Brilio.net - Pengguna smartphone baik Android maupun iPhone pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi gratisan. Namun, kamu mesti hati-hati dengan aplikasi gratisan ini. Pasalnya aplikasi yang bebas biaya tersebut ternyata tak sepenuhnya gratis loh.

Yap, tanpa kamu sadari, ada hal yang harus dibayarkan atas nama gratis itu sendiri. Namun, adapun bentuk dari bayaran tersebut bukanlah uang, melainkan hal yang lebih penting, seperti data diri atau waktu.

Kalau gitu, aplikasi gratisan nggak sepenuhnya aman dong? Ya, pada dasarnya baik aplikasi gratisan maupun berbayar, keduanya memiliki celah keamanan masing-masing. Akan tetapi, aplikasi berbayar umumnya lebih terjamin.

Tapi, tenang! Kamu tak perlu terlalu merisaukan hal tersebut. Kamu juga tak perlu untuk langsung berhenti menggunakan aplikasi gratisan. Sebab, yang terpenting adalah kamu memahami dahulu apa saja kekurangan dari aplikasi smartphone gratisan ini, sehingga ke depannya dapat makin bijak ketika menggunakan aplikasi terkait.

Nah, lalu kira-kira apa saja ya kekurangan aplikasi smartphone tak berbayar itu? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut lima di antaranya, Rabu (6/11).

Loading...

1. Tak ada jaminan keamanan data pribadi.

aplikasi smartphone gratisan © 2019 brilio.net

foto: cloudhostingindonesia.com

Data pribadimu tidak terjamin keamanannya, sehingga data yang bersifat rahasia pun bisa berpotensi disalahgunakan.

2. Dicampakkan developer aplikasi.

aplikasi smartphone gratisan © 2019 brilio.net

foto: crocodic.com

Meski masih dipakai oleh beberapa pengguna, aplikasi gratis tidak jarang ditinggal developernya karena tidak menghasilkan uang. Dengan kata lain developer di sini biasanya hanya berfokus pada kepentingan bisnis.

3. Menggunakan server di luar Indonesia.

aplikasi smartphone gratisan © 2019 brilio.net

foto: timedoor.com

Mayoritas aplikasi gratisan selama ini dijalankan di atas cloud yang berada di luar Indonesia. Alhasil, kamu juga akan lebih sulit untuk mengontrol data-datamu secara penuh.

4. Tidak adanya jaminan ketersediaan layanan.

aplikasi smartphone gratisan © 2019 brilio.net

foto: pmerj.rj.gov.br

Aplikasi gratis juga tak memiliki jaminan ketersediaan layanan. Oleh karenanya, jika kamu memiliki masalah terkait aplikasi tersebut, maka penyelesaiannya tak bisa dilakukan pada saat itu juga.

5. Kurangnya layanan support.

aplikasi smartphone gratisan © 2019 brilio.net

foto: inma.org

Aplikasi tak berbayar biasanya juga tak memiliki customer support yang dapat diandalkan setiap waktu.

RECOMMENDED BY EDITOR