlu beberapa trik agar video menarik ditonton. Saat pengambilan video, usahakan menggunakan kamera depan dan sejajarkan handphone dengan pandangan matamu. Angle ini sangat cocok digunakan dalam video presentasi sebab audiens akan merasa berada sejajar denganmu.

Nah, agar hasil video makin maksimal, kamu bisa menggunakan smartphone Oppo A16. Dibekali kamera depan beresolusi 8MP, Oppo A16 memungkinkan pengguna mengambil swafoto dan video dengan jernih. Oppo A16 juga memiliki kamera utama 13MP, kamera bokeh 2MP, dan kamera makro 2MP. Lewat rangkaian kamera ini, pengguna mudah menyeimbangkan saturasi dan kecerahan, menyesuaikan level warna secara manual, atau menerapkan satu dari tujuh filter yang tersedia, yaitu Warm, Mist, Country, Travel, Food, Film, and Autumn.

Fitur yang nggak kalah penting, daya tahan baterai. Perangkat ini dilengkapi baterai 5000mAh sehingga mampu bertahan seharian penuh tanpa isi ulang daya. Untuk pengisian daya pada malam hari, perangkat ini dilengkapi fitur Super Nighttime Standby di mana selama 8 jam waktu tidur perangkat hanya mengonsumsi daya 1,21%.

Di sisi perangkat keras, A16 dilengkapi RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB yang dapat diperluas hingga 256GB. Makin penasaran dengan fitur andalan dari Oppo A16 ini? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang Oppo A16.

4. Perhatikan durasi video.

5 Langkah bikin tugas video presentasi lebih menarik cuma modal HP berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Tak kalah penting untuk selalu ingat tujuan penggunaan video presentasi sebagai perpanjangan penjelasan, bukan untuk menggantikan sepenuhnya. Untuk itu, video yang ditampilkan harus dibuat dalam durasi yang tepat, tak terlalu panjang, pun tak kependekan.

Jika presentasi pendek, maka usahakan video hanya durasi 1-2 menit saja. Selama 1-2 menit itulah kamu bisa memanfaatkan untuk menjaga audiens agar tetap tertarik meski video sudah tak lagi diputar.

5. Gunakan aplikasi penunjang untuk hasil maksimal.

5 Langkah bikin tugas video presentasi lebih menarik cuma modal HP berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Pada era digital ini aplikasi presentasi online bisa dengan mudah kamu akses. Banyak layanan atau aplikasi yang memungkinkan kamu membuat presentasi secara online dengan hasil yang maksimal. Misalnya saja Canva, di aplikasi ini kamu bisa mengakses ratusan template slide presentasi online dengan desain yang menarik. Tapi Canva ini juga bisa digunakan untuk membuat video presentasi dengan wajah lewat perangkat maupun HP.

Layanan presentasi online lainnya adalah AZ Screen Recorder. Fitur ini adalah salah satu tool yang bisa dimanfaatkan untuk merekam layar video presentasi dengan kualitas terbaik di Android. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan dalam merekam layar dengan hasil halus dan jernih. Selain dua aplikasi tersebut, masih banyak fitur lain yang bisa secara gratis kamu akses.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR