Brilio.net - Media sosial sekarang menjadi bagian dari hidup manusia yang tak bisa pisahkan. Baik itu untuk berkomunikasi, berbagi momen keseharian dan juga berbisnis. Media sosial juga beragam jenisnya, salah satu yang cukup populer selain Instagram adalah Facebook. Melihat penggunanya yang terus meningkat, tentunya ini menjadi peluang seseorang untuk berbisnis.

Meski orang sadar bahwa media sosial bisa menjadi ladang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah, namun masih sedikit yang memahami bagaimana cara melancarkan stategi pemasaran di media sosial seperti Facebook. Selain harus ulet dan rajin melakukan promosi, namun ada hal lainnya lagi yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa melakukan penjualan secara online dengan menggunakan Facebook.

Sebenarnya, sarana bisnis sudah disediakan oleh pihak Facebook sendiri. Facebook telah menyediakan Fanpage atau halaman khusus yang memang diperuntukkan untuk bisnis. Tinggal bagaimana si pengguna memanfaatkannya. Kamu juga bisa memanfaatkan beberapa fitur Facebook lainnya untuk bisa melancarkan bisnismu.

Berikut ini beberapa fitur tersembunyi Facebook yang bisa meningkatkan penjualan online, seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/1).

1. Facebook Ads.

Loading...

Fitur Facebook ini bisa meningkatkan penjualan online Istimewa

foto: cpomagazine.com

Iklan merupakan salah satu langkah awal untuk memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan penjualan suatu produk. Dengan adanya iklan, secara otomatis orang akan tertarik untuk membeli produk yang kamu jual.

Facebook Ads bisa jadi solusi terbaik untuk kamu menyebarluaskan nilai produk yang kamu jual. Facebook Ads memberikan kemudahan bagi penggunanya, salah satunya kemudahan menyusun informasi tentang siapa saja target pelanggan yang disasar, jumlah budget untuk iklan dan pengaturan format iklan.

2. Success Story.

Fitur Facebook ini bisa meningkatkan penjualan online Istimewa

foto: pixabay.com

Success Story juga bisa menjadi cara terbaik untuk melancarkan bisnis online. Pada fitur ini kamu bisa melihat bagaimana perjuangan dan cara orang sukses dalam bisnisnya. Kamu bisa menggali inspirasi dari sana, terutama bila kamu sedang mencari ide segar tentang pemanfaatan Facebook Business secara maksimal dan sesuai kebutuhanmu.

Success Story juga memberikan motivasi, semangat dan sumber inspirasi untuk mengembangkan bisnis. Dengan adanya fitur ini kamu akan semakin bersemangat menjalani bisnis serta memiliki pengetahuan yang memadai.

3. Power Editor.

Fitur Facebook ini bisa meningkatkan penjualan online Istimewa

foto: socialbrite.org

Power Editor menawarkan kontrol yang detail terhadap iklan yang kamu buat. Pasalnya, Power Editor memungkinkan kamu mencari, membuat, dan mengedit beberapa iklan sekaligus dengan cepat dan efisien. Aplikasi ini juga akan memberikan laporan kinerja berdasarkan matriks yang kamu pilih.

4. Facebook Marketing Pages.

Fitur Facebook ini bisa meningkatkan penjualan online Istimewa

foto: loox.app

Facebook Marketing Pages diciptakan sebagai aplikasi mobile untuk Android dan iOS yang bisa membantu kamu untuk berjualan online. Dengan Facebook Marketing Pages, kamu memiliki halaman profil sendiri untuk bisnis dan bisa melakukan pemasaran, menjangkau pelanggan sampai menciptakan kampanye branding sebuah produk.

Facebook Marketing Pages juga bisa mengelola bisnis secara efisien sehingga memberkan dampak yang signifikan untuk kedepannya. Kamu bisa mengunggah berupa foto, video dan jenis promosi lainnya yang bisa menarik perhatian pelanggan.

5. Page Insights.

Fitur Facebook ini bisa meningkatkan penjualan online Istimewa

foto: yoast.com

Page Insights memiliki fitur tersendiri yang bisa menunjukkan berapa like, komen dan share terhadap produk yang kamu iklankan. Informasi yang diberikan terbilang cukup lengkap untuk masing-masing posting dari waktu ke waktu dan demografis dimana mereka berasal.

Fitur terbaik yang harus dimiliki

Meski memiliki banyak pesaing, namun tampaknya Facebook terus melakukan perbaikan terhadap aplikasinya agar tidak ditinggalkan oleh penggunanya. Salah satunya adalah dengan menghadiri berbagai fitur terbaik. Nah apa saja fitur terbaik yang bisa kamu nikmati? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/1).

1. News Feed.

Pada 2 tahun setelah kemunculannya, Facebook mengeluarkan fitur News Feed. Fitur ini memungkinkan orang-orang mendapatkan informasi terbaru yang diunggah pengikutnya ke jejaring sosial. Di awal kemunculannya, fitur ini sangat membantu para pengguna. Dikarenakan pengguna dapat mengakses informasi tak hanya dari lingkungan sekitar, juga dari belahan dunia lain.

2. Safety Check.

Facebook menunjukkan mereka tidak hanya memberikan layanan untuk memperluas pertemanan saja. Sebagai jejaring sosial, Facebook juga melakukan inovasi yang bisa dianggap sebagai kegiatan sosial. Melalui fitur Safety Check, Facebook membuat penggunanya dapat saling memberi kabar pada keluarga dan teman-temannya di FB bahwa mereka dalam keadaan selamat setelah adanya suatu peristiwa atau bencana alam.

3. Marketplace.

Tahun 2016 sepertinya menjadi salah satu masa kejayaan untuk Facebook. Selain menghadirkan emoji, FB juga memperkenalkan fitur toko alias Marketplace. Fitur ini tentu saja memudahkan para pebisnis untuk mempromosikan dagangannya. Logo fitur marketplace cukup strategis dan mudah ditemukan para pengguna.

Melalui fitur ini pengguna dapat menemukan penjual dengan lokasi terdekat dari kamu. Hal ini dikarenakan fitur marketplace menggunakan geolokasi. Namun kalau kamu merasa tidak puas dengan penjual yang ada di dekatmu, kamu bisa memperluas lokasi ataupun menyaring pencarian berdasarkan harga dan juga jenis barang.

4. Facebook Live.

Sesuai dengan namanya, pasti kamu sudah bisa menebak fitur yang satu ini deh. Ya, Facebook Live akan membantumu untuk melakukan live streaming. Kalau sebelumnya pengguna harus menggunakan Facebook Live API dari smartphone atau tablet, sekarang kamu sudah bisa melakukannya dari laptop ataupun komputer pribadi. Melalui aplikasi ini kamu juga bisa menambahkan komentar ke siaran langsung.

5. Video Grup.

Fitur video grup akan menghubungkanmu untuk melakukan obrolan video bersama teman-teman. Meski mirip seperti Instagram, Video Grup Facebook memiliki keunggulan mampu menambahkan sekitar 50 pengguna ke dalam satu obrolan grup video. Wah, dijamin puas ngobrol kan ya?

Selain itu fitur ini juga bisa membantumu untuk menambahkan filter yang menarik agar obrolan menjadi lebih seru. Oh iya, kalau kamu merasa tampilan kepala obrolan Facebook mengganggumu, sekarang kamu sudah bisa menghapusnya dengan mudah lewat pengaturan profil.

RECOMMENDED BY EDITOR