Brilio.net - Bermain game menjadi salah satu hiburan yang menjadi pilihan anak muda. Apalagi saat lebih banyak waktu dihabiskan di rumah karena penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), bermain game bisa mengurangi kejenuhan.      

Terlebih saat ini banyak game keluaran baru yang bisa dimainkan. Umumnya mereka lebih banyak bermain menggunakan smartphone. Nah bagi para gamer sejati, bermain game di smartphone terkadang kurang memuaskan.

Karena itu banyak dari mereka lebih memilih memainkan Xbox atau console PlayStation, bisa PS4 atau PS5. Aneka game pada perangkat ini memang sangat menantang dengan tampilan kualitas grafis yang memuaskan.

Buat kamu yang ingin membeli PS5, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1. Tersedia dua versi

5 Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum beli PS 5 © 2021 brilio.net

Perlu diketahui, PS5 memiliki dua versi berbeda. Yakni versi digital edition tanpa disk drive di dalamnya dan versi standar yang sudah dilengkapi disk drive. Kamu yang merasa nggak perlu kaset fisik lagi dan menganggap game-game online di Playstore sudah cukup, PS5 versi digital bisa menjadi pilihan.

Sementara bagi yang ingin memainkan banyak sekali game, pilihlah yang memiliki disk driver. Kamu tinggal membeli kaset fisik sesuai dengan game yang ingin dimainkan. Selain itu jika merasa sudah bosan dengan jenis game, kamu bisa menjual kaset fisiknya. Sementara untuk PS5 digital edition, keuntungannya lebih hemat, tidak perlu membeli kaset lagi. Sedikit kekurangannya, game-game yang dimainkan terbatas.

2. Perhatikan spesifikasinya

5 Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum beli PS 5 © 2021 brilio.net

Banyak orang tergiur membeli PlayStation seri ini karena memiliki spesifikasi yang sangat tinggi. Kapasitas memorinya setara 1TB yang akan memberikan pengalaman grafis sangat berkualitas. Memberikan kesenangan tersendiri untuk para pemainnya.

Dengan kapasitas yang sangat jumbo, kamu bisa memainkan banyak game, bahkan jenis-jenis yang memerlukan kapasitas besar. Supaya mendapatkan lebih banyak game-game seru, kamu bisa menambahkan memori yang lebih banyak lagi.

Karena berbagai game yang didesain untuk dimainkan di console memang terkenal memiliki ukuran besar. Sebanding dengan pengalaman lebih nyata yang ditawarkan.

Selain memerhatikan memori internal, kamu juga perlu memertimbangkan ukuran fisik PS5. Console besutan Sony ini memiliki body yang terbilang besar, dimensinya 390 x 104 x 260 mm. Jadi membutuhkan tempat yang lebih besar pula untuk menyimpannya atau peletakannya.

3. Harganya

5 Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum beli PS 5 © 2021 brilio.net

Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan harga PS5. Untuk versi standar pakai disk driver harganya dipatok Rp8,8 juta. Lalu untuk yang digital version lebih murah yakni Rp7,3 juta. Perbedaaan harga tersebut karena versi standar perlu slot drive atau cakram optik, sehingga memerlukan biaya yang lebih besar.

Harga tersebut bisa berbeda, tergantung tempat dan waktu pembelian. Jika membeli versi digital, kamu bisa mengunduh berbagai permainan di Play Store. Sementara yang standar, perlu membeli lagi kaset fisik. Semua keputusan murni di tangan kamu ya.

4. Kompatibilitas

5 Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum beli PS 5 © 2021 brilio.net

Bisa dibilang, karena Microsoft sudah berinovasi jauh dengan Xboxnya, PlayStation juga tidak mau ketinggalan. Dalam hal kompatibilitas, berbagai aksesoris di PS4 akan cocok dengan PS5. Pun juga dengan game ada beberapa game PS4 bisa dimainkan di PS5. Tapi sebelum memainkan sebuah game, cari tahu terlebih dahulu apakah kompatibel atau tidak supaya tidak zonk ya.

Misalnya  Shadwen, Robinson: The Journey, Shadow Complex Remastered, dan masih banyak lagi game dari PS4 yang bisa dimainkan di PS5. Sementara untuk game yang tidak kompatibel dengan PS 5 besutan Ubisoft antara lain Assassin's Creed: Syndicates, Risk, Star Trek: Bridge Crew dan lain-lain. 

5. Resolusi display yang dibutuhkan

5 Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum beli PS 5 © 2021 brilio.net

Untuk mendapatkan gambar yang mumpuni, jernih dengan desain grafis kelas dewa, kamu perlu mempertimbangkan display untuk main PS5. Beberapa waktu lalu, pihak PlayStation telah mengkonfirmasi tidak mendukung TV atau monitor dengan display 1440p.

Karena itu agar mendapatkan konfigurasi resolusi yang maksimal saat main game PS5, kamu memerlukan TV atau monitor lain dengan resolusi 1080p, 4K, dan juga 8K. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan membeli PS5, kamu perlu memeriksa terlebih dahulu berapa resolusi TV yang sekarang dimiliki.

Jangan sampai karena tidak mengeceknya, kamu sudah terlanjur membeli PS5 dengan gembiranya namun tidak bisa dimainkan lantaran memiliki TV resolusi rendah. Perlu beli yang baru bukan? Jadi sebaiknya sesuaikan dengan budget yang kamu punya.