Brilio.net - Apple terus mengembangkan fitur-fitur untuk setiap produknya, baik itu iPhone, Macbook, iPod, ataupun iPad. Pengguna tablet Apple, iPad, pun tak kalah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, selain memiliki layar lebar, performa dari iPad tidak mengecewakan sehingga jarang pengguna iPad yang menemukan kelambatan pada tablet mereka.

Perangkat sistem operasi iPad terbaru adalah iPadOS 15. Sebagian orang yang memiliki iPad generasi baru mungkin kedapatan update sistem operasi ini. Namun, ternyata ada deretan fitur-fitur terselubung yang tidak secara terang-terangan dijelaskan oleh Apple, lho! Tentunya fitur tersembunyi ini akan berfungsi untuk memaksimalkan pemakaian dari pengguna.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (10/11), berikut 5 fitur tersembunyi pada tablet Apple bersistem operasi terbaru iPadOS 15:

1. Dapat menggunakan keyboard fisik untuk navigasi home screen.

Meskipun penggunaan physical keyboards atau keyboard fisik masih terbatas pada iPadOS 15, setidaknya pengguna bisa menggunakan arrow keys pada aplikasi ketiga keyboard fisik untuk bantu menavigasi ke arah home screen dan meng-highlight atau membuka aplikasi dan widgets.

2. Tampilan antarmuka Safari bisa diganti antara tradisional atau compact.

5 Fitur tersembunyi iPadOS 15 © 2021 brilio.net

foto: The Verge

Jika kamu ingin memiliki layar lebih luas pada Safari, ada opsi ini pada pengaturan browser Safari. Pergi ke Settings > Safari. Pada laman ini, kamu akan dihadapkan dengan tab baru, di mana kamu bisa memilih tampilan antarmuka Safari.

3. Akhirnya tampilan mode landscape Instagram bisa digunakan di iPad.

5 Fitur tersembunyi iPadOS 15 © 2021 brilio.net

foto: 9to5mac.com

Pada pembaruan iPadOS 15, tampilan Instagram kini bisa dibuat mode landscape, lho. Namun, dengan menampilkan mode ini akan ada perbatasan atau border hitam disekelilingnya, seperti halnya terlihat pada iPhone.

4. Ada tambahan wallpaper iPadOS 15.

5 Fitur tersembunyi iPadOS 15 © 2021 brilio.net

foto: iOS Hacker

Saking banyaknya fitur di iPad, terkadang pengguna lupa untuk mengecek wallpaper yang ada pada sistem operasi ini. Untuk mengeceknya, pengguna cukup pergi ke Settings > Wallpaper > Stills.

5. Bisa aktifkan suara background sekeliling dengan yang lebih fokus maupun santai.

5 Fitur tersembunyi iPadOS 15 © 2021 brilio.net

foto: Phone Arena

Opsi terbaru dari iPad kini menawarkan penggunanya untuk memutar "background sounds". Apple mengatakan fitur ini akan sangat berguna untuk meredupkan suara bising sekitar, meminimalisir suara dan bantu kamu lebih fokus, hingga membuatmu tenang beristirahat. Cukup pergi ke Settings > Accessibility > Audio/Visual. Pada laman ini, pengguna dapat memilih beberapa opsi suara background:

1. Balanced Noise
2. Bright Noise
3. Dark Noise
4. Rain
5. Ocean
6. Stream

Selebihnya, pengguna bisa mengatur tingkat volume dari suara ambient tersebut. Jika kamu mudah terganggu saat bekerja oleh suara sekitar, mungkin kamu perlu memanfaatkan fitur ini.