Brilio.net - Perayaan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mengalami banyak perubahan sejak pandemi Covid-19 melanda. Demi mencegah penyebaran pandemi, pemerintah mengimbau masyarakat untuk mengurangi mobilitas selama libur Nataru.

Demi keselamatan bersama, ada baiknya menekan keinginan pribadi dengan tidak bepergian saat liburan akhir tahun. Merayakan pergantian tahun di rumah tetap jadi pilihan terbaik. Selain lebih aman, menghabiskan libur akhir tahun juga tidak kalah menyenangkan asal tahu caranya.

Salah satu caranya adalah dengan mengadakan main bareng alias mabar bersama keluarga. Kini sudah ada banyak game online gratis yang cocok dimainkan bareng seluruh anggota keluarga. Biar lebih seru, buat momen mabar keluarga ini bak turnamen sungguhan dengan hadiah menarik.

Nah, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (17/12), berikut ini lima game Android gratis yang cocok untuk mabar keluarga saat liburan akhir tahun.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Among Us.

Game Android mabar keluarga © 2021 berbagai sumber

foto: play.google.com

Game Android ini sempat viral pada 2020 lalu. Game online asal Amerika Serikat ini mengajak penggunanya untuk memecahkan misteri pembunuhan di dalam pesawat luar angkasa.

Dalam permainan ini ada dua peran, yaitu Crewmates dan Impostor. Crewmates akan menjadi teman seperjuangan dengan visi dan misi yang sama. Sedangkan Impostor adalah pembunuh yang menyamar sebagai teman.

Game ini biasanya dimainkan oleh empat atau 10 pemain pada setiap ronde. Saat memulai permainan, sistem akan memilih secara acak siapa yang menjadi Crewmates dan Impostor. Biasanya jumlah Impostor maksimal ada 3 orang, sementara sisanya Crewmates.

Setiap Crewmates harus memperbaiki dan melindungi pesawat dari para Impostor yang berusaha untuk merusaknya. Dalam permainan juga akan ada sesi diskusi lewat chat untuk menuduh seseorang yang dicurigai sebagai impostor dengan cara voting. Pemain dengan jumlah voting terbanyak akan dikeluarkan dari pesawat.

2. BombSquad.

Game Android mabar keluarga © 2021 berbagai sumber

foto: play.google.com

Game online dan offline multiplayer ini bisa dimainkan oleh dua hingga delapan pemain dalam setiap ronde. BombSquad merupakan campuran berbagai mini game menyenangkan yang cocok dimainkan banyak orang.

Sesuai judulnya, kamu akan menemukan banyak aksi dan ledakan saat bermain game ini. Setiap pemain akan mencoba untuk saling mengebom satu sama lain untuk menjadi pemenang terakhir. Saat bermain, kamu juga akan dimanjakan dengan tampilan grafis dan fitur menarik.

3. Chess by AI Factory Limited.

Game Android mabar keluarga © 2021 berbagai sumber

foto: play.google.com

Catur sudah dikenal sebagai salah satu permainan mengasah otak dan penuh taktik yang bisa dimainkan oleh beberapa orang. Kamu juga bisa merasakan keseruan permainan catur lewat Chess by AI Factory Limited.

Game multiplayer di Android ini punya tampilan grafik sederhana, kontrol yang mudah dimengerti, dan berbagai tema papan yang menarik. Selain itu, kamu juga bisa memainkannya dalam berbagai mode. Mulai dari mode pemain tunggal hingga multiplayer lokal pass-and-play.

4. Crossy Road.

Game Android mabar keluarga © 2021 berbagai sumber

foto: play.google.com

Crossy Road termasuk salah satu game multiplayer paling populer. Game ini mengajak pemain untuk menavigasi ayam melalui lalu lintas, sungai, dan tempat lain sambil menghindari berbagai rintangan. Setiap pemain hanya perlu menyambungkan ponsel melalui jaringan WiFi untuk bermain bersama.

5. Call of Duty: Mobile.

Game Android mabar keluarga © 2021 berbagai sumber

foto: play.google.com

Call of Duty: Mobile (CODM) merupakan game multiplayer free-to-play dengan genre First Person Shooter (FPS). Menariknya, CODM menawarkan beragam mode permainan yang bisa mengobati rindu bermain game FPS ala PC di mobile. Mode permainan tersebut adalah Free For All, Frontline, Bomb Mission, Domination, dan Team Deathmatch.

Hampir semua mode permainan ini berbasis tim. Dalam permainan terdapat dua tim berisikan masing-masing lima anggota. Dua tim ini akan saling berhadapan untuk memenangkan objektif pada setiap mode permainan.

Kamu juga tetap bisa menemukan berbagai elemen dari seri Call of Duty dalam versi mobile. Seperti map klasik Crash dan Crossfire dari seri Modern Warfare. Lalu ada juga Nuketown serta Hijacked dari seri Black Ops, karakter legendaris seperti Ghost, Soap, Captain Price, dan Alex Mason dari seri Call of Duty.

Game ini bisa membawa keseruan saat menghabiskan waktu bersama keluarga pada momen libur akhir tahun. Yang tak kalah menarik adalah kamu bisa mendapatkan smartphone Oppo A95 secara gratis saat bermain CODM.

Ya, kini kamu berkesempatan membawa pulang Oppo A95 lewat acara spesial hasil kolaborasi Garena Call of Duty: Mobile dan Oppo Indonesia, yaitu Winter Gift Box dan Pinata Party. Dimulai sejak 17 Desember 2021, acara spesial Winter Gif Box akan berlangsung selama kurang lebih dua minggu.

Pada acara Winter Gift Box, pemain CODM perlu merakit tiga box weapon dengan bagian yang harus didapatkan lewat cara menyelesaikan misi. Selain itu, pemain juga bisa mengumpulkan Oppo token yang dibagikan via media sosial maupun in-game agar peluang mendapatkan Oppo A95 semakin tinggi.

Game Android mabar keluarga © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Selain Winter Gift Box, CODM juga menggelar acara Pinata Party yang akan digelar pada 3 Januari 2022. Pada acara ini, pemain CODM akan diminta untuk mengumpulkan shooting token yang bisa didapatkan dengan aktif bermain dan menyelesaikan misi. Setiap token akan digunakan untuk menembak pinata yang pada hari puncak 8 Januari 2022. Untuk dapat mengikuti acara spesial ini para pemain CODM bisa mulai login 17 Desember 2021.

Dua acara spesial ini merupakan kali kedua kolaborasi antara Garena Call of Duty: Mobile dan Oppo Indonesia. Kolaborasi ini juga sebagai ajang pembuktian performa Oppo A95.

"Oppo A95 diluncurkan untuk menyajikan perangkat dengan performa yang dapat diandalkan penggunanya, termasuk memberikan kenyamanan pengguna untuk bermain mobile game. Maka dari itu, kami kembali bekerjasama dengan CODM dengan tujuan lebih memperkenalkan fitur-fitur kenyamanan gaming pada A95 sekaligus memberikan kesempatan players CODM untuk mendapatkan perangkat ini secara cuma - cuma," ujar Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia.

Oppo A95 memiliki kapabilitas untuk memainkan game Call of Duty®: Mobile dengan nyaman berkat dukungan beberapa fitur gaming yang ditanamkan pada perangkat ini. Seperti fitur expansi RAM yang dapat memperluas penyimpanan sementara secara otomatis dengan pilihan mulai dari 2GB, 3GB hingga 5GB. Dengan pilihan 5GB, pengguna bisa mendapatkan total RAM hingga 13GB, layaknya sebuah perangkat smartphone flagship. Berkat fitur ini, permainan CODM dapat berjalan mulus dan stabil sehingga memberikan kenyamanan.

Game Android mabar keluarga © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Selain fitur ekspansi RAM, Oppo A95 juga dilengkapi teknologi Hyper Boost yang telah dipatenkan. Fitur ini akan memastikan frame rate stabil saat bermain game CODM dengan pemakaian daya yang lebih rendah dan pengaturan temperatur lebih baik. Teknologi ini juga akan meningkatkan respons sentuhan, mengurangi lag, dan memberikan peningkatan waktu pemuatan game jadi jauh lebih cepat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang acara spesial hasil kolaborasi Garena Call of Duty: Mobile dan Oppo Indonesia dapat dilihat melalui akun resmi Instagram @garenacodmid atau langsung pada game Call of Duty®: Mobile.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR