Brilio.net - Smartphone kini sudah menjadi barang wajib yang harus dibawa kemana-mana, terlebih untuk anak muda. Sampai-sampai ada anggapan, ketinggalan dompet nggak masalah. Tapi jika smartphone yang lupa dibawa, bisa mati gaya.

Maklum saat ini hampir semua aktivitas mulai dari belanja, traveling, belajar, hingga akses perbankan bisa dilakukan lewat smartphone. Apalagi saat ini nyaris semua kegiatan anak muda selalu ingin diunggah di media sosial. Wajar jika kini smartphone menjadi kebutuhan primer mereka.

Seiring berkembangnya kebutuhan yang kian bergantung pada smartphone, cara pandang anak muda ketika memilih ponsel pun berubah. Apalagi anak muda dikenal punya beragam aktivitas.

Smartphone saat ini tidak lagi sekadar alat komunikasi, tapi juga harus bisa memenuhi beragam kebutuhan mereka, mulai dari urusan bersosialisasi digital, transaksi, hingga memenuhi hasrat hiburan. Nah setidaknya ada lima fitur yang wajib dimiliki smartphone.

1. Desain stylish

Loading...

5 Fitur wajib di smartphone anak muda © 2021 brilio.net

Desain stylish kini menjadi salah satu faktor pertimbangan utama saat anak muda ingin membeli ponsel. Alasannya, ponsel bukan lagi sekadar perangkat teknologi, namun menjadi semacam fashion statement.

Dalam pandangan mereka, desain stylish yang harus dimiliki sebuah smartphone adalah memiliki perpaduan warna yang kekinian, dimensi bodi yang tipis dan ringan, serta ergonomis saat digenggam.

Contohnya Oppo A54 yang tampil gaya dengan warna Crystal Black dan Starry Blue, berbeda dari perangkat lain. Selain itu bodi luar Oppo A54 menggunakan teknologi electroplating dengan tiga lapisan penyemprotan sehingga menghasilkan gradasi bingkai nan halus. Dipadu dengan bingkai alumunium yang memberikan kesan perangkat solid sekaligus kokoh, Oppo A54 tetap menegaskan kesan stylish.

2. Layar canggih dan jernih

5 Fitur wajib di smartphone anak muda © 2021 brilio.net

Kualitas layar juga menjadi hal penting bagi anak muda. Teknologi layar yang menunjang di segala kondisi cahaya diperlukan karena penggunaan ponsel tidak melulu di dalam ruangan bercahaya ideal.

Terkadang kita harus menggunakan ponsel di bawah terik matahari atau malah di malam hari nan gelap. Salah satu perangkat yang dapat memenuhi kebutuhan ini adalah Oppo A54, yang dilengkapi teknologi layar Eye Comfort.

Teknologi ini mampu mengurangi cahaya biru pada layar untuk mencegah ketegangan pada mata. Lalu ada juga teknologi Sunlight Screen yang menawarkan visibilitas terbaik pada kondisi di bawah sinar matahari terik. Kecerahan layar akan meningkat 14,5% secara otomatis atau setara dengan 550 nits.

Sebaliknya, teknologi Moonlight Screen dapat mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari secara otomatis sehingga membuat cahaya di layar terasa lembut dan tidak menyilaukan mata. Sementara itu, AI Smart Backlight dapat mempelajari kebiasaan pengguna ketika menyesuaikan lampu latar dan merekam tingkat kecerahan layar.

3. Kamera pastinya harus oke

5 Fitur wajib di smartphone anak muda © 2021 brilio.net@yans_brilio

Kamera ponsel dengan hasil gambar yang bagus kini jadi incaran anak muda. Seru-seruan bersama teman bakal kurang lengkap tanpa melakukan swafoto dengan bebas berekspresi untuk diunggah ke media sosial.

Nah soal kamera, Oppo A54 mampu memenuhi kebutuhan anak muda. Smartphone ini dilengkapi Triple Main Camera, terdiri dari kamera utama 13MP, kamera makro 2MP, dan kamera bokeh 2MP.

Berbekal fitur kecerdasan buatan Dazzle Color dapat meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar yang kaya warna. Sementara fitur cerdas lain, AI Scene Recognition mendukung pengenalan otomatis ketika digunakan untuk memotret. Ditambah lagi ada 23 suasana atau scene yang dapat dikenali perangkat ini.

Sedangkan Ultra Night Mode menjadi solusi fotografi malam hari karena kemampuannya menaikkan eksposur dengan cara memberikan cahaya pada bagian gelap secara otomatis. Oppo A54 juga dilengkapi fitur mengambil gambar panorama dengan sudut 180 derajat.  Lalu ada fitur AI Beautification 2.0 yang dapat diakses melalui kamera depan dan belakang sehingga memberikan efek pemercantik wajah sesuai dengan warna kulit orang Indonesia.

4. Baterai bertenaga dengan pengisian cepat

5 Fitur wajib di smartphone anak muda © 2021 brilio.net

Satu lagi teknologi yang harus dimiliki smartphone kekinian adalah kemampuan baterai. Sebab, daya tahan baterai yang mumpuni bakal mendukung berbagai aktivitas harian anak muda.

Misalnya saja mendengarkan musik, berselancar di media sosial, menonton video, hingga bermain game, membutuhkan dukungan baterai smartphone yang tahan lama dengan kapasitas besar.

Oppo A54 dengan kapasitas baterai 5000mAh dengan konektor pengisian daya Type C sangat cocok untuk aktivitas anak muda yang bejibun. Baterai sebesar ini akan memberikan daya tahan perangkat selama 2,2 hari, melakukan panggilan telepon selama 25,4 jam, dan menonton YouTube tanpa henti selama 19,9 jam.

Oppo A54 juga dipasangi perlindungan baterai overcharge dan over-discharge, sirkuit pendek, dan proteksi arus berlebih serta tinta tahan api untuk memproteksi kebakaran level V-0, sehingga memberikan rasa aman bagi pengguna saat mengisi daya.

5. Performa harus mumpuni

5 Fitur wajib di smartphone anak muda © 2021 brilio.net

Selain desain, kamera dan pengisian daya, performa yang pintar dengan penyimpanan internal yang luas juga disukai anak muda. Maklum mereka cenderung senang mengabadikan setiap momen dalam bentuk foto maupun video, hingga men-download film ataupun game. Karena itu butuh perangkat dengan performa mumpuni.

Seperti pada perangkat Oppo A54 dengan kapasitas RAM 4GB sanggup memberikan peningkatan performa yang mencukupi untuk berbagai aktivitas mobile. Selain itu, penyimpanan internal besar 128GB memberikan keleluasaan pada pengguna.

Ditunjang lagi pada dapur pacu smartphone ini memboyong prosesor Mediatek Helio P35 yang unggul pada sisi kecerdasan buatan, sekaligus kencang. Di sisi lain, prosesor ini juga menawarkan pengaturan sumber daya yang baik. Performa perangkat juga dapat ditingkatkan dengan teknologi Oswap yang merupakan kombinasi Z-RAM dan Landswap Speeding, dengan cara melakukan kompresi RAM ke EMC, atau memanfaatkan kemampuan ROM.

Teknologi ini dapat memanfaatkan ruang penyimpanan yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan sistem. Dengan cara ini, RAM 4 GB dapat bekerja layaknya RAM 6 GB sehingga smartphone menjadi antilemot.

RECOMMENDED BY EDITOR