Brilio.net - Tidak henti-hentinya Microsoft membuat inovasi untuk memberi pengalaman baru pada penggunanya. Selain Microsoft 11, rupanya Microsoft juga akan menghadirkan sesuatu yang tidak pernah terbayang sebelumnya pada Oktober mendatang, yakni mouse dari daur ulang sampah plastik laut.

Dengan kreativitas dan ide, Microsoft akan menghadirkan mouse hasil daur ulang sampah plastik laut yang akan dirilis melalui toko online di seluruh dunia mulai 10 Oktober 2021 mendatang. Nah, sebelum bisa menikmati inovasi baru ini, ada baiknya kamu mengetahui fakta-fakta menarik di balik pembuatan mouse keren ini.

Dihimpun brilio.net dari website resmi Microsoft dan sumber-sumber lainnya, Rabu (29/9), ini 5 fakta tentang mouse plastik Microsoft yang perlu kamu ketahui.

1. Dibuat dari 20% sampah plastik laut yang didaur ulang.

5 Fakta mouse plastik laut Microsoft, baterai tahan hingga 12 bulan Microsoft

foto: Microsoft

Microsoft mengungkapkan bahwa cangkang mouse yang ramah lingkungan ini dibuat dengan 20% plastik daur ulang laut. Ini merupakan sebuah terobosan dalam teknologi material yang dimulai dengan pembuangan sampah plastik dari lautan dan saluran air.

2. Menggunakan recycled pellets.

Dalam proses pembuatannya, mouse plastik laut, yang juga Microsoft sebut sebagai Ocean Plastic Mouse, ini melibatkan pelet resin plastik yang dapat didaur ulang. Bahan bakar pelet sendiri merupakan biofuel yang terbuat dari bahan organik atau biomassa terkompresi. Pelet ini umumnya dibuat dari serbuk gergaji yang dipadatkan dan limbah industri terkait dari penggilingan kayu, pembuatan produk kayu dan furniture, dan konstruksi. Jadi tidak hanya plastik daur ulang, kayu daur ulang pun dilibatkan dalam pembuatan Ocean Plastic Mouse ini.

3. Kemasannya bisa didaur ulang.

5 Fakta mouse plastik laut Microsoft, baterai tahan hingga 12 bulan Microsoft

foto: Microsoft

Microsoft menyatakan bahwa kemasan mouse ini pun bisa didaur ulang 100%. Kotak kemasannya ini bebas plastik dan terbuat dari kayu yang dapat didaur ulang dan serat alami tebu.

4. Baterai tahan hingga 12 bulan.

Dengan rancangan yang efisien, Ocean Plastic Mouse ini didesain dengan baterai yang tahan hingga 12 bulan. Tentunya masa pakai baterai bervariasi berdasarkan kondisi pengguna dan komputer.

5. Terbuat dari bahan bekas.

5 Fakta mouse plastik laut Microsoft, baterai tahan hingga 12 bulan Microsoft

foto: Microsoft

Daripada membuatnya dengan bahan yang baru, Microsoft memutuskan untuk menggunakan mouse yang pernah ada sebelumnya yang sudah tidak dijual di pasaran, namun menggantikan material atau bahannya dengan bahan yang mereka anggap memungkinkan. Hingga akhirnya menciptakan Ocean Plastic Mouse dengan ukuran kecil namun tetap memukau.