Brilio.net - Baru-baru ini, Realme merilis sistem antarmuka terbarunya, Realme UI 3.0, hari Rabu silam (13/10). Perusahaan smartphone asal Cina ini menjamin akan menghadirkan banyak fitur baru yang dikembangkan bersama datangnya Android 12.

"Realme menciptakan UI 3.0 sebagai sistem antarmuka terbaru secara mendalam, berpusat untuk menyajikan fitur-fitur yang mendukung kreativitas, produktivitas, sosial, maupun sistem keamanan yang anak-anak muda butuhkan di seluruh dunia," ujar Palson Yi, Direktur Marketing Realme Indonesia, di akun resmi Instagram @palsonyi (13/10).

Tampil beda dengan pendahulunya, Realmi UI 2.0, brand smartphone berslogan "dare to leap" ini menjamin desain Realme UI 3.0 bakal lebih ekspresif, layout makin tertata, dan tingkat fluiditas keseluruhan antarmuka lebih lancar.

Berikut fakta dari fitur-fitur memukau Realmi 3.0 yang dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (15/10).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Fluid Space, desain antarmuka yang atraktif dan efisien.

5 Fakta menarik Realme UI 3.0, desain antarmuka canggih © 2021 brilio.net

foto: gadgets.ndtv

Berbeda dari predecessornya, Realme UI 2.0, desain Realme UI 3.0 tampil makin ekspresif. Hal baru yang menjadi daya tarik dari desain terbaru ini adalah Realme menyusunnya dengan layout yang lebih teratur dan keseluruhan pengalaman antarmuka lebih fluid dan lancar.

Dengan tampilan baru 3D yang terlihat fresh, garis ikon tebal, dan tampilan semi-transparan yang berkesan lebih muda menjadi ikon utama saat pengguna meng-update ke sistem antarmuka terbaru ini.

2. Personalisasi tema sesuai keinginan dan karakter pengguna.

5 Fakta menarik Realme UI 3.0, desain antarmuka canggih © 2021 brilio.net

foto: gadgets.ndtv

Dikenal sebagai banyak menawarkan personalisasi, Realme Ui 3.0 kini memberikan kenyamanan dalam ikon, latar belakang, karakter huruf, dan elemen lainnya pada pola always-on display (AOD) agar bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Realme UI 3.0 juga merilis berbagai Omoji yang bisa mengutarakan banyak hal, yakni hantu, makanan, objek kehidupan sehari-hari, dan semua yang dapat mewakilkan mood keseharian pengguna. Selain itu, Realme UI 3.0 juga mengusung beberapa wallpaper dinamis yang segar, sehingga pengguna bisa merasakan visual experience yang baru.

3. AI Smooth Engine.

5 Fakta menarik Realme UI 3.0, desain antarmuka canggih © 2021 brilio.net

foto: gsmarena.com

Tim internal perusahaan menyadari akan berbagai kepuasan pengguna di Realme UI 2.0 yang memberikan performa lancar. Kabar baik untuk pengguna Realme karena pengalaman antarmuka ditingkatkan di OS generasi terbaru ini.

Realme UI 3.0 juga menyematkan fitur AI Smooth Engine yang memberikan pengalaman lebih ringan dan lancar, sehingga kelancaran dan konsumsi daya dalam pemakaian normal teroptimalisasi.

4. Fitur keamanan yang ditingkatkan.

5 Fakta menarik Realme UI 3.0, desain antarmuka canggih © 2021 brilio.net

foto: gadgets.ndtv

Realme UI 3.0 memperbarui sistem keamanan yang memastikan data dan informasi pribadi pengguna lebih aman. Dengan fitur baru, Subtitle Stitching, pengguna diharapkan dapat berbagi gambar maupun video secara privasi. Terlebih, pengguna dapat menghapus informasi lokasi foto dan beserta datanya, seperti waktu, model kamera, dan pengaturan.

Selain itu, tampilan bergambar memungkinkan pengguna HP untuk melirik aktivitas privasi aplikasi. Pengguna dapat melihat penggunaan izin aplikasi dalam grafik, daftar izin aplikasi, dan informasi terperinci tentang penggunaan pada aplikasi tertentu yang mengoptimalkan pengaturan penggunaan privasi di semua aspek.

5. Daftar HP Realme yang kebagian UI 3.0

5 Fakta menarik Realme UI 3.0, desain antarmuka canggih © 2021 brilio.net

foto: realme

Realme 3.0 akan secara bertahap dilakukan uji coba serta penyesuaian di beberapa versi smartphone Realme. Seiring berjalannya waktu, berikut daftar HP Realme yang mendapatkan upgrade ke Realme UI 3.0:

- Oktober 2021: Realme GT

- Desember 2021: Realme GT ME, Realme 8 Pro

- Q1, 2022: Realme X50 Pro 5G, Realme 7 Pro, Realme 8, Realme C25, Realme C25s

- Q2, 2022: Realme X3 SuperZoom, Realme 8 5G

Reporter: Alfaldi Chasiragi

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR