Brilio.net - Perubahan pola tidur selama Ramadan tanpa disadari kerap jadi alasan kenapa orang sering mengantuk. Hal ini karena harus bangun awal untuk makan sahur. Tak jarang dari mereka kemudian tidur usai menyantap makan sahur.

Padahal, kebiasaan tersebut dapat memicu dampak buruk bagi tubuh, terutama untuk sistem organ pencernaan. Nggak hanya itu, tidur usai imsak juga meningkatkan risiko melewatkan waktu salat Subuh yang tinggal sebentar lagi.

Sebenarnya waktu subuh adalah momen pas untuk menelurkan ide-ide kreatif. Udara yang segar pasti bisa bikin pikiran kamu jadi lebih rileks.

Nah dibanding tidur, yuk manfaatkan momen ini dengan beberapa kegiatan seru yang praktis pakai smartphone. Berikut ulasannya seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (14/4).

1. Baca Al-Quran di aplikasi smartphone.

ide kegiatan seru hindari tidur usai Imsak © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Demi mengalihkan keinginan untuk tidur usai imsak, kamu bisa melakukan kegiatan seru seperti tadarus atau baca Al-Quran. Bukan rahasia lagi membaca Al-Quran di Bulan Ramadan mendatangkan pahala berlimpah.

Nah, membaca Al-Quran membutuhkan ketajaman mata. Pada era teknologi tinggi seperti ini, mudah bagi kita untuk membaca Al-Quran digital seperti di aplikasi smartphone. Oppo A96 dilengkapi dengan layar gamut warna NTSC 96%. Refresh rate 90Hz juga membuat mata semakin nyaman. Layar lebar 6.59 inchi juga membuat kita semakin leluasa membaca Al-Quran di smartphone. Mode kecerahan tinggi hingga 600 Nits bikin baca Al-Quran semakin nyaman di mana saja termasuk di bawah sinar matahari.

2. Mendengarkan podcast bermanfaat.

ide kegiatan seru hindari tidur usai Imsak © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Kegiatan seru selanjutnya yakni dengan mendengarkan podcast bermanfaat. Selain menjadi sarana hiburan, mendengarkan podcast juga memiliki berbagai manfaat untuk produktivitasmu. Seperti menjadi sumber informasi yang bagus yang membantu kegiatan sehari-hari.

Tak hanya itu, dengan mendengarkan podcast kamu juga bisa mendapatkan inspirasi, terutama bagi kamu yang bekerja di bidang kreatif.

3. Brainstorming ide konten baru.

ide kegiatan seru hindari tidur usai Imsak © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Momen pagi hari usai sahur adalah waktu yang sangat tepat untuk ber-brainstorming. Sebab di pagi hari pikiran masih fokus dan segar. Nggak ada salahnya kamu bisa berkreasi membuat ide konten foto atau video untuk mengisi waktu luang saat puasa.

Misalnya saja membuat menu kreasi resep sahur dan buka puasa, dengan foto-foto yang lebih menarik. Kamu bisa mendapatkan pengalaman memotret dengan kejernihan Oppo A96. Smartphone ini dibekali kamera utama 50 MP dan kamera bokeh 2MP di bagian belakang yang mendukung 5x perbesaran digital dan 20x bidikan beruntun.

ide kegiatan seru hindari tidur usai Imsak © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@oppoindonesia

Sementara kamera depannya berukuran 16MP yang mengaplikasikan fitur terbaru AI Natural Retouching untuk menghilangkan noda sekaligus mempertahankan fitur wajah alami. Sementara itu, fitur 360° Fill Light membantu mencerahkan potret di cahaya redup.

Nggak hanya itu, pada Oppo A96 ini juga terdapat fitur kamera tambahan seperti AI Palette, Bokeh Flare Portrait, Flash Snapshot, dan Selfie HDR yang memudahkan pengguna memotret berbagai macam angle.

4. Berolahraga ringan.

ide kegiatan seru hindari tidur usai Imsak © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Nah, jika sahur sudah selesai dan masih tersisa waktu yang cukup lama untuk melakukan kegiatan pekerjaan, maka kamu bisa berolahraga. Menyempatkan melakukan aktivitas fisik ini merupakan kegiatan seru yang bermanfaat karena cadangan karbohidrat masih tinggi.

Namun, karena dilanjutkan puasa, maka kamu bisa memilih olahraga ringan dengan durasi dan intensitas yang perlu dipertimbangkan. Seperti naik-turun tangga, jalan kaki di dalam rumah atau sekadar stretching.

5. Bermain game ringan seperti puzzle.

ide kegiatan seru hindari tidur usai Imsak © 2022 brilio.net

foto: Oppo Indonesia

Hampir pada setiap perangkat smartphone dapat kita jumpai game atau aplikasi permainan. Nah, bagi kamu yang suka game, pilihan ide kegiatan seru selanjutnya yakni dengan bermain game ringan seperti puzzle di smartphone. Nggak perlu takut kehabisan memori atau tenaga, Oppo A96 dilengkapi dengan memori besar 256 GB.

Smartphone ini juga ngebut dengan RAM 8GB dan masih bisa ditambah lagi 5GB. Oppo A96 juga menawarkan pengalaman hiburan dan bermain game yang imersif berkat kehadiran layar besar 6,59 inci dengan 90.8% screen-to-body ratio dan resolusi FHD.

Smartphone ini juga sangat tangguh dengan Oppo Enduring Quality yang anti gesekan, anti terhadap cipratan air (IPX4). Baterai juga bukan masalah lagi dengan kapasitas 5.000 mAh.

ide kegiatan seru hindari tidur usai Imsak © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@oppoindonesia

Oppo A96 dilengkapi dengan 33 Watt SUPERVOOC yang bisa mengisi daya 55 persen dalam setengah jam. Perangkat ini juga dilengkapi fitur Super Power Saving Mode yang secara otomatis menyesuaikan frekuensi CPU dan pengaturan lampu latar pada aplikasi tertentu untuk memperpanjang masa pakai baterai. Fitur Optimized Night Charging memungkinkan untuk mempelajari pola tidur pengguna dan menjadwalkan rencana pengisian baterai tersegmentasi pada malam hari.

Oppo A96 tersedia di Indonesia secara bertahap mulai 7-15 April 2022 dengan harga Rp 4.299.000, dan tersedia secara daring melalui aplikasi Oppo Store yang terdapat pada perangkat smartphone Oppo. Serta Oppo Official Store pada jaringan situs e-dagang terkemuka di Indonesia, juga secara luring pada Oppo Store.

Nah, penasaran dengan Oppo A96? Klik di sini untuk tahu lebih dalam.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/tin)