Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi, e-Sports kini semakin digemari anak-anak muda. Selain sebagai hiburan, bermain game mobile saat ini juga membuka peluang untuk berkiprah di dunia internasional. Selain itu, berbagai turnamen yang digelar juga menawarkan total hadiah yang menggiurkan. Bisa sampai miliaran rupiah loh.

Apalagi saat ini e-Sports juga sudah diakui sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang internasional. Jadi selain menjanjikan dari sisi pendapatan, e-Sports juga bisa menjadi jalan bagi para gamer untuk berkarier dan menyetak prestasi, tak hanya di tingkat lokal, tapi juga nasional, bahkan dunia.

Jadi jika masih ada anggapan bermain game itu hanya buang-buang waktu dan bisa mengakibatkan kecanduan, hal itu sudah terpatahkan. Sebab, saat ini untuk menjadi atlet e-Sports profesional dibutuhkan kedisiplinan dalam bermain. Selain itu, lewat game tidak sedikit gamer yang akhirnya sukses merambah karier di berbagai platform digital seperti Youtube, Facebook atau media live streaming lain.

Mobile Legends Smartfren  © 2018 brilio.netSebuah turnamen Mobile Legends yang digelar di Jakarta pada 2018 lalu. (@yans_brilio)

“Beberapa game online mobile yang sudah menggelar turnamen hingga tingkat dunia diantaranya ada Mobile Legends, Free Fire dan PUBG. Diharapkan melalui peluang besar ini banyak anak muda Indonesia berbakat yang bisa mengharumkan nama bangsa melalui kecintaannya bermain game,” ujar Ajie Wicaksono, owner Esportsku.com.

Loading...

Terlebih saat ini sejumlah game online punya penggemar sendiri dan memiliki turnamen yang secara konsisten diselenggarakan, mulai dari skala lokal hingga kejuaraan dunia. Berikut lima game mobile yang bisa membuat karier kamu moncer di dunia e-Sports.

1. Mobile Legends

3 Aturan waktu match Mobile Legends ini gamers wajib tahu © 2020 brilio.netmobilelegends.com

Beberapa tim e-Sports Indonesia mampu mengharumkan nama bangsa berkat kemampuan mereka bertanding di turnamen Mobile Legends. Salah satu nama yang memiliki fokus dalam Mobile Legends adalah ONIC Esports. Raihan pretasi mereka di game ini antara lain finalis MPL ID pada season 2 serta juara 1 MPL ID season 3.

“Saat ini game online tidak bisa dipandang sebelah mata. Game online sudah berevolusi menjadi olahraga elektronik. Tak sedikit anak muda Indonesia yang meraih kesuksesan karier melalui game online. Sebut saja Jess No Limit,” lanjut Ajie.

2. Free Fire

Turnamen Free Fire 2020 © 2020 brilio.netff.garena.com

Game selanjutnya yang telah dibuktikan banyak orang untuk berprofesi menjadi atlet e-Sports adalah Free Fire. Kini berbagai turnamen game ini kerap digelar untuk menjaring kemampuan dan ketrampilan beberapa tim dalam memperebutkan gelar juara serta mendapatkan hadiah total miliaran rupiah.

Beberapa tim kenamaan di Indonesia yang telah sukses memenangkan Free Fire adalah EVOS Sports menjadi juara dunia pada turnamen Free Fire World Cup pada 2019. Lalu ada juga nama ONIC Olympus yang baru saja sukses mendapatkan kemenanan di Free Fire Indonesia Masters, tahun ini.

3. PUBG Mobile

Fitur Baru PUBG © 2020 brilio.netpubgmobile.com

Selain Mobile Legends dan Free Fire, PUBG Mobile juga menjadi salah satu deretan game yang layak untuk dijadikan sebagai pemicu karier dalam dunia e-Sports. Hal ini dibuktikan melalui banyaknya tim berlenggang dalam berbagai turnamen dan berhasil mendapatkan kemenangan bahkan secara beruntun.

Salah satu tim kenamaan dari Indonesia adalah Bigetron Red Aliens yang sudah dikenal semenjak 2018 karena telah memenangkan PUBGM 2019 PMCO. Selanjutnya ada RRQ yang memiliki dua grup berbeda untuk PUBG Mobile yakni RRQ TCN dan RRQ Ryu.

2. Dota 2

Game Online © 2020 brilio.netdota2.com

Bagi kamu penggemar Dota 2, tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu tim kebanggaan yakni Evos. Bahkan mereka sudah banyak meraih prestasi di berbagai turnamen sejak tahun 2016. Menariknya lagi kini salah satu tim kebanggaan Indonesia itu telah membuka cabang di luar Indonesia yakni di Vietnam dan Singapura.

Selain Evos, tim lain yang memiliki fokus di Dota 2 adalah RRQ. Mereka bahkan sudah meniti karier sejak adanya Dota 1. Prestasi terbaiknya adalah berhasil lolos pada kualifikasi zona Asia Tenggara di Dota 2 Internasional semenjak tahun 2014, 2016, dan 2018.

5. Fortnite

Game Online © 2020 brilio.netepicgames.com/fortnite

Terakhir ada game Fortnite yang bisa kamu coba untuk melambungkan karier dalam dunia e-Sports. Lagi-lagi kesuksesan ini telah dibuktikan tim RRQ karena telah memiliki divisi khusus untuk game ini. Bahkan mereka sudah memiliki nama besar, bukan hanya di tingkat nasional tetapi juga regional Asia Tenggara.

Hingga kini telah banyak turnamen yang diadakan dalam menyaring atlet e-Sports di Indonesia. Salah satunya adalah Fortnite ini. Jika kamu tertarik mendapatkan beragam informasi seputar game dan dan berita lengkapnya, simak aja di esportsku.com.

Jadi, buat Sobat Brilio yang berusaha meniti karier di dunia e-Sports, nggak ada salahnya selalu berlatih memainkan kelima game tersebut. Tapi sekali lagi ya, bermain game harus bijak, disiplin, dan jangan sampai “kecanduan” tapi nggak menghasilkan apa-apa. Buktikan jika kamu bisa seperti tim-tim kebanggaan Tanah Air yang sudah mengharumkan nama Indonesia.

RECOMMENDED BY EDITOR