Brilio.net - Bulan puasa memang bulan yang penuh pahala. Tapi bagi sebagian besar orang, bulan puasa tak begitu saja mudah dilakukan. Cuaca tropis yang panas terik, macetnya jalanan di kota, perubahan jadwal makan dan minum, selagi harus tetap menjalankan rutinitas sehari-hari menjadikan Ramadan bulan yang paling penuh tantangan. Setuju?

Nah, baru-baru ini 9APPS, toko aplikasi dan game Android dari Alibaba Mobile Business Group meluncurkan sebuah survei kepada 8.084 pengguna internet mobile di Indonesia tentang aktivitas puasa. Hasilnya, ternyata tantangan terbesar bagi umat Muslim di Indonesia di bulan Ramadan ini bukanlah menahan lapar dan haus selama 12 jam masa puasa, lho. Apa saja godaan tersebut?

Ini dia godaan terbesar orang puasa menurut survei 9APPS yang dikutip brilio.net, Selasa (28/6). Cek ya daftarnya urut dari yang dianggap paling ringan.

1. Tetap jujur.

9APPS © 2016 brilio.net

foto: 9appsindonesia

Menurut survei ada 7% responden dari total keseluruhan orang yang disurvei menganggap mereka terganggu dan tergoda untuk tidak jujur. Hal seperti membatalkan puasa dengan sengaja, dan membatalkan puasa dengan sembunyi-sembunyi bisa menjadi godaan terbesar saat para responden tersebut menjalankan ibadah puasa. Kamu juga?

2. Makan dan minum.

9APPS © 2016 brilio.net

foto: 9appsindonesia

Ini ternyata bukan alasan yang paling banyak dialami orang-orang apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta. Hanya 11% responden menganggap bahwa godaan saat puasa adalah makan dan minum. Dikarenakan perubahan pola makan, tetapi aktivitas tetap banyak sehari-hari membuat metabolisme tubuh mereka berubah. Mudah lelah, merasa haus dan lapar menjadi salah satu godaan yang tak bisa begitu saja diabaikan.  

3. Ngegosip.

9APPS © 2016 brilio.net

foto: 9appsindonesia

Tantangan terbesar nomor tiga selama menjalankan puasa Ramadan menurut responden justru tidak berhubungan dengan menahan lapar dan haus, melainkan bagaimana menahan diri agar tetap tenang dan tidak terpancing ketika harus berhadapan dengan orang yang menjengkelkan, dan juga menahan diri agar tak bergunjing atau ngomongin orang alias ngegosip. Dan sekitar 13% responden menganggap bahwa ngegosip adalah salah stau penyebab puasa mereka akhirnya batal, lho.

4. Aktivitas.

9APPS © 2016 brilio.net

foto: 9appsindonesia

Sebanyak 34% dari responden merasa tetap beraktivitas selama puasa juga merupakan godaan puasa. Saat beraktivitas, mereka akan terjebak pada situasi-situasi yang menguras kesabaran mereka. Situasi tersebut seperti saat mereka tengah mengantre dan antreannya diserobot, yang dipilih sekitar 21% responden menjadi situasi yang membuat marah saat beraktivitas. Sebanyak 23% orang merasa kesal saat kartu ATM mereka tertelan, dan 56% orang merasa kesal kalau mereka terkena macet di jalan.

5. Menahan marah.

9APPS © 2016 brilio.net

foto: 9appsindonesia

Selama bulan Ramadan, responden mengakui bahwa bergumul dengan kemacetan jalan selagi bergegas menuju pulang untuk berbuka puasa adalah tantangan terbesar selagi harus tetap menjaga ketenangan hati dan tidak meledak dalam kemarahan. Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, situasi-situasi yang membuat marah pun sering menjadi andil dalam membatalkan puasa. Dan ini merupakan salah satu godaan terbesar saat puasa yang dipilih responden hingga 35%.

Menyambut datangnya hari lebaran, 9APPS, si kantong ajaibnya game dan aplikasi, memberikan total hadiah ratusan juta rupiah yang terdiri dari motor, smartphone, voucher belanja dan lainnya.

Caranya gampang banget, kamu hanya diminta untuk mengklik banner di halaman depan yang ada di dalam 9APPS dan kemudian mengumpulkan satu seri kartu yang berhubungan dengan lima jenis godaan yang didapatkan jika mengunduh aplikasi dengan menggunakan 9APPS. Nah, kamu akan menjadi Ramadan Champion ketika berhasil mengumpulkan lima kartu tersebut dan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan sebuah motor terbaru. Keren kan? Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca di sini.

Kamu juga bisa mengikuti kontes membuat meme tentang godaan puasa seperti para seleb di atas, lho! Dapatkan smartphone sampai dengan tanggal 28 Juni. Jangan lupa like Facebook 9APPS Indonesia dan follow Twitter-nya di @9APPS_ID. Cari hashtagnya di #9APPSRamadanMeme.

Ada juga lho video Youtube-nya yang telah masuk Top 20 Trending sejak diunggah.


Tunggu apa lagi? Tinggal instal 9APPS, ikuti kontesnya, dapat motor deh!