Brilio.net - Nama aplikasi yang pertama kali muncul dipikiran saat membahas obrolan online adalah WhatsApp. Di tengah perkembangan teknologi yang semakin gencar, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi favorit di dunia termasuk di Indonesia. Terhitung pada November tahun ini, WhatsApp jadi aplikasi paling banyak diunduh sekitar 87 juta kali. Angka itu merepresentasikan kenaikan sekitar 25 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

Nggak hanya untuk media kirim pesan saja, namun kamu juga bisa menggunakan WhatsApp untuk bertukar foto, video, update status, telepon, video call, jadi sarana bisnis, dan masih banyak lagi. Keunggulan lainnya ialah WhatsApp merupakan aplikasi yang user friendly, alias mudah digunakan. Siapa pun pemula yang baru memegang WhatsApp, dengan mudah menjalankan aplikasi dengan cepat. Bahkan secara otodidak sekalipun.

Menariknya lagi, aplikasi obrolan canggih yang satu ini terus saja meluncurkan beragam fitur baru yang menarik perhatian. Meskipun sudah ada banyak fitur yang tersedia di WhatsApp, aplikasi ini terus saja merancang ide-ide baru untuk menyenangkan hati pengguna. Maka jangan kaget setelah melakukan pembaharuan, akan ada kejutan-kejutan baru lagi dari WhatsApp.

Lalu apa saja fitur baru yang dikeluarkan WhatsApp kali ini? Berikut beberapa fitur baru WhatsApp yang perlu kamu tahu seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (19/12).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. WhatsApp bisa jadi pengingat.

5 Fitur baru WhatsApp yang perlu kamu tahu, makin canggih freepik.com

foto: pixabay.com

WhatsApp sekarang bisa membantumu untuk jadi pengingat atau menerima peringatan di dalam aplikasi. Fitur ini muncul setelah aplikasi milik Facebook ini bekerja sama dengan Any.do (aplikasi pengingat populer). Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat tugas dan mendapatkan pengingat waktu di WhatsApp.

Cara mudah untuk mengaktifkannya, kamu harus download aplikasi Any.do terlebih dulu. Kemudian menautkannya ke WhatsApp. Setelah Any.do aktif, maka aplikasi akan secara otomatis mengirimkan pengingat. Sayangnya aplikasi Any.do ini bersifat premium, mereka akan memberikan pelayanan gratis selama seminggu. Setelah itu kamu diminta untuk membayar USD 2.99 atau setara dengan Rp 42 ribu per bulan untuk dapat mengakses kembali fitur pengingat ini.

2. Panggilan tunggu WhatsApp.

5 Fitur baru WhatsApp yang perlu kamu tahu, makin canggih freepik.com

foto: freepik.com

Diluncurkan baru-baru ini, fitur panggilan tunggu di WhatsApp adalah fitur yang sangat berguna. Fitur panggilan tunggu WhatsApp berbeda dari fitur panggilan tunggu tradisional. Namun tidak seperti pada panggilan telepon biasa, dimana kamu dapat menahan orang atau secara bersamaan berbicara dengan dua orang dengan beralih di antara panggilan. Di WhatsApp kamu hanya dapat menerima satu panggilan pada satu waktu.

Fitur baru ini akan memungkinkan pengguna untuk melihat panggilan baru, saat kamu sedang tersambung dengan panggilan WhatsApp lainnya. Akan muncul notifikasi di bagian atas layar handphone. Kamu bisa menerima atau menolak atau menerima panggilan yang baru datang tersebut. Dengan catatan, kamu harus harus mematikan telepon yang pertama sebelum menerima telepon baru itu.

3. Pemblokiran undangan grup WhatsApp.

5 Fitur baru WhatsApp yang perlu kamu tahu, makin canggih freepik.com

foto: freepik.com

Di pembaharuan WhatsApp kali ini, pengguna diberikan fitur kendali yang lebih pada urusan grup. Fitur baru ini sangat berguna. Alasan kemunculannya karena banyak pengguna yang tidak enak atau sungkan ketika ingin keluar dari grup. Melalui fitur ini kamu akan diberikan tiga opsi, siapa saja yang bisa memasukkanmu ke dalam grup chatting. Semua orang, hanya orang yang ada di kontak ponsel, dan semua pengguna yang ada di nomor kontak kecuali yang diblokir. Berikut cara mudah untuk mengaktifkannya.

- Unduh pembaharuan WhatsApp di Android.

- Buka WhatsApp.

- Buka menu pengaturan, di bagian pojok kanan atas halaman utama.

- Pilih menu 'Account'.

- Lalu pilih atau klik 'Privacy'.

- Kemudian kamu bisa mengaturnya pada menu 'Grup'.

4. Fitur tab home baru.

5 Fitur baru WhatsApp yang perlu kamu tahu, makin canggih freepik.com

foto: freepik.com

Menurut waBetaInfo, WhatsApp sedang menggarap fitur baru Home Tab yang akan menggantikan Camera Tab di aplikasi tersebut. Whatsapp juga sedang mengerjakan fitur Cards yang berisi informasi pengaturan yang bisa dipilih di akun bisnis Whatsapp.

5. Penguncian aplikasi WhatsApp menggunakan sidik jari.

5 Fitur baru WhatsApp yang perlu kamu tahu, makin canggih pixabay.com

foto: freepik.com

Fitur ini memang tidak terlalu baru bagi kalangan pengguna perangkat iOS. Karena pada iOS sendiri fitur ini sudah bisa digunakan sejak awal 2019 lalu. Saat ini pembaruan ini belum ada di semua negara, tetapi saat mencoba memperbarui aplikasi WhatsApp di Play Store, kamu dapat menemukan fitur ini. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna harus menggunakan sidik jari untuk bisa membuka kunci aplikasi. Berikut cara mudah mengaktifkan fitur baru ini.

- Unduh atau perbarui WhatsApp melalui Play Store.

- Pilih menu 'Account' di bagian bawah menu 'Setting'. Ada di tiga titik pojok kanan atas di halaman utama WhatsApp.

- Setelah itu, pengguna membuka opsi Privacy dan pada bagian bawah, terdapat fitur Fingerprint Unlock.

- Pada menu Fingerprint Unlock, kamu bisa memilih berapa lama aplikasi akan terkunci setelah smartphone didiamkan.

- Kunci sidik jari bisa diterapkan sesegera mungkin (immediately), setelah 1 menit, dan maksimal setelah 30 menit.

(brl/lin)

RECOMMENDED BY EDITOR